7 Persiapan Penting dalam Menghadapi Tes UTBK SBMPTN

Persiapan Penting dalam Menghadapi Tes UTBK SBMPTN_ Seleksi masuk perguruan tinggi sudah di depan mata! Lantas persiapan seperti apa yang adik-adik telah lakukan? seperti kata orang bijak, gagal merencanakan sama halnya dengan merencanakan kegagalan. Jadi untuk mencapai hasil yang maksimal perlu dilakukan perencanaan yang maksimal pula. Dan apabila kita sudah melakukan yang terbaik namun hasil yang diperoleh tidak sesuai harapan mungkin hal tersebut bisa dikatakan belum rezeki. 

Jika adik-adik yang budiman ada yang bertanya, memang persiapan apa yang sebaiknya dilakukan untuk menghadapi tes UTBK SBMPTN? Mungkin kita semua akan bersepakat bahwasanya "Belajar" adalah hal yang paling realistis untuk dilakukan guna menaklukan tes UTBK SBMPTN.

Lalu jika kemudian ada yang bertanya! Hal-hal apa saya yang sebaiknya dipelajari guna bisa sukses menjawab soal-soal UTBK SBMPTN? Dan seperti apa pola belajar yang baik serta efektif dalam persiapan menghadapi tes UTBK SBMPTN? Dalam tulisan ini, admin akan berbagi tips dan trik dalam menghadapi tes UTBK SBMPTN, berikut ulasannya!

Persiapan Penting dalam Menghadapi Tes UTBK SBMPTN  

1. Cari tahu jenis soal yang biasa muncul dalam tes UTBK SBMPTN

Namanya juga ujian seleksi masuk perguruan tinggi, maka yang akan dilakukan saat mengikuti tes UTBK SBMPTN adalah mengerjakan soal-soal yang diberikan secara online atau berbasis komputer! Adapun jenis soal yang biasanya muncul dalam tes UTBK SBMPTN yakni tes potensi akademik (TPA), tes potensi skolastik (TPS) dan tes bahasa inggris.

Lebih detailnya tes potensi skolastik (TPS) soalnya tentang kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif yang berupa pemahaman dan penguasaan matematika dasar, pengetahuan dan pemahaman umum serta kemampuan memahami bacaan.

Selanjuntya tes kemampuan akademik (TPA) merupakan tes yang berkaitan tentang mata pelajaran yang pernah dipelajari waktu duduk di bangku sekolah, adapun penekanan tes ini lebih kepada menguji kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta tes atau sering disebut dengan istilah HOTS (high order thigking skill).

2. Manajemen Waktu Belajar

Setelah kalian tahu tentang jenis tes yang akan muncul saat tes UTBK SBMPTN, maka langkah selanjutnya yang sebaiknya adik-adik pejuang perguruan tinggi negeri lakukan adalah mengatur waktu belajar. Belajar juga sebaiknya direncanakan dengan baik agar materi UTBK SBMPTN  yang  kalian pelajari bisa benar benar dipahami, atau dengan kata lain belajarnya secara efektif.

Pernah nggak kalian lihat atau dengar ada orang yang terlalu memporsir waktu yang berlebihan untuk belajar, alhasil membuatnya menjadi stress. Jadi perlu kalian ketahui bahwasanya, belajar juga butuh dimanajemen agar tidak membuat kalian jenuh.

Misalnya saja dalam sehari kalian mematok durasi belajar adalah 3 jam, nagh walaupun kalian telah mematok waktu belajar selama 3 jam, bukan berarti kalian menghabiskan durasi belajar 3 jam tersebut dalam satu waktu, akan tetapi misalnya sepert ini; pagi/subuh hari belajar 1 jam, siang/sore belajar 1 jam dan malam hari kalian belajar 1 jam.

Namun apa yang saya ilustrasikan, namun pastinya setiap orang memiliki waktu kesukaan untuk belajar, jadi silahkan kalian belajar di waktu yang menurut kalian saat belajar kalian akan lebih mudah memahami materi pelajaran.

3. Ikut Bimbel Ruangguru

Agar lebih maksimal dalam persiapan untuk tes UTBK SBMPTN dan bisa lulus dalam tes UTBK SBMPTN maka sebaiknya kalian mulai berpikir untuk ikut bimbingan belajar! Kenapa sebaiknya kalian ikut bimbingan belajar? Karena biasanya di bimbingan belajar terdapat materi-materi dan soal-soal UTBK tahun sebelumnya yang bisa kalian pelajari, alhasil kalian akan bisa familiar dengan jenis dan tipe soal yang muncul dalam tes UTBK SBMPTN.

Salah satu bimbel yang direkomdasikan adalah bimbel Ruangguru! Kenapa memilih bimbel Ruangguru? karena bimbel Ruanggguru adalah salah satu bimbel terbaik di indonesia dan saat ini ada begitu banyak testimoni pengguna bimbel Ruangguru yang berhasil lulus dalam tes UTBK SBMPTN.

Perlu kalian ketahui bahwasanya Ruangguru menyediakan berbagai kategori bimbingan belajar, mulai dari yang berbasis online dan gabungan online dan offline (brain academy), jadi kalian bisa memilih jenis bimbel Ruangguru sesuai kebutuhan belajar adik-adik semua.

Selain itu Ruangguru juga menyediakan diskon besar bagi yang mau langgganan! Cukup kalian masukan Kode Diskon Ruangguru: AYOBIMBEL, maka kalian bisa dapatkan diskon yang sangat besar. Kalau dibandingkan antara menggunakan Kode Diskon Ruangguru JADIJUARA dan AYOBIMBEL, maka kalian akan mendapatkan diskon lebih besar jika menggunakan kode diskon "AYOBIMBEL"

4. Perbanyak Ikut Try Out

Kenapa sebaiknya kalian memperbanyak latihan Try Out? karena Try Out merupakan kegiatan simulasi menjawab soal, yang dirancang sesuai dengan format tes UTBK SBMPTN, mulai dari durasi waktu, jumlah soal dan kategori soal yang muncul. Dengan sering ikut Try Out kalian bisa memahami bagaimana prosedur tes UTBK SBMPTN dan bagaimana konsep tes UTBK SBMPTN.

Karena untuk lulus SBMPTN tidak cukup dengan tahu menjawab soal-soal yang muncul saat tes, akan tetapi kalian juga harus mampu memanajemen waktu dalam menjawab setiap soal yang muncul, karena misalnya jika durasi waktu 100 menit dan jumlah soalnya ada 100 soal (hanya contoh atau ilustrasi).

Maka kalian harus memporsir bahwa batas waktu untuk mengerjakan satu soal adalah 1 menit, jangan terpancing untuk menyelesaikan suatu soal yang menurut kamu bisa diselesaikan padahal bisa memakan waktu yang lama, jika menemukan soal yang susah lebih baik dilangkahi terlebih dahulu dan kerjakan soal yang lebih mudah.

Dan kabar baiknya adalah Ruangguru menyediakan fitur Try Out yang sudah didesain sesuai dengan konsep tes UTBK SBMPTN, jadi dengan langgganan bimbel Ruangguru, selain kalian bisa belajar materi-materi UTBK, menjawab soal-soal UTBK, kalian juga bisa latihan try out untuk mengukur kemampuan kalian dalam mengerjakan soal UTBK.

5. Sharing dengan Teman Peserta Tes UTBK SBMPTN

Dua kepala yang berpikir adakalanya lebih baik dari satu kepala yang berpikir, ungkapan tersebut bisa jadi cocok diimplementasikan dalam persiapan menghadapi tes UTBK SBMPTN, karena semakin banyak sharing dengan teman, maka kemungkinan akan banyak ide atau gagasan yang muncul dan bisa digunakan untuk modal tes.

Dalam menghadapi tes UTBK SBMPTN kadangkala ada tips dan trik yang bisa diaktualisasikan yang bisa jadi membuat kalian lebih efektif dalam mengerjakan tes dan lebih efisien dan memanfaatkan waktu saat mengerjakan tes, itulah bertukar ide dan gagasan dengan teman lainnya yang mau ikut tes UTBK SBMPTN cukup penting.

6. Mempersiapkan Mental dan Fisik

Tes UTBK SBMPTN bukan hanya tentang kalian cerdas dan pintar akan tetapi hal yang perlu menjadi perhatian adalah bagaimana mental kalian untuk mengikuti tes UTBK SBMPTN, sebagai bahan pertimbangan dalam menghadapi tes UTBK SBMPTN pastikan kalian membuat diri dan hati kalian yakin bisa lulus dalam tes UTBK SBMPTN, jangan ragu atau jangan pernah pesimis, karena pikiran sangat mempengaruhi kondisi psikologis kalian, jadi tetap yakin dan percaya kalian bisa lulus.

Nagh bukan hanya mental yang mesti kalian kuatkan, akan tetapi pastikan fisik kalian siap menghadapi tes UTBK SBMPTN, jadi tetap jaga kesehatan, belajar boleh saja akan tetapi memporsir diri terlalu banyak belajar juga kurang baik, jadi tetap lakukan aktivitas yang balance, agar kondisi kalian benar-benar prima menghadapi tes UTBK SBMPTN

7. Cek Lokasi Tes UTBK SBMPTN

Bagi kalian yang masih siswa kelas 12 atau gap year, jika nantinya misalnya kalian telah mendaftar masuk perguruan tinggi negeri (PTN) dan lokasi tesnya telah ditentukan maka alangkah baiknya sebelum hari pelaksanaan tes UTBK SBMPTN, beberapa hari sebelum tes sebaiknya kalian pergi meng cross check lokasi tempat dimana tes UTBK akan dilaksanakan.

Pastikan anda telah tahu lokasi dan tempat dimana kalian akan dites, bahkan kalau bisa kalian juga cek dimana kalian duduk saat tes, karena biasanya tempat duduk saat tes telah ditentukan. Dengan cross check yang kalian lakukan, kalian tidak akan ada kendala berkaitan dengan lokasi tes UTBK kalian.

Dan coba bayangkan jika kalian baru mau cari lokasi tes kalian pada hari tes akan dilaksanakan, untung saja jika kalian langsung menemukan, bagaimana jadinya jika ternyata lokasi dan tempat tesnya tidak kalian tahu ada dimana, pastinya akan menjadi masalah bagi kalian.

Demikianlah artikel tentang "7 Persiapan Penting dalam Menghadapi Tes UTBK SBMPTN", semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa mengisnpirasi anda semua.

Keyword: Apa saja tes sbmptn 2022? UTBK bulan apa 2022? Apakah lulusan tahun 2021 bisa ikut sbmptn 2022? Bagaimana sistem sbmptn 2022? utbk 2022 tps atau tka utbk 2022/2023 materi utbk soshum 2022 sbmptn 2022/2023 pendaftaran utbk 2022 materi utbk soshum 2022 pdf pendaftaran sbmptn 2022 jadwal snmptn 2022

0 Response to "7 Persiapan Penting dalam Menghadapi Tes UTBK SBMPTN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close