Sunday, 28 August 2016

6 Keistimewaan Menjadi Seorang Guru

Tags
6 Keistimewaan Menjadi Seorang Guru
Guru adalah sosok manusia yang memiliki jasa yang sangat besar terhadap setiap manusia, Guru adalah rangkaian dari 4 kata yang sangat sederhana namun sarat dengan makna. setiap orang yang pernah menghabiskan beberapa waktunya untuk menuntut ilmu baik itu di sekolah, pesantren ataupun lembaga pendidikan yang lainnya pastillah sudah tidak asing lagi dengan kata "GURU".
Guru tidak hanya dispesifikkan dengan orang yang mengajar disuatu lembaga tertentu namun guru lebih mengarah kepada sosok yang mengajar atau mendidik orang lain tanpa batasan ruang dan waktu. 
berikut 6 Keistimewaan Menjadi Seorang Guru:

1. Guru adalah teladan bagi anak didiknya
Guru adalah sosok yang sangat hebat dimata setiap anak didiknya, hal-hal yang tidak diketahui seorang anak didik dengan mudah dijawab oleh sang Guru maka lantas anak didik melihat sosok gurunya sebagai sosok yang sangat luar biasa. Setiap gerak-gerik seorang Guru senantiasa diperhatikan dengan detail oleh anak didiknya bahkan sebagian anak didik akan berusaha mengikuti atau mengasimilasi kepribadian gurunya mulai dari cara bicaranya, cara jalannya dan lain-lain. apapun yang diinstruksikan oleh sang Guru terhadap anak didiknya sudah pastilah anak didiknya akan dengan senang hati menurutinya. bahkan perkataan seorang Guru kadang lebih di patuhi oleh sang anak didik daripada perkataan orang tuanya sendiri. misalkan seorang anak didik di beri tugas oleh gurunya untuk membawa kertas berwarna-warni ke sekolah maka sang anak akan merengek dan meminta kepada orang tuannya untuk dibelikan kertas warna-warni sesuai yang ditugaskan gurunya.

2. Guru adalah sebaik-baiknya manusia 
Ada ungkapan yang mengatakan bahwa "sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya". ungkapan sebaik-baiknya manusia adalah sebuah ungkapan yang sangat pantas disematkan kepada seorang Guru. Guru adalah manusia yang memilikin totalitas yang sangat tinggi meskipun dalam keadaan sakit dia tetap berusaha datang untuk mendidik murid-muridnya, meskipun sang Guru sedang mengalami kelelahan akan tetapi dia tetap berusaha menjawab setiap pertanyaan yang ajukan oleh murid-muridnya. walaupun gaji seorang Guru tak seberapa dibanding dengan profesi yang lain namun seorang Guru tetap mengajar dan mendidik dengan sepenuh hati. Gaji bisa jadi hanya urutan kesekian dari niatnya untuk mengajar karena tujuan utamanya mengajar adalah memberi manfaat kepada sesama manusia.

3. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa?
Guru sangat lekat dengan ungkapan "pahlawan tanpa tanda jasa" karena persepsi orang tentang pahlawan adalah orang memiliki jasa besar tehadap bangsa ini, seperti orang yang berhasil mengusir penjajah di negara ini, orang yang menjadi pelopor proklamasi dan banyak kriteria lainnya. namun seiring berjalannya waktu sosok Guru tidak lagi dikatakan sebagai pahlawan tanpa tanda jasa aka tetapi Guru adalah sosok dengan jasa besar terhadap bangsa ini karena melalui hasil didikannya sehingga muncul orang-orang hebat, karena dengan didikannya lahir ilmuwan-ilmuwan jenius dan karena didikannya lahir generasi-generasi yang luar biasa. Guru adalah pahlawan sesungguhnya. Guru boleh jadi bukan pahlawan akan tetapi dialah sosok manusia yang mendidik seorang manusia biasa menjadi seorang pahlawan.

4. Guru akan selalu diingat oleh anak didiknya 
Jika anda bertanya kepada seseorang tentang sosok-sosok yang sangat sulit ia lupakan maka ada kemungkinan sosok seorang Guru ada dalam salah satunya. Guru bisa jadi hanya mengingat beberapa anak didiknya yang pernah diajarnya namun seorang anak didik hampir bisa mengingat semua Guru yang pernah mengajarnya. ada banyak alasan sehingga seorang Guru sulit dilupakan oleh anak didiknya mulai dari; sikap Guru yang lembut ataukah sikapnya yang keras ataukah sering memberi tugas yang berat namun bagi anak didik yang telah dewasa pastilah akan tahu bahwa hal-hal yang ditunjukan seorang Guru dihadapann muridnya baik itu pemarah, lembut dan suka memukul itu demi kebaikan anak didiknya.

5. Ilmu yang diajarkan seorang GURU akan menjadi pahala jariyah 
Ada 3 amalan yang tidak akan terputus sekalipun orang yang telah melakukan amalan telah meninggal yaitu: anak yang sholeh, sedekah dan ilmu yang bermanfaat. Guru yang mengajar muridnya dengan tulus ikhlas, menyampaikan ilmu yang bermanfaat bisa menjadi amal jariyah kelak. logikany sangat sederhana yakni seorang atau beberapa anak didik yang diajarkan ilmu yang bermanfaat oleh gurunya suatu saat nanti ilmu tersebut akan digunakan sang anak didik untuk mengajar orang lain dan begitu seterusnya. 

6. GURU adalah manusia yang penuh cinta
jika ditanya seberapa besar cinta yang dimiliki seorang Guru maka sudah sudah pasti cinta yang dimiliki oleh seorang Guru sangat besar. tak peduli latar belakang anak didiknya tak peduli bentuk fisik muridnya seorang Guru selalu memberikan cinta yang sepenuh hati ketika mendidik muridnya. cinta yang dinampakkan seorang Guru tak selamanya dalam bentuk yang indah namun kadang dalam bentuk amarah namun sejatinya  semuanya adalah cinta namun tampak dalam bentuk berbeda.

demikianlah artikel tentang; 6 Keistimewaan Menjadi Seorang Guru 

3 comments

pengen jadi guru juga euy. tapi masih banyak memperbaiki akhlak dan memperbanyak pengetahuan...

SEMOGA mimipi dan harapan anda bisa terwujud

Jadi terharu nih, terima kasih atas informasinya. Nanti kalau kuliah, saya mau ambil jurusan pendidikan, supaya bisa jadi guru dan mencerdaskan bangsa ini.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon