Tips Grooming untuk Pria agar Penampilan Semakin Menarik

Tips Grooming untuk Pria agar Penampilan Semakin Menarik_ Tidak hanya wanita, pria pun perlu menerapkan kebiasaan merawat diri agar penampilan semakin rapi dan menarik. Dalam istilah populernya, kegiatan merawat diri dikenal sebagai grooming. Bahkan, aktivitas grooming bagi pria ini termasuk bagian dari PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). 

Berkat penampilan yang menarik, kebiasaan grooming juga membuat kepercayaan diri meningkat. Lantas, bagaimana cara melakukan grooming untuk pria? Tenang saja, rutinitas grooming pria tidak sedemikian repot. Mari kita bahas!

Tips Grooming untuk Pria agar Penampilan Semakin Menarik

1. Mencukur atau Merapikan Brewok dan Kumis 
Rambut pada area wajah, tepatnya kumis dan jenggot atau brewok, memang membuat sebagian orang tampak lebih maskulin. Walau demikian, brewok dan kumis tetap perlu dirawat agar tidak sedemikian lebat sampai-sampai menimbulkan kesan berantakan dan malas merawat diri. 

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk merawat brewok dan kumis adalah merapikannya dengan mencukur sedikit sampai tidak terlihat berantakan. Gunting bagain ujung rambut secara merata. Jangan lupa gunakan krim khusus agar tidak lecet, ya.

2. Gunting Kuku 
Kuku yang panjang tanpa dirawat akan memberi kesan kurang rapi. Di sisi lain, membiarkan kuku panjang tanpa dirawat akan membuatnya menebal. Untuk itu, guntinglah kuku dan bersihkan kotoran yang berada di sela-sela kuku dan permukaan kulit. 

Bila perlu, kikir area ujung kuku agar tidak terlalu tajam. Selain kuku tangan, kuku kaki Anda juga perlu digunting secara rutin. Pastikan menggunting kuku hingga berbentuk lurus agar Anda terhindar dari risiko kuku tumbuh ke dalam atau cantengan. Setelah menggunting kuku, jangan lupa bersihkan gunting kuku Anda, ya.

3. Gunakan Skincare untuk Wajah 
Tiga produk mendasar yang bisa Anda gunakan untuk merawat wajah adalah sabun muka, pelembap, dan tabir surya. Produk skincare wajah lain, misalnya cream pemutih wajah, serum, dan sebagainya, bisa dibilang additional yang penggunaannya menyesuaikan kebutuhan. 

Sementara pembersih muka, pelembap, dan tabir surya adalah tiga skincare utama yang sebaiknya Anda miliki dan gunakan secara rutin. Terkait sunscreen, pastikan untuk memakainya setiap hari, meskipun Anda tidak berencana melakukan aktivitas outdoor.

4. Gunakan Produk Styling Rambut 
Kesan menarik juga dapat dihadirkan melalui tatanan rambut yang ideal. Ideal berarti menyesuaikan tipe dan gaya rambut Anda biasanya. Gunakanlah produk styling untuk rambut seperti gel, pomade, atau hairspray secukupnya. 

Tetap atur penggunaannya agar tidak berisiko merusak rambut dan kulit kepala yang berujung pada ketombe atau masalah lain. Anda bisa menemukan produk styling rambut dengan mengunjungi Pickybest.id yang merekomendasikan pomade, gel rambut, atau wax sesuai tipe rambut dan level kekuatannya.

5. Gunakan Parfum 
Parfum adalah produk yang mungkin tidak memberi kesan langsung pada penampilan Anda. Namun, parfum menjadi salah satu produk yang wajib dimiliki pria. Parfum akan membuat tubuh Anda wangi, sehingga orang-orang tak segan untuk berada lama-lama di dekat Anda. 

Gunakan parfum dengan konsentrasi dan aroma menyesuaikan aktivitas yang Anda jalani. Semprotkan parfum hanya pada leher, dada, dan titik-titik nadi tubuh agar wanginya lebih tahan lama. Ingat, penggunaan parfum juga tidak boleh berlebihan agar aroma yang keluar tidak menyengat dan mengganggu.

6. Rawat Gigi dan Mulut 
Senyum indah dapat diawali dengan kebiasaan menggosok gigi dan berkumur secara teratur. Gigi Anda tidak harus putih untuk memberikan kesan menarik. Asalkan terlihat bersih dan terawat, itu sudah cukup. Untuk memperoleh gigi dan mulut yang sehat, sikat gigi rutin 2 kali sehari. 

Ganti sikat gigi Anda setiap beberapa bulan sekali. Bersihkan area gigi dengan benang gigi untuk cegah penumpukan bakteri di sela-sela gigi. Selain itu, per enam bulan sekali, cobalah memeriksakan diri ke dokter gigi. 

Keenam tips grooming di atas mudah diterapkan, bukan? Dengan menerapkan kebiasaan baik berupa merawat diri dari area kepala hingga ujung kaki, penampilan bukan hanya menarik, tetapi kesehatan menyeluruh ikut terjaga. Selain menerapkan grooming, Anda juga perlu mengurangi kebiasaan buruk seperti merokok, meminum alcohol, dan begadang.

0 Response to "Tips Grooming untuk Pria agar Penampilan Semakin Menarik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close