Monday, 11 April 2016

PENGERTIAN MINAT

PENGERTIAN MINAT  
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1984: 583) minat diartikan sebagai kecenderungan hati yang tinggi terhadap suatu objek yang menarik. Sejalan dengan itu Witty (dalam Tarigan, 1987: 104) mengemukakan bahwa : Minat sebagai aspek kejiwaan yang unik dan spesifik, menandai ciri-ciri keinginan yang dilakukan melalui  tingkah laku atau perhatian seseorang melalui objek tertentu sesuai dengan keinginan yang kuat, gairah, kecenderungan hati yang sangat tinggi terhadap suatu pengamatan yang lebih komprehensif.

Chalpin (Thordike, 1989: 55) mendefinisikan minat sebagai berikut :(1) sikap yang harus terus menerus menyertai perhatian seseorang dalam memiliki objek yang menarik, (2) perasaan yang menentukan aktifitas, kegemaran atau objek yang dinilai atau berarti bagi seseorang, (3) suatu pernyataan motivasi tertentu yang mengarahkan tingkah laku kedalam arah atau pada tujuan tertentu yang bersifat unik dan spesifik. 

Dengan demikian minat dapat mempengaruhi kegiatan aktifitas yang dilakukan seseorang dan minat juga dapat menentukan besar kecilnya kesuksesan yang diperoleh dari kegiatan tersebut.

Minat merupakan derajat dorongan psikologis yang ada dalam diri setiap orang untuk melakukan suatu kegiatan atau aktifitas tertentu. Keberadaan dorongan itu dapat dikenali dari frekuensi keseringan, kesungguhan, ketekunan dan lamanya waktu seseorang bertahan melakukan suatu kegiatan/aktifitas untuk mencapai tujuan tertentu. 

Thordike (1989: 54) berpendapat bahwa minat adalah suatu keadaan mental yang menghasilkan respon terarah kepada suatu objek yang menyenangkan dan memberi kepuasan padanya. 

Dari beberapa pengertian minat yang telah dikemukakan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa minat adalah kecenderungan hati dan jiwa yang tinggi terhadap objek tertentu yang menarik, bernilai dan berharga bagi seseorang. Minat merupakan suatu reaksi terhadap suatu tanggapan yang menarik sehingga menimbulkan rasa senang dan kesetiaan jiwa yang bersifat aktif menerima rangsangan dari luar yang menyenangkan. Dengan demikian minat merupakan derajat dorongan psikologis yang ditandai dengan frekuensi keseringan, kesungguhan, ketekunan dan lamanya waktu bertahan dalam melakukan kegiatan atau aktifitas untuk mencapai tujuan tertentu.
ARTIKEL TERKAIT : MOTIVASI BELAJAR
PENGERTIAN MINAT

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon