Bimbel Ruangguru atau Eduka System? Mana yang Lebih Baik

Bimbel Ruangguru atau Eduka System? Mana yang Lebih Baik_ Bimbel atau bimbingan belajar menjadi pilihan untuk memaksimalkan pembelajaran yang didapatkan di sekolah, karena berdasarkan pengalaman penulis, bahwasanya tidak semua materi pelajaran yang kita pelajari di sekolah mampu dipahami secara keseluruhan, alhasil dengan salah satu solusi yang bisa dipilih yakni ikut bimbel tatap muka atau bimbel online sehingga bisa membantu pemahaman akan materi pelajaran yang dipelajari di sekolah.

Bimbingan belajar online menjadi banyak pilihan oleh penggunan bimbel, hal tersebut tak lepas dari kepraktisan yang bisa didapatkan melalui bimbel online, misalnya saja dengan bimbel online anada tidak perlu lagi datang langsung ke lokasi bimbel, hanya menggunakan Hp dan komputer sudah bisa ikut bimbe online dan beberapa kelebhan lainnya.

Bimbingan belajar online juga saat ini cukup banyak dan bisa membuat siswa bebas memilih bimbel sesuai kebutuhan belajar, namun terlepas dari itu, kualitas bimbel online juga tidak bisa diabaikan, karena kalian tidak mau bukan sudah bayar mahal bimbel namun pelayanan dan fitur yang diberikan bimbel msih kurang maksimal.

Dalam kesempatan kali ini kita akan mencoba membandingkan atarara dua bimbel online yakni Ruangguru dan Eduka System, menurut kalian mana yang lebih baik? serta apa saja masing masing kelebihan dari bimbel Ruangguru dan Eduka System, mari kita ulas sama-sama.

Bimbel Ruangguru atau Eduka System? Mana yang Lebih Baik.

Tahun Rilis Aplikasi Ruangguru dan Eduka System di Playstore

Berdasarkan informasi yang kami kutip di Play Store aplikasi Ruangguru dirilis pada tahun 2016, adapun pendiri ruangguru adalah Belva devara dan Imam Usman sedangkan Eduka system dirilis di Play Store pada tahun 2020 adapun pendirinya adalah Ahmad Faiz sahupala, sodiko hidayad, daniel ryan, muhammad habibi, haidir dan bayi fitrah.

Jika kita mencoba membandingkan tahun rilisnya maka Ruangguru bisa  dikatakan lebih awal hadir dalam memberikan layanan bimbel, jadi antara Ruangguru atau Eduka system maka Ruangguru bisa dikatakan sebagai pionir.

Rating dan Jumlah Unduhan/Download di Play Store

Btw indikator selanjutnya yang ingin kita coba bandingkan antara Ruangguru dan Eduka System adalah Berapa Rating dan jumlah unduhan atau download  dari keduanya. Adapun jumlah unduhan Ruangguru di Play Store sebanyak 10 juta lebih unduhan dengan rating yang diberikan 4.5 dari rentang 1-5 dari 637.701 orang yang memberikan penilaian, yang artinya penilaian penggunan cukup bagus dengan jumlah orang  yang menilai sebanyak itu

Eduka system memiliki jumlah unduhan/download di play store sebanyak 100 ribu unduhan atau download dengan rating 4.7 dengan rantang 1-5 dari 1.138 orang yang memberikan penilaian. Untuk jumlah unduhan Ruangguru jauh lebih unggul dan untuk rating eduka unggul tipis, itupun karena jumlah orang yang memberikan penilaian di eduka system memang sedikit.

Pilihan Layanan Bimbel Ruangguru VS Pilihan Bimbel Eduka System

Setiap siswa bisa jadi memiliki kebutuhan belajar yang berbeda hal tersebut karena dipengaruhi oleh gaya belajar siswa, sehingga pilihan layanan bimbel yang bervariasi yang disediakan oleh penyedia bimbel online akan membuat pengguna bisa memiliki beberapa pilihan yang bisa diplih sesuai kondisi dan kebutuhan belajar masing-masing siswa.

Lantas Ruangguru menyediakan layanan bimbel apa saja? Berdasarkan data Ruangguru menyediakan pilihan bimbel misalnya; 
  • Ruangbelajar Ruangguru, 
  • Brain Academy Online, 
  • Brain Academy Offline dan online, 
  • Ruang les dan 
  • Terakhir ruanglesonline. 
Dalam setiap layanan bimbel tersebut juga ada pilihan paket langganan berdasarkan durasi waktu, tingkatan kelas dan biaya langganan, jadi banyak pilihan bagi siswa.

Sedangkan Eduka System saat ini baru menyediakan layanan Try Out dan bank soal, sehingga belum terlalu banyak pilihan paket bimbel di Eduka system. Jadi bisa disimpulkan bahwasanya Ruangguru unggul dari eduka system karena menyediakan banyak pilihan layanan bimbel dan paket bimbel.

Biaya Langganan Ruangguru VS Biaya Langganan Eduka System

Pastinya biaya langganan bimbel akan menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam memilih bimbel, tapi walaupun mahal jika memang berkualitas, tidak apa apa juga, dari pada murah namun ternnyata abal-abal kan sia-sia juga bimbelnya!

Pertama-tama berapa biaya langganan bimbel Ruangguru? adapun biaya berlangganan bimbel Ruangguru adalah sebagai berikut:
  • Ruang belajar Rp. 1.925.000 namun jika pakai Kode Diskon Ruang Guru: AYOBIMBEL maka dapat diskon 
  • Brain Academy 5,6 juta gunakan kode diskon ruangguru: AYOBIMBEL
  • Brain Academy Online Rp 1,3 gunakan kode diskon AYOBIMBEL
  • Ruangless: 1,2 juta
  • Ruangless online 52 ribu
selanjutnya biaya bimbel Eduka sytem, berapa sih biaya langganan bimbel Eduka System?
berikut listnya:
  • super premiun komplit Rp. 340.000
  • super premiun Rp. 230.000
Catatan: Biaya bimbel sewaktu-waktu bisa berubah,

Berdasarkan data di atas biaya bimbel Ruangguru memang agak mahal karena memang merupakan bimbel sedangakn eduka system berupak try out dan bank soal saja.

Fitur Bimbel Ruangguru VS Eduka System

Hal yang harus kalian perhatikan dalam memilih bimbel adalah fitur-fitur apa saja yang disediakan oleh bimbel tersebut, termasuk bimbel yang kita bahas kali ini, lantas apa saja fitur bimbel ruangguru dan eduka system? 

Fitur bimbel Ruangguru lumayan banyak dan pastinya bisa menjadi solusi belajar bagi siswa yang telah langganan, berikut fitunya;
  • Adapto (menyesuaikan dengan kemampuan belajar pengguna)
  • roboguru (membantu menjawab soal hanya dengan menfoto soal)
  • Download video pembelajaran
  • Bank soal
  • Laporan belajar
  • Pet (hewan peliharaan)
  • timeline (membagi video dalam sub-sub pembahasan)
  • terakhir dipelajari
  • Dan masih banyak fitur lainnya
Lalu bagaimana dengan Eduka System? Fitur apa saja yang tersedia atau bisa kalian nikmati jika langganan bimbel Eduka system?
  • Tracker belajar
  • study manger
  • dll
Untuk masalah fitur sepertinya ruangguru jauh lebih unggul ketimbang dengan eduka system, karena memang ruangguru merupakan perusahaan pendidikan yang dapat penghargaan sebagai start up pendidikan yang kreatif.

Adapun tulisan ini merupakan penilaian subjektif penulis namun dengan melihat data yang ada di kedua bimbel tersebut.

Bonus Tutorial Daftar Ruangguru Diskon

Bagaimana nih, setelah kalian baca artikel di atas, apa kalian semakin tertarik untuk langganan Ruangguru? Baiklah mimin juga akan berbagi tutorial langganan Ruangguru+diskon dengan menggunakan kode diskon ruangguru AYOBIMBEL.

1. Buka Aplikasi Ruangguru


2. Klik Menu Pembelian yang ada pada bagian bawah, seperti pada contoh di bawah ini:


3. Pilih Jenis Langgganan, dan pada contoh di bawah kami memilih langganan Ruangguru Ruang Belajar


4. Klik Menu Ganti untuk menggunakan Kode Diskon AYOBIMBEL, agar diskonnya lebih besar.


5. Masukan Kode Diskon AYOBIMBEL dan klik tulisan gunakan, seperti pada contoh di bawah ini:


6. Klik Tulisan Beli, seperti pada contoh di bawah ini:


7. Pilih Mau Bayar secara cicilan atau bayar lunas, pada contoh di bawah ini kami memilih baya lunas dan klik tulisan beli


8. Pilih Metode Pembayaran, silahkan kalian klik


9. Metode Pembayaran yang tersedia ada banyak, silahkan kalian pilih metode yang kalian anggap mudah


10. Klik Tulisan Lanjut


Catat kode pembayaran dan lakukan pembayaran di indomaret,


Demikianlah artikel tentang: Bimbel Ruangguru atau Eduka System? Mana yang Lebih Baik, semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda semua.

0 Response to "Bimbel Ruangguru atau Eduka System? Mana yang Lebih Baik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close