Review Ruang Kelas Ruang Guru (LMS)

Review Ruang Kelas Ruang Guru (LMS)_ Bangun pagi, mandi dan berangkat ke sekolah adalah rutinitas yang biasa dilakukan oleh pelajar mulai dari siswa SD, SMP dan SMA, tujuan berangkat ke sekolah tak lain adalah agar bisa mengikuti pembelajaran dan mendapatkan pemahaman dari guru atau pendidik yang mengajar.

Namun akhir-akhir ini, karena adanya pandemi Covid-19, maka pembelajaran yang dulunya tatap muka dialihkan dengan sistem online atau lebih dikenal dengan istilah daring! Pelaksanaan pembelajaran daring bertujuan untuk meminimalisir penularan covid-19 dan sebagai bentuk aplikatif dalam menurunkan kasus Covid-19.

Sistem pembelajaran yang dari tatap muka ke pembelajaran online membuat cara pembelajaran yang selama ini diterapkan otomatis harus disesuaikan dengan sistem pembelajaran daring! Pelaksanaan pembelajaran online bukannya tanpa kendala. Beberapa kendala yang dihadapi misalnya jaringan internet yang kurang mendukung, selain itu juga dibutuhkan platform belajar yang efektif agar pelaksanaan pembelajaran online tetap bisa membuat tujuan pembelajaran tercapai.

Salah satu hal yang dibutuhkan dalam pembelajaran online adalah Kebutuhan siswa akan platform pembelajaran online yang mampu mengakomodasi proses belajar, sehingga pembelajaran bisa maksimal! Berbicara tentang Platform pembelajaran online, maka salah satu Platform pembelajaran online yang bisa digunakan adalah Ruang Kelas Ruang Guru.

Baca juga: Kode Diskon Ruang Guru

Ruang Kelas Ruang Guru merupakan learning management system (LMS) yang mempermudah pengaturan pelajaran, kehadiran siswa, materi, tugas, dan komunikasi di kelas. Sehingga walaupun pembelajaran dilaksanakan secara daring akan tetapi aktifitas yang biasanya dilakukan saat belajat tatap muka, juga bisa dilaksanakan dengan menggunakan Ruang Kelas Ruang Guru.

Lantas secara detail fitur-fitur apa saja yang ada di LMS (Learning Management System) Ruang Kelas Ruang Guru, serta Bagimana cara daftar Ruang Kelas Ruang Guru! Dalam artikel kali ini kita akan ulas dengan seksama, supaya bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda semua.

Review Ruang Kelas Ruang Guru (LMS)

Fitur-fitur Ruang Kelas Ruang Guru

1. Materi dan Tugas

Melalui LMS Ruang Kelas Ruang Guru, anda bisa memberikan materi untuk dipelajari oleh siswa anda, selain materi kalian juga bisa memberikan tugas kepada siswa. Tugas dan materi yang akan diberikan oleh siswa bisa dibuat sendiri oleh guru dan juga bisa dipilih dari bank soal Ruang Guru, dan kalian juga bisa ambil video materi pembelajaran dari aplikasi Ruang Guru! Dan agar lebih banyak materi dalam bentuk video yang bisa kalian share dari Ruang Guru atau Ruang Belajar untuk dipelajari siswa kalian, maka kemungkinan sebaiknya kalian langganan paket Ruang Belajar Ruang Guru.


2. Interaksi Guru dan Siswa di Obrolan Kelas

Fitur menarik lainnya yang bisa kalian nikmati di Ruang Kelas Ruang Guru adalah kolom obrolan kelas, jadi antara siswa dan guru bisa saling berinteraksi, sehingga misalnya ada pertanyaan atau kendala dalam proses pembelajaran, siswa bisa bertanya melalui kolom obrolan kelas.
3. Daftar Kehadiran dan Laporan Kehadiran Siswa

Selanjutnya ada fitur absen kelas, dimana anda bisa melakukan pengecekan kehadiran siswa melalui Ruang Kelas Ruang Guru dan kalian juga akan bisa mendapatkan informasi tentang laporan kehadiran siswa, jadi bisa dikatakan absen guru akan terbantu karena tidak mesti melakukan absen manual, namun sebenarnya jika ingin melakukan absen secara manual juga tidak apa-apa.

4. Organisasi Kelas

Kemudahan lainnya yang bisa kalian dapatkan dengan menggunakan Learning Management System (LMS) adalah kalian bisa membuat dan mengatur organisasi maupun kelas dalam satu platform, jadi akan membuat pekerjaan anda semakin praktis.


5. Memberikan Penilaian

Penilaian adalah hal yang mutlak harus dilakukan oleh guru, karena dengan melakukan penilaian anda bisa mengetahui tingkat perkembangan anak, di Ruang Kelas anda bisa memberikan penilaian secara fleksibel, anda bisa memberikan komentar, catatan dan penilaian pada lembar kerja siswa.


6. Rekap Nilai dan Tabel Analisis Nilai
Bukan hanya bisa memberikan penilaian melalui Ruang Kelas, anda juga bisa pantau perkembangan siswa dengan rekapitulasi nilai di tabel analisis, sangat worth it bukan, jadi Ruang Kelas Ruang Guru akan sangat membantu proses belajar daring/online



Testimoni Guru Pengguna LMS Ruang Kelas Ruang Guru

Rasanya tidak lengkap rasanya jika hanya menghadirkan atau membahas tentang fitur-fitur Ruang Kelas Ruang Guru, tanpa kita mencari tahu bagaimana pendapat para guru yang telah menggunakan LMS Ruang Kelas! Lantas bagaimana testimoni dari guru yang telah menggunakan aplikasi atau LMS Ruang Kelas Ruang Guru.


Cara Daftar Ruang Kelas Ruang Guru

Lalu pertanyaannya bagaimana cara daftar Ruang Kelas By Ruang Guru! dan apakh mendaftar Ruang Kelas Ruang Guru gratis atau berbayar? jadi perlu kalian ketahui bahwasanya mendaftar Ruang Kelas gratis! untuk cara daftarnya berikut tutorilanya.

1. Register Ruang Kelas Ruang Guru

Untuk bisa akses Ruang Kelas By Ruang Guru terlebih dahulu kalian harus register terlebih dahulu untuk membuat akun Ruang Kelas Ruang Guru, silahkan kunjungi link berikut ini untuk register: https://kelas.ruangguru.com/register. Setelah kalian klik link di tersebut maka akan muncul tampilan seperti pada contoh gambar di bawah ini:


2. Buat Akun Ruang Kelas

Selanjutnya jika sudah muncul tampilan seperti di atas, silahkan kalian isi kolom yang tersedia, silahkan isi dengan benar dan teliti, setelah selesai mengisi, silahkan kalian klik tulisan Daftar


3. Masuk Sebagai Guru atau sebagai siswa

selanjutnya akan muncul tampilans seperti di bawah ini, yakni jika kalian seorang guru, maka pilih masuk sebagai guru dan jika kalian sebagai siswa maka pilih masuk sebagai siswa.


sumber gambar: https://www.ruangguru.com/ruangkelas

Demikianlah artikel tentang "Review Ruang Kelas Ruang Guru (LMS)", semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda semuanya.

0 Response to "Review Ruang Kelas Ruang Guru (LMS)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close