Friday, 28 April 2017

6 Cara Bisnis Online Di Facebook

Tags
6 Cara Bisnis Online Di Facebook

6 Cara Bisnis Online Di Facebook_ Pada awalnya facebook hadir sebagai media sosial untuk saling bersosialisasi satu sama lain namun seiring perkembangannya sebagian orang justru melakukan inisiatif dengan melakukan bisnis online melalui media facebook.

Peluang bisnis online melalui facebook memang sangat menjanjikan dimana saat ini pengguna facebook menyentuh angka ratusan juta dan terus bertambah. Jika berbicara matematika ekonomi maka semakin banyak orang maka peluang untuk menjalankan suatu bisnis semakin menjanjikan dan berpotensi bisnis tersebut akan semakin berkembang pesat.

Sekarang bisa diamati, facebook tak hanya sekedar media sosial lagi tapi lebih sebagai ladang bisnis bagi sebagian orang yang mampu memanfaatkan peluang tersebut. kelebihan berbisnis melalui facebook adalah banyaknya fitur yang disediakan oleh pihak facebook dalam mendukung bisnis yang dijalankan pengguna facebook seperti fanspage facebook, promosi produk dan jumlah pertemanan difacebook sampai batas 5000 teman, tentu hal ini semakin memberi peluang berkebangnya bisnis yang dijalankan melalui facebook.
 
Namun bagaimana cara melakukan bisnis online melalui facebook? mungkin pertanyaan ini akan diungkapkan oleh orang yang melihat peluang bisnis yang bisa dijalankan di facebook tapi tidak tahu cara memulai. untuk itu dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara berbisnis online melalui facebook. Berikut 

6 cara berbisnis online di facebook

1. Menentukan jenis bisnis yang akan digeluti.
sebagai seorang pe-bisnis, menentukan jenis usaha yang akan dipasarkan melalui facebook adalah hal yang paling utama. ada banyak jenis bisnis yang bisa dijalankan di facebook seperti bisnis baju, sepatu, produk kecantikan, bisnis jasa dan masih banyak lagi jenis bisnis lainnya. 

Namun biasanya, banyak yang memilih menjalankan bisnis melalui facebook dengan berjualan baju dan produk kecantikan kedua bisnis ini memang terbilang cukup populer karena kedua bisnis tersebut merupakan kebutuhan yang mendasar bagi seseorang. hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis melalui media sosial khususnya facebook adalah bagaimana cara menjaga kepercayaan pelanggang sehingga tidak kapok untuk berbisnis dengan anda.

2. Menambah jumlah pertemanan di Facebook
Hal yang akan sangat mendukung kesuksesan bisnis anda melalui facebook adalah jumlah pertemanan anda di facebook, usahakan terus ajak orang lain untuk berteman dengan anda yang sesuai dengan jenis bisnis yang akan anda pasarkan melalui facebook. kalau bisa maksimalkan jumlah pertemanan di facebook sampa batas 5000. Dengan banyaknya teman anda di facebook akan berbanding lurus dengan peluang produk bisnis yang anda pasarkan bisa laku terjual melalui media facebook.

3. Membuat fanspage facebook
Fanspage facebook adalah sebuah fitur yang disediakan oleh facebook yang sangat mendukung perkembangan pebisnis online melalui facebook. apa kelebihan fanspage facebook? kelebihan fanspage facebook adalah anda bisa mengundang teman anda untuk menyukan halaman fanspage tersebut serta jumlah orang yang bisa menyukai atau diundang ke fanspage facebook juga tak terbatas sehingga sedikit lebih efektif dari penambahan jumlah pertemanan. 

Cara memasarkan produk melalui fanspage adalah dengan cara mengupload jenis bisnis yang anda jalankan kedalam fanspage apakah dalam bentuk foto, video atau informasi dengan itu akan muncul di halaman facebook orang yang menyukai fanspage tersebut dan juga bisa muncul di halaman facebook sehingga semua orang bisa melihat produk bisnis yang anda tawarkan. 

Jika mampu memaksimalkan fungsi fanspage facebook maka jumlah orang yang menyukai halaman facebook anda akan semakin bertambah sehingga kemungkinan besar bisnis anda akan laris manis.

4. Melakukan promosi di facebook
salah satu treatment di facebook yang bisa anda coba agar bisnis anda semakin berkembang dan transaksi semakin meningkat adalah dengan kerjasama promosi dengan pihak facebook. Biaya promosi produk di facebook juga cukup terjangkan dan nominalnya sesuai dengan jumlah orang yang bisa dijangkau iklan tersebut. 

Seperti dengan membayar sekitar 10 ribu jumlah orang yang bisa dijangkau dengan iklan facebook dengan mempromosikan produk anda sekitar 3000-5000 orang, suatu jumlah yang cukup lumayan dan berpeluang meningkatkan transaksi bisnis online anda. fitur promosi melalui facebook sendiri biasanya ada dalam fanspage facebook, jadi ibaratkan sambil menyelam minum air selain promosi produk kemungkinan jumlah orang yang akan menyukai fanspage facebook anda akan semakin bertambah.

5. membuat group jual beli online di facebook
Kelebihan dari membuat group di facebook adalah anda bisa langsung mengundang orang lain untuk bergabung dengan group tersebut, tanpa harus menunggu persetujuannya untuk bergabung. karena akan otomatis bergabung jika diundang. 

Tidak seperti fanspage yang perlu persetujuan dari pihak yang diundang untuk bergabung baru bisa menjadi anggota fanspage. sebaiknya group dinamakan dengan nama bisnis yang anda jalankan misalkan anda ingin berbisnis online baju maka anda bisa memberi nama group tersebut dengan group jual-beli baju online.

6. Menjaga kepercayaan pelanggang
Sebagai cara pelengkap berbisnis online di facebook agar bisnis anda bisa bertahan dan semakin berkembang adalah menjaga kepercayaan konsumen.  misalkan salah seorang konsumen memesang produk bisnis anda.

Maka usahakan apa yang anda kirimkan sesuai dengan apa yang mereka pesan serta usahakan untuk sigap dalam melayani konsumen, jika ada yang memesang produk bisnis anda usahakan segera mengirim produk atau barang tersebut ke pelanggang yang terkait.

Demikianlah 6 Cara Bisnis Online Di Facebook, anda bisa menerapkan ke-6 hal tersebut agar bisnis anda bisa semakin berkembang atau bagi anda yang baru ingin memulai berbisnis online melalui facebook juga bisa menerapkan cara tersebut.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon