Friday, 16 December 2016

10 Cara Membangun Motivasi Belajar Peserta Didik

Tags
10 Cara Membangun Motivasi Belajar Peserta Didik_ Menurut Sardiman, A.M.(2006) motivasi belajar adalah: kekuatan , dorongan, kebutuhan, semangat, tekanan atau mekanisme psikologis yang mendorong seseorang atau sekelompok untuk mencapai prestasi tertentu sesuai dengan apa yang dikehendakinya. Motivasi paling tidak memat tiga unsur esensial, yakni: (1) faktor pendorong atau pembangkit motif, baik internal maupun eksternal, (2) Tujuan yang ingin dicapai,(3)Strategi yang diperlukan oleh individu atau untuk mencapai tujuan tersebut.

Dalam Amrin (2009) mengungkapkan, “  motivasi adalah keadaan dan kesiapan dalamdiri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan tertentu.” motivasi sendiri terdiri atas dua macam, yaitu motivasi internal dan motivasi eksternal. Motivasi internal adalah motivasi yang datang dari dalam diri individu. Motivasi internal pada dasarnya didorong oleh kebutuhan (need) . Jenis motivasi ini timbul dari dalam individu sendiri tanpa ada paksaan dorongan orang lain, tetapi atas dasar kemauan sendiri, peserta didik selalu memperhatikan materi pelajaran yang diberikan karena didalam diri peserta didiktersebut ada motivasi,yaitu motivasi internal.
 

Baca juga
10 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak
9 Cara Menjadi Guru Yang Menyenangkan Bagi Siswa 
Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa 

Peserta didik yang demikian biasnya denga kesadaran sendiri memperhatikan penjelasan guru. Rasa ingin tahunya lebih banyakterhadap materi pelajaran yang berikan. Berbagai gangguan yang ada disekitarnya tidak dapat mempengaruhinya, untuk membangun motivasi internal, guru dituntut mampu menciptakan kebutuhan belajar didalam diri peserta didik.

Sedangkan motivasi eksternal adalah motivasi yang timbul adanya dorongan dari luar individu. Jenis motivasi ini timbul sebagaiakibat pengaruh dari luar individu karena tidak ada motivasi didalam dirinya, maka motivasi eksternal yang merupakan dorongan dari luar dirinya mutlak n diperlukan, apakah karena adanya ajakan , suruhan, atau paksaan dari orang lain sehingga dengan keadaan demikian peserta didik mau melakukan sesuatu atau belajar. Disini tugas guru adalah membangkitkan motivasi peserta didik sehingga ia mau melakukan belajar.

Menurut Sukadi (2006) hal-hal yang mendorong motivasi eksternl peserta didik untuk belajar sebagai berikut: (1) menciptakan persaingan (kompetisi), (2) Menciptakan tujuan antara atau target (pace making),(3)Memberi kesempatan untuk berhasil, (4) Mengadakan penilaian, dan(5) Menghargai peserta didik.

Ada beberapa strategi yang bisa digunakan oleh guru untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik,sebagai berikut:
 

10 Cara Membangun Motivasi Belajar Peserta Didik

1. Tampil dengan prima
Tampil dengan prima pada saat memulai pelaksanaan pembelajaran merupakan sebuah sugesti yang bisa mempengaruhi motivasi belajar siswa untuk semangat dan termotivasi untuk belajar

2. Menjelaskan tujuan belajar ke peserta didik. 

Pada permulaan belajar mengajar seharusnya terlebih dahulu seorang guru menjelaskan mengenai Tujuan Instruksional Khusus yang akan dicapainya kepada siswa. Makin jelas tujuan maka makin besar pula motivasi dalam belajar.

3. Hadiah. 

Berikan hadiah untukpeserta didik yang berprestasi. Hal ini akan memacu semangat mereka untu bisa belajar lebih giat lagi. Disamping itu, peserta didik yang belum berprestasi akan termotivasi ntuk bisa mengejar peserta didik yang berprestasi.

4. Saingan / kompetis. 

Guru berusaha mengadakan persaingan diantara peserta didiknya untuk meningkatkan prestasi belajarnaya, berusaha memperbaiki hasil prestsi yang telah dicapai sebelumnya.

5. Pujian. 

Sudah sepantasnya peserta didik yang berprestasi untuk diberikan penghargaan atau pujian. Tentunya pujian yang bersifat membangun.

6. Hukuman.
 

Hukuman diberikan kepada peserta didik yang berbuat kesalahan saat proses belajar mengajar. Hukuman ini diberikan dengan haapan agar peserta didik tersebut mau merubah diri dan berusaha memacu motivasi belajarnya.

7. Membangkitkan dorongan
 

kepada anak didik untuk belajar Strateginya adalah memberikan perhatian maksimal ke peserta didik.

8. Membentuk kebiasaan belajar yang baik

Belajar yang baik merupakan salah satu cara membangun motivasi belajar siswa, kebiasaan belajar yang baik seperi fokus, displin dll

9.
Membantu kesulitan belajar anak
Membantu kesulitan belajar anak didik secara individual maupuin kelompok

10.
Menggunakan metode yang bervariasi
Menggunakan metode yang bervariasi, dan menggunakan media yang baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar segala hal yang dapat menyebabkan seseorang untuk melakukan kegiatan belajar, baik itu berupa kebutuhan maupun yang berupa keinginan yang timbul dari setiap individu. Demikianlah Cara Membangun Motivasi Belajar Peserta Didik, semoga bermanfaat

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon