Thursday, 12 May 2016

APLIKASI EMOSI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

APLIKASI EMOSI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI 
A. Emosi
Dalam kehidupan sehari-hari faktor emosi anak dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan mencerdaskan anak di lingkungan keluarga. Beberapa hal yang terkait dengan ini dijelaskan sebagai berikut : 
1. Proses emosi dapat dijelaskan dari proses fisiologik, yaitu terjadinya emosi ditandai oleh adanya perubahan dalam diri (visceral change). Perubahan dalam diri selama emosi dipengaruhi oleh sistem syaraf autonomik, kelenjar endokrin, dan sistem syaraf pusat. Hypotalamus dan cerebral cortex memiliki peranan yang penting dalam proses emosi. Hypotalamus ini bekerja mengontrol sistem syaraf autonomik, selanjutnya mengawali dan memulai terjadinya kondisi dasar dan emosi, cerebral cortex bertindak sebagai penggerak perbuatan emosi yang keadaannya tidak teratur teratur tersebut.
  
2. Perubahan dalam refleks kulit galvanis-RKG (galvanic skin reflex-GSR) sirkulasi )termasuk di dalamnya perubahan tekanan darah, perubahan kimiawi dan distribusinya) aktivitas “gastrointensinal” (panas badan), respirasi/berkeringat, berdirinya bulu-kuduk, ukuran pupil mata, dan sebagainya. Semuanya merupakan komponen-komponen yang menandai secara fisik terjadinya emosi 

3. Kondisi bangkitnya (arousal state) emosi dan motivasi sangat mirip satu sama lain. Semakin tinggi status bangkitnya, cenderung diikuti oleh semakin tingginya intensitas dan kuatnya emosi. Meskipun demikian, kebangkitan fisiologik bisa menghasilkan tipe-tipe emosi yang berbeda, tergantung lingkungan di mana kebangkitan itu terjadi. Misalnya kita sebenarnya mau marah, tetapi karena di smaping kita ada “mertua atau calon mertua”, bentuk marah kita jadi berbeda. Ini artinya proses cerebral yang mempersepsi situasi dan menafsirkan sensasi selalu berbasis pada keadaan lingkungan. 

4. Takut dan marah misalnya, merupakan akibat dari proses fisiologikal yang berbeda. Pada saat takut, andrenalin berada dalam aliran darah, rspirasi meningkat, refleks kulit galvanis (RKG) menurun, tekanan pada otot-otot mulai terjadi dalam waktu singkat. Saat marah, nonadrenalin, dibawa ke dalam aliran darah, tekanan otot bersifat menyeluruh, dan terjadi tekanan darah yang meningkat.  

B. Implikasi Emosi 
Penjelasan proses emosi yang secara umum dan ringkas dapat dipetik sebuah implikasi bahwa dengan diketahuinya emosi dan sebab-sebabnya, akan dapat diambil manfaat atau kegunaan, baik untuk keperluan penelitian dan pengembangan ilmu maupun untuk keperluan praktis.
a. Keperluan penelitian dan pengembangan
Dalam bidang keperluan penelitian, dapat dicontohkan adanya bentuk penelitian yang disebut pupilometrik. Pupilometrik adalah suatu studi tentang perubahan ukuran pupil pada manusia. Pupil menjadi melebar bila individu melihat rangsangan yang menarik dan mengerut (contract) ketika seseorang berfokus pada objek yang membosankan dan tidak menyenangkan. 
b. Keperluan praktis
Dalam implikasi praktis, pendekatan dan pemahaman emosi dapat diterapkan sebagai suatu alat untuk mendeteksi kebohongan seseorang. Di negara maju seperti Amerika, Inggris, dan sebagainya, alat detektor bohong telah dikembangkan sebagai alat untuk mendeteksi kebohongan seseorang yang dapat digunakan sebagai salah satu bahan konfirmasi mengenai sebuah kasus untuk dimabil suatu kesimpulan. Detektor bohong, bekerja dengan asumsi bahwa perubahan badaniah diukur dengan menggunakan alat Volygraph yang mana kata-kata “netral” atau yang “kritikal dengan tujuan tertentu” dapat menunjuk pada suatu subjek kebohongan tertentu. Alat ini tidak akan bekerja apabila orang tidak emosi atau pada saat orang yang khawatir (anxious). 
c. Kegunaan lain 
1) Pemahaman mengenai emosi yang dikaitkan dengan aspek kejiwaan lainnya seperti kognisi, memori, motivasi, dan sebagainya, bisa merupakan pendorong dalam meningkatkan kualitas diri individumisalnya dalam hal belajar, berbuat menyesuaikan norma, memahami anak, generasi muda, dan sebagainya. 
2) Emosi merupakan daya dorong untuk berbuat. Kepuasan akan menimbulkan kesenangan dan ketidakpuasan akan menimbulkan ketidaksenangan. Oleh karena itu, emosi merupakan kesenangan sendiri bisa berfungsi sebagai motif. Demikian pula, apabila seseorang tidak puas, akan menjadi motif seseorang untuk mencari alternatif lainnya. 
3) Untuk mengetahui perkiraan dari mana seseorang berasal ditilik dari segi bahasa ekspresinya. Ekspresi emosi sangat berasal ditilik dari segi bahasa ekspresinya. Ekspresi emosi sangat ditentukan oleh konvensi sosial tentang bagaimana biasanya diekspresikan kepada orang lain. Pada manusia, emosi dikomunikasikan melalui berbagai cara, yaitu melalui suara, ekpresi wajah, dan lain-lain.
 #APLIKASI EMOSI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon