Saturday, 9 April 2016

PENGERTIAN TEKNIK SKRAMBEL

PENGERTIAN TEKNIK SKRAMBEL 
A. Pengertian Teknik Skrambel. 
Istilah “Skrambel” berasal dari bahasa Inggris yang dapat diterjemahkan dalam bahasa Indonesia “perebutan, pertarungan,perjuangan .Teknik “skrambel” biasanya dipakai oleh anak-anak sebagai permainan yang pada dasarnya merupakan latihan pengembangan dan peningkatan wawasan pemilikan kosakata-kosakata dan huruf- huruf yang tersedia.

Teknik permainan ini pada prinsipnya menghendaki peserta didik supaya melakukan penyusunan atau pengurutan suatu struktur bahasa yang sebelumnya dengan sengaja telah dikacaukan susunannya.Berdasarkan sifat jawabannya, skramble terdiri atas bermacam-macambentuk yaitu :
a. Skrambel kata, yakni sebuah permainan yang menyusun kata-kata dari huruf-huruf yang telah dikacaukan letak huruf-hurufnya sehingga membentuk suatu kata tertentu yag bermakna. Misalnya dari huruf-huruf :
- lewerkala ------_ kelelawar
- opmketru ------_ komputer
b. Skrambel Kalimat, yakni sebuah permainan menyusun kalimat dari kata-kata acak. Bentukan kalimat dimaksud hendaknya logis,bermakna, tepat dan benar.
c. Skrambel Wacana, yakni sebuah permainan menyusun wacanalogis berdasarkan kalimat atau paragraf acak. Hasil susunan wacana dalam permainan skrambel hendaknya logis dan bermakna(Budinuryanto, dkk.1997:11) 

B. Pembelajaran Membaca Pemahaman dengan Teknik Skrambel. 
Skrambel adalah salah satu permainan bahasa pada hakikatnya permainan bahasa merupakan suatu aktivitas untuk memperoleh keterampilan tertentu dengan cara menggembirakan(Suparno 1998:60)Dengan bermain peserta didik akan memperoleh kegembiraan atau kesenangan,selain itu keterampilan tertentu akan diperolehnya dengantidak sengaja. Dalam setiap permainan terdapat unsur rintangan dan tantangan yang harus dihadapi dan dipecahkan. Secara tidak langsung permainan juga dapat memupuk berbagai sifat yang positif misalnya :solidaritas, sportivitas, kreativitas, dan rasa percaya diri.Secara rinci kelebihan dari permainan bahasa menurut ()adalah sebagai berikut : 

C. Kelebihan dan kekurangan teknik skrambel
1. Kelebihan teknik skrambel
a. Permainan bahasa merupakan media pengajaran bahasa yang cocok untuk penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP).Aktivitas yang dilakukan peserta didik dalam permainan bahasa ini bukan saja aktivitas fisik, tetapijuga aktivitas mental.
b.Permainan bahasa dapat dipakai untuk membangkitkan kembali kegairahan belajar peserta didik yang sudah mulai lesu.
c. Sifat kompetitif yang ada dalam permainan dapat mendorong peserta didik berlomba-lomba maju.
d. Selain untuk menimbulkan kegembiraan dan melatih ketrampilan tertentu permainan bahasa juga dapat memupuk rasa solidaritas (terutama untukpermainan beregu)
e. Materi yang dikomunikasikan lewat permainan bahasa biasanya mengesankan sehingga sukar dilupakan. 
2. Kekurangan teknik skrambel
a. Pada umumnya jumlah peserta didik dalam satu kelas terlalu besar. Hal tersebutakan menimbulkan kesulitan untuk melibatkan seluruh peserta didik dalam permainan. Peserta didik yang tidak terlibat dapat mengganggu permainan yang sedang berlangsung.
b. Tidak semua materi pelajaran dapat dikomunikasikan lewat media permainan.
c. Permainan bahasa biasanya menimbulkan suara gaduh. Hal tersebut dapat mengganggu kelas yang berdekatan.
d. Teknik ini juga membutuhkan waktu yang agak lama dalam pelaksanaannya.
 PENGERTIAN TEKNIK SKRAMBEL

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon