6 Tips Mengembangkan Usaha Bagi Pebisnis Pemula

Tips Mengembangkan Usaha Bagi Pebisnis Pemula_ Pastinya bagi orang yang bergelut dalam dunia bisnis atau menggeluti suatu usaha, maka salah satu goal yang ingin dicapai adalah bagaimana agar bisnis yang dirintinsnya bisa sukses dan semakin besar. Memang menjadi seorang pebisnis atau pengusaha butuh ketelatenan, kerja keras dan komitmen agar kelak dalam perjalanan merintis usahanya bisa tetap eksis walau berbagai tantangan datang menghadang.

Bagi pengusaha yang baru mulai merinstis bisnis, pastinya harus banyak belajar, barik belajar dari pengalaman atau belajar dari kisah-kisah orang sukses lainnya yang telah sukses dalam bisnisnya, karena pastinya bagi pengusaha pemula mungkin masih kurang pengalaman dalam dunia bisnis.

Kalaupun dalam persiapan memulai merintis bisnis sudah banyak belajar dari youtube atau seminar namun satu hal yang pasti bahwasanya terkadang teori-teori yang kita pelajari tidak sesuai dengan ekspektasi. Makannya ada ungkapan yang berbunyi "Don't try anda eror but Try anda learn.

Lantas apa saja tips mengembangkan usaha bagi pebisnis pemula agar bisa tetap survive dan bisa membuat usahanya semakin berkembang? Berikut beberapa Cara Mengembangkan Usaha yang bisa diterapkan dalam bisnis yang sedang anda rintis:

6 Tips Mengembangkan Usaha Bagi Pebisnis Pemula

1. Product Knowledge

Apa itu "Product Knowledge"? Jadi Product Knowledge adalah pemahaman akan barang atau jasa yang dijual! Maksudnya apa sih? jadi sebagai pebisnis pertama-tama yang harus kita kuasai atau pahami adalah tentang produk yang kita tawarkan konsumen, misalnya jika kita berjualan kue, maka mulai dari komposisi, rasa, proses pembuatan minimal harus kita kuasai agar nantinya ketika kita menawarkan produk tersebut, maka kita akan fasih dalam menjelaskan tentang produk yang kita jual.

Contoh lain misalnya jika kalian menawarkan/menjual jasa seperti barber shop, maka segala hal tentang jenis-jenis style rambut harus minimal diketahui, tujuannya apa? yakni agar ketika suatu saat komsumen hanya memperlihatkan foto model rambut, maka anda sebagai penjual jasa akan langsung tahu nama model rambutnya dan bagaimana cara memotong rambut yang tepat agar bisa menghasilkan potongan rambut seperti itu.

2. Costumer Service sangat Penting

Pernah nggak kalian melihat misalnya dua penjual, anggap saja penjual A dan penjual B yang berjualan secara berdekatan, barang yang dijual sama dan harganya pun sama, namun justru jualan milik A banyak dibeli atau gerai milik penjual A selalu ramai ketimbang gerai milik penjual B.

Tahukah anda bahwasanya bukan hanya produk yang menjadi objek jualan, namun costumer service atau pelayanan kepada konsumen merupakan sesuatu yang memiliki nilai untuk dijual, walaupun dengan nominal yang bukan berupa uang.

Maksudnya adalah misalnya saja kita ilustrasikan bahwasanya penjual A pada narasi di atas selalu bersikap baik kepada konsumen, ramah, murah senyum dan selalu memberikan pelayanan yang terbaik, alhasil pastinya kita sebagai konsumen akan merasa nyaman belanja di toko/warung penjual A dan akhirnya kita menjadi langgananya, walaupun kita tahu kalau penjual B  juga berjualan produk yang sama dengan harga yang sama pula.

Dan sebaliknya kenapa warung penjual B selalu kalah ramai ketimbang warung penjual A, karena bisa jadi penjual B dalam memberikan pelayanan bersikap datar kepada konsumen, pelayanan kurang baik, tidak sosialis dll. 

Jadi jika anda saat ini hanya fokus pada produk yang kalian jual, maka alangkah baiknya juga mulai memperbaiki pelayanan kepada konsumen, karena pelayanan yang baik akan berdampak kepada psikologis pembeli.

3. Aksesbilitas dan Kondisi Tempat Bisnis

Jika yang anda jual merupakan barang nyata, dimana pelangganan atau konsumen untuk membelinya harus datang ke toko/gerai anda maka salah satu aspek yang patut menjadi perhatian adalah aksesbilitas menuju toko anda!

Apa yang dimaskud aksesbilitas? Jadi dalam bahasa sederhananya artinya mudah diakses baik menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat atau bagi pejalan kaki, karena hal tersebut akan mempengaruhi banyak atau sedikitnya pembeli yang datang ke tempat anda.

Jadi misalnya barang jualan anda sangat lengkap dan harganya cukup bersaing dengan usaha oranglain, namun jika akses menuju ke tempat anda susah maka bisa jadi konsumen lebih memilih belanja di toko lain yang mudah dijangkau dengan berbagai sarana kendaraan.

Dan selain itu kalian juga harus memperhatikan kondisi tempat bisnis anda, pastikan tempat tersebut nyaman dan membuat pelangganan merasa betah berada di tempat tersebut, jadi sebaiknya ditata sebaik mungkin senyaman mungkin dan sebersih mungkin.

4. Melakukan Promosi secara Konvensional

Tips selanjutnya dalam memgmbangkan usaha anda yakni dengan melakukan promosi, tujuannya jelas supaya orang tahu atau konsumen tahu kalau kalian menjual atau menawarkan jasa yang saat ini sedang kalian usahakan. Lalu diera modern seperti sekarang teknik promosi ada dua macam, atau terbagi ke dalam 2 garis besar yaitu promosi secara konvensional dan promosi secara digital. 

Agar konsumen tahu jualan anda maka cara konvensional yang bisa kalian terapkan adalah dengan menyebarkan selebaran di jalan-jalan dengan tujuan orang akan baca dan tahu produk yang anda jual, atau bisa juga dengan cara memasang spanduk di pinggir jalan, atau ikut dalam event-event besar dan kalian memasang stand untuk memperkenalkan produk anda.

5. Digital Marketing

Cara lainnya dalam mengenalkan jualan anda kepada konsumen adalah dengan melakukan promosi melalui media digital, atau sering dikenal dengan istilah digital marketing, mislanya saja kalian promosu melalui Facebook, twitter, instagram dan lain-lain, keunggulannya adalah promosi secara digital bisa membuat barang yang kalian promosikan dilihat dari berbagai wilayah di indonesia, jadi tidak terbatas ruang.

Cara promosi secara digital marketing lainnya yang bisa kalian pilih adalah beriklan menggunakan layanan google ADS, Facebook ADS, Instgram ADS dll. Walaupun berbayar namun jika mampu menghasilkan income yang lebih besar, kenapa tidak dicoba.

6. Terus Berinovasi

Diera digital perubahan semakin cepat terasa, berbagai inovasi dan kreatifitas disajikan oleh pengusaha dan pebisnis! Menyikapi hal tersebut, maka agar bisnis anda bisa tetap bertahan dan semakin berkembang, maka berinovasi merupakan jawaban yang tepat.

Walaupun bisa jadi sedang di atas, angin ketimbang usaha rival bisnis kalian, akan tetapi jangan terlena karena, bisa jadi rival anda sedang menyusun rencana hebat untuk mengalahkan bisnis anda, jadi jangan lengah, belajar dan terus berinovasi.

Demikianlah tulisan kami tentang "6 Tips Mengembangkan Usaha Bagi Pebisnis Pemula", jika anda merasa tulisan ini, bermanfaat maka silahkan share supaya bisa memberikan manfaat yang sama untuk oranglain.

0 Response to "6 Tips Mengembangkan Usaha Bagi Pebisnis Pemula"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close