Tuesday, 4 July 2017

8 Cara Menumbuhkan Sikap Cinta Tanah Air Pada Anak dan Generasi Muda

Tags
8 Cara Menumbuhkan Sikap Cinta Tanah Air Pada Anak dan Generasi Muda _ Hal yang tak kalah penting untuk diajarkan pada anak atau para generasi muda yakni sikap cinta tanah air. Dengan mengajarkan sikap cinta tanah air pada anak dan generasi muda lambat laun akan memicu munculnya sikap nasionliasme dan patriotisme dalam pribadi generasi muda/anak. Dalam proses mengajarkan para generasi mudah tentang sikap cinta tanah bisa dilakukan dengan berbagai cara.

8 Cara Menumbuhkan Sikap Cinta Tanah Air Pada Anak dan Generasi Muda

Namun sebelum membahas tentang tips yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan sikap nasionalisme pada generasi mudah, alangkah baiknya kita juga memahami apa dampak negatif jika seseorang tidak memiliki sikap cinta tanah air/nasionalisme. Beberapa hal yang bisa muncul dari rendahnya sikap nasionalisme dari seseorang yakni sikap acuh tak acuh dengan kondisi negerinya sendiri, mudah berpindah kewarganegaraan dll.

Baca juga: 5 Hal Yang Sangat Penting Untuk Diajarkan Pada Anak

Lantas bagaimana cara mengajarkan generasi muda tentang pentingnya sikap nasionalisme/cinta tanah air? Setidaknya ada beberapa cara yang anda bisa lakukan untuk memupuk sikap nasionalisme dalam diri anak atau generasi muda bangsa. Berikut ulasannya

8 Cara Menumbuhkan Sikap Cinta Tanah Air Pada Anak dan Generasi Muda

1. Melalui pelajaran PKn (pendidikan kewarganegaraan)

Tips pertama yang bisa anda lakukan untuk menumbuhkan sikap cinta tanah air dalam diri siswa anda yakni melalui pelajaran kewarganegaraan, dalam pelajaran kewarganegaraan ada banyak materi pelajaran yang mengarahkan siswa agar semakin mencintai dan menghargai tanah airnya.

Sehingga sangat penting jika yang akan diajarkan adalah mata pelajaran PKn seorang guru harus benar-benar menguasai materi yang akan diajarkan agar siswa bisa dengan maksimal memahami makna dan hakikat pelajaran yang dia pelajari, termasuk materi seputar nasionalisme, patriotisme dan sikap cinta tanah air.

Anda bisa membuat games (role playing) dimana anda bisa menugaskan siswa anda menjadi tokoh-tokoh yang bertugas dalam menjaga keamanan dan ketenteraman, misalnya bermain peran sebagai polisi, tentara dan lain-lain. Dengan bermain peran anak-anak bisa lebih menikmati pelajaran sekaligus dapat lebih memahami hakikat dari sikap cinta tanah air.

2. Menumbuhkan sikap cinta tanah air melalui pengenalan sejarah

“Jas merah” (jangan sekali-kali melupakan sejarah) adalah sebuah ungkapan yang menyiratkan pada kita bahwa sejarah merupakan bagian penting dari sejarah suatu bangsa, sehingga mengenalkan sejarah sangat penting guna memahamkan siswa/anak tentang bagaimana hebatnya perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Baca juga: 7 Tips Memilih sekolah Untuk Anak

Jadi selain mengajarkan siswa tentang pentingnya merancang masa depan yang hebat juga perlu diingatkan dengan sejarah, karena melalui  pengenalan sejarah ada banyak nilai-nilai positif yang bisa dipetik oleh para generasi muda.

3. Menumbuhkan sikap nasionalisme melalui pengenalan berbagai kekayaan sumber daya alam indonesia

Tidak dapat dipungkiri bahwa indonesia merupakan salah satu negara yang dianugerahi dengan kekayaan alam yang sangat melimpah, anda bisa menjelaskan pada anak/siswa anda tentang betapa kayanya bangsa indonesia dengan begitu anak anda bisa jadi akan merasa bersyukur karena telah dilahirkan di indonesia.

Paculah motivasi anak/siswa anda untuk giat dan bersungguh-sungguh belajar agar kelak siswa/anak anda bisa menjadi orang hebat yang mampu mengelola kekayaan alam indonesia dan memanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan bangsa indonesia.

4. Mengenalkan keragaman budaya yang ada di indonesia

Indonesia dikenal dengan bangsa yang memiliki banyak kebudayaan yang tersebar dari sabang sampai merauke, dengan mengenalkan berbagai keragaman kebudayaan yang ada di indonesia anak/siswa akan menjadi semakin takjub dengan kekayaan budaya yang ada di indonesia.

Dan ajarkanlah bahwa keragaman bukan alasan untuk berpecah belah namun dengan kergaman bangsa indonesia dirajuk menjadi sebuah bangsa yang besar dengan slogam “bhineka tunggal ika” (berbeda-beda tetap satu jua).

5. Melalui kegiatan upacara bendera dan 17 agustus

Cara selanjutnya yang bisa anda coba lakukan untuk memupuk semangat cinta tanah air pada generasi muda yakni memberikan pemahaman tentang makan diadakannya kegiatan upacara bendera pada setiap hari senin serta tujuan tiap tahunnya diadakan kegiatan 17 agustusan.

Karena beberapa anak/siswa tidak memahami makna dan hakikat dari pelaksanaan upacara bendera dan peringatan kemerdekaan pada 17 agustus, sehingga sebagian dari mereka mungkin akan beranggapan bahwa kegiatan tersebut hanyalah sebuah formalitas semata dan pada akhirnya tidak cakap dalam memaknai dan menhayati kegiatan upacara bendera dan kegiatan 17 agustusan.

6. Menumbuhkan sikap nasionalisme anak melalui pemutaran film dokumenter

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan dalam memupuk sikap cinta tanah air anak atau siswa anda bisa melalui pemutaran film dokumenter seputar perjuangan para pejuang dalam memerdekakan bangsa indonesia.

Baca juga: 7 Cara Menumbuhkan Sikap Tanggung Jawab Dalam Diri Anak atau Siswa

Selain film dokumenter tentang kisah perjuagan anda juga bisa memutarkan film yang bertemakan keindahan dan kekayaan alam indonesia, cara ini juga kemungkinan bisa memicu tumbuhhnya bibit nasionalisme dalam dada generasi muda bangsa indonesia.

7. Membiasakan anak untuk menggunakan dan mengkomsumsi produk buatan indonesia

Salah satu bentuk cinta tanah air/nasionalisme yakni kebiasaan untuk menggunakan dan mengkomsumsi produk hasil buatan anak negeri, oleh karena itu ajarkanlah pada siswa/murid anda untuk senantiasa mengutamakan menggunakan dan mengkomsumsi roduk buatan dalam negeri dalam kehidupan sehari-hari
Dengan senantiasa menggunakan dan mengkomsumsi produk buatan dala negeri berarti telah ikut andil dalam memajukan ekonomi bangsa indonesia.

8. Napak tilas ke tempat bersejarah

Memupuk sikap cinta tanah air seorang anak/siswa juga bisa dilakukan melalui kegiatan napak tilas ke tempat-tempat bersejarah misalnya saja ke tempat museum dimana benda-benda yang menjadi saksi kemerdekaan bangsa indonesia disimpan atau bisa ke bangunan yang menjadi saksi sejarah bangsa indonesia seperti rumah rengasdendklok atau ke taman makan pahlawan.

Demikianlah Cara menumbuhkan sikap cinta tanah air pada anak dan generasi muda yang bisa nada coba aplikasikan dalam memupuk rasa atau sikap cinta tanah air pada generasi mudah, semoga bermanfaat.

1 comments so far

artikel seperti ini sangat diperlukan, apalagi sekarang jamannya mobile yang lebih banyak bermain game

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon