Friday, 25 November 2016

Mengapa Tanggal 25 November Diperingati Sebagai Hari Guru Nasional

Tags
MENGAPA TANGGAL 25 NOVEMBER DIPERINGATI SEBAGAI HARI GURU NASIONAL_  Sudah lazimnya pada tanggal 25 November selalu diperingati sebagai hari guru nasional, moment peringatan hari guru pada setiap tanggal 25 november bisa menjadi suatu ajang merefleksi dan mengistrospeksi diri, tentang seberapa besar penghargaan yang telah kita berikan kepada sosok yang memiliki jasa besar dalam hidup kita. Guru adalah sebuah profesi yang mulia dan memiliki dedikasi tinggi terhadap kemajuan bangsa.

 Hari Guru Nasional

Oleh karena itu peringatan hari guru nasional pada setiap tanggal 25 november selalu diramaikan berbagai kegiatan yang bertemakan semangat dan perjuangan seorang guru dalam mendidik para generasi penerus bangsa. Guru adalah sosok yang rela mengabdikan hidupnya untuk membantu orang lain, menjadi teladan serta panutan bagi anak didiknya.
Namun pernakah muncul dalam benak anda kenapa hari guru nasional diperingati setiap tanggal 25 november? berikut ulasan singkatnya

Sejak sebelum kemerdekaan Indonesia, para pegiat pendidikan di nusantara telah mendirikan organisasi bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) tahun 1912. Anggotanya merupakan kalangan Guru Bantu, Guru Desa, Kepala Sekolah, dan Penilik Sekolah yang bekerja di sekolah-sekolah yang ada di tanah air.

Kemudian, kuatnya keinginan untuk merdeka dan mendirikan negara sendiri yang bernama Indonesia membuat pengurus dan anggota PGHB mengubah nama organisasi mereka menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) di tahun 1932.

Usai kemerdekaan 17 Agustus 1945, para pengurus dan anggota PGI menyelenggarakan Kongres Guru Indonesia yaitu tepat di 100 hari setelah tanggal kemerdekaan tersebut, 24 -25 November 1945. Kongres yang berlangsung di Kota Surakarta tersebut diadakan untuk mengikrarkan dukungan para guru untuk NKRI. Saat itu, nama organisasi PGI pun diperbarui menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Dilansir oleh situs resmi PGRI, karena jasa dan perjuangan yang telah dilakukan oleh para guru di tanah air, maka Pemerintah RI melalui Kepres No 78 Tahun 1994 menetapkan tanggal berdirinya PGRI sebagai Hari Guru Nasional.

Keppres itu juga dimantapkan di UU No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, yang menetapkan tanggal 25 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Guru Nasional, yang kerap diperingati bersamaan dengan ulang tahun PGRI.

Demikianlah sedikit review Mengapa Tanggal 25 November Diperingati Sebagai Hari Guru Nasional.

Sumber: Sidomi.com

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon