Friday, 11 November 2016

Lulusan S2 Yang Paling Banyak Dicari

Tags
Lulusan S2 Yang Paling Banyak Dicari_ Salah satu cara agar tetap bisa bersaing dalam dunia kerja adalah dengan memiliki rekan jejak pendidikan yang cukup mumpuni, pemilihan jurusan yang paling banyak dicari di dunia kerja akan berimplikasi pada prospek kerja yang luas setelah anda menyelesaikan studi. adalah hal bijak sebelum menentukan jurusan kuliah yang akan dipilih sebaiknya menganalisa jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan dimasa mendatang.
Lulusan S2 Yang Paling Banyak Dicari

lulusan kuliah S1 memiliki banyak pesaing dalam dunia kerja, terbukti dari banyaknya lulusan sarjana  menganggur, hal tersebut seharusnya membuat kita harus lebih visioner dalam merancang masa depan, harus melihat peluang dengan  daya saing yang tidak terlalu sulit serta memiliki prospek kerja yang luas. 

Baca juga
Kelebihan Kuliah S2 Yang Patut Anda Ketahui 
8 Tangtangan berat saat kuliah S2
10 Cara Mendapatkan IPK Tinggi di Kampus
9 Tips Cara Agar Sukses Kuliah Sambil Kerja

Salah satu solusi menghindari persaingan berat dalam dunia kerja adalah dengan berada beberapa langkah di depan kompetitor tersebut. hal yang bisa menjadi pilihan yang cukup realistis dan potensial adalah dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. namun dalam memilih jurusan harus selektif karena sebagian lulusan S2 memiliki nasib yang kurang baik karena  kurang tepat dalam memilih jurusan, oleh karena itu kita mesti mengetahui jurusan yang paling banyak dicari di dunia kerja.

Jika berbicara lulusan S2 yang paling banyak dicari maka hal tersebut memang bersifat relatif karena perubahan zaman bersifat dinamis. bisa saja 2 tahun ke depan lulusan jurusan A memiliki prospek yang cerah namun bukan tidak mungkin 5 tahun ke depan lulusan jurusan tersebut akan sulit diserap. namun terlepas dari itu, sikap optimis selayaknya selalu menjadi penguat dalam batin untuk melanjutkan pendidikan kejenjang S2

NACE merilis hasil studi jurusan kuliah apa saja yang paling banyak dicari perusahaan besar tahun 2016. NACE menyebarkan kuisioner kepada 201 perusahaan besar selama periode Agustus hingga pertengahan September 2015. Perusahaan besar yang terlibat dalam kuisioner ini antara lain: Aetna, Chevron, DuPont, Procter & Gamble dan Macy’s. Wow, pastinya menggiurkan bisa bekerja di perusahaan besar setara Chevron dan kawan-kawan. NACE bertanya kepada perusahaan-perusahaan besar tentang rencana mereka untuk menggaji orang yang akan lulus kuliah pada tahun ajaran ini atau setidaknya tahun depan. Lulusan di bidang apakah yang mereka cari? Untuk magister atau pascasarjana, ini dia 10 jurusan kuliah yang paling banyak diminati perusahaan tahun 2016:
Ilmu Komputer: 49 perusahaan 
Teknik Elektro: 35 perusahaan 
Teknik Mesin: 34 perusahaan 
Sistem Informasi: 33 perusahaan 
Magister Bisnis Administrasi: 32perusahaan 
Akuntansi: 29 perusahaan 
Finansial: 28 perusahaan 
Aplikasi Software: 28 perusahaan 
Teknik Komputer: 24 perusahaan 
Sistem Manajemen Informasi: 24 perusahaan

Walaupun survey tersebut dilakukan di luar negeri namun hasil survey tersebut bisa menjadi indikasi dan pedoman dalam menentukan jurusan yang tepat ketika melanjutkan pendidikan kejenjang S2. 

Akan tetapi jika berbicara lulusan kuliah S2  yang memiliki prospek cerah di indonesia pastinya akan berbeda dengan hasil survey tersebut.  

"Berikut Lulusan S2 yang memiliki prospek cerah di indonesia"

1. Jurusan Bahasa inggirs
Dengan berlakunya MEA ditahun 2016 maka membuka peluang bagi siapapun untuk bisa berkarir di negara yang menjadi anggota MEA namun syarat mutlak yang harus dimiliki seseorang adalah menguasai harus bahasa international atau bahasa inggris. Dengan modal fasih berbahasa inggris, seseorang memiliki peluang sangat besar untuk mendapat pekerjaan mulai dari pekerjaan di luar negeri ataupun dalam negeri. lulusan jurusan bahasa inggris banyak dibutuhkan diberbagai lembaga-lembaga pendidikan baik itu lembaga swasta ataupaun negeri. peluang kerja jurusan bahasa inggris terbuka lebar mulai dari; guru privat, guru kursus bahasa inggris, dosen, penerjemah, duta wisata dll. perlu diingat bahwa setiap kampus dengan orientasi kerja apapun selalu membutuhkan tenaga pengajar bahasa inggris berbeda dengan jurusan lain yang hanya bisa mengajar di kampus tertentu namun lulusan bahasa inggris bisa mengajar di kampus manapun karena bahasa inggris adalah international jadi wajib untuk menjadi mata kuliah dalam setiap kampus.

2. Jurusan Informatika
Dengan beralihnya cara kerja dari era kerja manual ke era digital, membuat lulusan jurusan informatika sangat dibutuhkan, apalagi hampir setiap perusahaan telah menerapkan sistem komputerisasi membuat peluang kerja bagi lulusan informatika sangat besar. Prospek kerja bagi lulusan informatika sangat banyak. lapangan kerja bagi lulusan jurusan informatika mulai dari, Teller bank, tenaga admin di perusahaan, sekertaris, operator dan masih banyak lagi.

3. Jurusan Teknik
Jurusan teknik menjadi salah satu jurusan dengan lapangan kerja terluas, seiring dengan semakin berkembang pesatnya jumlah perusahaan membuat membuat lulusan jurusan teknik dengan mudah mendapat pekerjaan yang layak dengan gaji yang cukup lumayan. lulusan jurusan teknik selain bisa bekerja di perusahaan ataupun instansi pemerintah juga bisa berwirausaha berbekal dengan pemahaman yang dimiliki saat duduk di bangku kuliah. kebutuhan akan lulusan jurusan teknik akan semakin meningkat seiring dengan semakin digenjotnya berbagai program pemerintah dalam mewujudkan indonesia sebagai salah satu negara maju di dunia.
 
4. Jurusan Pendidikan Dasar (DIKDAS)
Kebutuhan akan tenaga pendidik semakin dibutuhkan pemerintah agar proses pemerataan pendidikan di indonesia bisa segera terealisasi, diantara beberapa jurusan kependidikan salah satu jurusan yang memiliki prospek lapangan kerja yang sangat luas adalah jurusan pendidikan dasar (DIKDAS). Kebutuhan tenaga dosen dari jurusan pendidikan dasar semakin meningkat hal tersebut berbanding lurus dengan ada begitu banyak kampus yang mulai membuka jurusan S1 PGSD, memang berdasarkan fakta jurusan PGSD memiliki banyak sekali peminat sehingga pihak kampus baik swasta maupun negeri melihat fenomena tersebut sebagai peluang dalam merekrut mahasiswa baru, kondisi tersebut mengindikasikan lulusan S2 pendidikan dasar semakin dibutuhkan. Selain itu lulusan pendidikan dasar bisa mengajar di yayasan pendidikan, mendaftar CPNS dan masih banyak lagi peluang kerja bagi lulusan pendidikan dasar.

Demikianlah beberapa jurusan yang bisa menjadi alternatif atau sekedar refrensi dalam menentukan jurusan kuliah. sebagai pertimbangan terakhir anda juga jangan lupa menggali informasi tentang jurusan kuliah yang paling mudah lulus dalam seleksi kerja, baik itu dalam ruang lingkup BUMN, Swasta atau pegawai negeri sipil.
#Lulusan S2 Yang Paling Banyak Dicari
SUMBER :nastasjaa

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon