5 Syarat untuk Mengkuti Sertifikasi Dosen

Syarat untuk Mengkuti Sertifikasi Dosen_ Sahabat pejuang sertifikasi dosen dimanapun anda berada, saya doakan anda selalu dalam keadaan sehat selalu dan semoga selalu dilimpahkan rezekinya. Dalam tulisan kali ini, mimin akan berbagi informasi tentang syarat-syarat untuk mengikuti sedos atau sertifikasi dosen.

Bisa lulus dalam kegiatan sertifikasi dosen adalah hal yang diinginkan oleh banyak peserte sertifikasi, karena dengan lulus sertifikadi dosen, maka dosen yang bersangkutan akan mendapatkan gaji sertifikasi dari pemerintah.

Beda halnya dengan profesi Guru yang berstatus PNS yang telah tersertifikasi, karena biasanya mereka akan mendapatkan gaji sertifikasi setiap 3 bulan sekali, namun dosen yang telah tersertifikasi akan mendapatkan gaji sertifikasi tiap bulannya, hal tersebut pastinya bisa meningkatkan pendapatan dari dosen yang bersangkutan.

Namun nyatanya, tidak semua yang mengikuti seleksi sertifikasi dosen bisa lulus atau bahkan bisa masuk dalam kategori dosen yang bisa ikut sertifikasi, karena ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi agar bisa termasuk sebagai peserta sertifikasi dosen. Dengan memenuhi persyaratan tersebut maka data anda akan dinyatakan "eligibel". Adapun Syarat yang mesti dipenuhi agar bisa dinyatakan layak mengikut serdos adalah sebagai berikut:

Syarat untuk Mengkuti Sertifikasi Dosen

1. Berstatus sebagai Dosen Tetap
Untuk bisa ikut serdos, maka salah satu syarat utama yang harus anda penuhi yakni kalian tercatat sebagai dosen tetap. Jadi misalnya jika saat ini anda berstatus sebagai dosen LB (dosen luar biasa), maka kalian tidak bisa ikut dalam seleksi serdos.

Selain dosen LB, jika kalian adalah dosen kontrak maka kalian juga dinyatakan belum bisa ikut serdos, jadi kata kuncinya adalah kalian harus berstatus sebagai dosen tetap di perguruan tinggi tempat kalian mengajar.

2. Telah Mengikuti Pekerti atau AA
Syarat selanjuytnya agar bisa masuk kategori dosen yang layak untuk mengikuti yakni anda telah mengikut kegiatan program peningkatan keterampilan dasar teknin instruksional atau biasa disebut dengan istilah PEKERTI dan atau telah mengikuti pelatihan AA Apolied Approach.

Dengan mengikut kegiatan PEKERTI yang diselenggarakan oleh kampus tertentu maka kalian akan mendapatkan sertifikat pekerti, yang nantinya sertifikat tersebut akan diupload oleh penyelenggara pelatihan sehingga akan muncul otomati dalam akun sister anda, termasuk juga dengan pelatihan AA. 

3. Syarat BKD 2 tahun
Selanjutnya syarat agar data anda bisa eligibel dan bisa ikut dalam kegiatan sertifikasi dosen (serdos) yakni telah mengumpulkan BKD 2 tahun terakhir, pastinya anda semua sudah familiar dengan istilah BKD bukan, yah tepat sekali BKD merupakan singkatan dari beban kerja dosen yang setiap semesternya dosen harus ini dilaman sister.

Jika kalian telah mengisi BKD selama 2 tahun terakhir, silahkan kalian print out dan kumpulkan di UPSD kampus anda untuk kemudian di upload, agar data persyaratan serdos khususunya BKD bisa terpenuhi.

4. Tes TKDA dan Toefl Memenuhi batas nilai minimal
selain berbagai dokumen yang harus kalian penuhi, ada juga tes yang mesti kalian ikuti dan wajib mendapatkan nilai minimal, hasil tes yang mesti ada yakni tes komptensi dasar akademik dan tes bahasa inggris.

Untuk nilai batas minimal tes bahasa inggris jika tidak salah adalah 44 untuk toefl dan untuk jenis tes bahasa inggris lainnya penulis juga kurang tahu berapa minimal nilainya. Untuk lebih jelasnya silahkan kalian searching di google tentang nilai ambang batas TKDA dan Toefl untuk serdos.

5. Masa Kerja Berdasarkan Jabatan Fungsional telah berlaku selama 2 tahun + Inpassing
Selain BKD yang dikumpulkan atau diupload oleh UPSDM 2 tahun terakhir, anda juga bisa memenuhi syarat serdos jika jabatan fungsional anda telah mencapai 2 tahun semenjak telah terbit atau dikeluarkan.

Selain jabatan fungsional, kalian juga harus memilih inpassing dan telah diupload di halaman sister anda. Namun antara sertifikat jabatan fungsional dan inpassing biasanya bersamaan keluar, sehingga jika sudah ad bisa segera kalian upload di akun sister milik anda.

demikianlah artikel tentang "5 Syarat untuk Mengkuti Sertifikasi Dosen", semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk anda semuanya.


0 Response to "5 Syarat untuk Mengkuti Sertifikasi Dosen"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close