9 Fitur Windows 10 Keren yang Perlu Anda Ketahui dan Coba

9 Fitur Windows 10 Keren yang Perlu Anda Ketahui dan Coba_ Windows 10 dirilis pada tahun 2015 silam. Saat ini memiliki jutaan pengguna aktif. Di Windows 10, terdapat banyak fitur-fitur unik, menarik yang sayangnya masih belum begitu diketahui penggunanya. Padahal, kalau kita tahu, maka fitur tersebut bisa saja dimanfaatkan dengan baik. Bahkan bisa mempersingkat waktu pekerjaan-pekerjaan tertentu. Mungkin Anda ingin tahu, apa saja fitur-fitur Windows 10 yang dimaksud. Di sini akan dibahas. 

1. Browser Edge 

Browser Microsoft Edge, adalah pengembangan dari Internet Explorer yang sebelumnya kurang diminati pengguna. Browser Edge ini memiliki beragam peningkatan, terutama dari segi user interface yang modern, hingga performa yang ringan. Microsoft Edge bisa Anda temukan di Windows 10 versi mana saja. Karena browser ini sudah termasuk paket di awal rilis. 

2. Cortana 

Pernah nonton film, di mana seseorang berbicara dengan robot? Cortana mewujudkan hal tersebut. Dengan Cortana, Anda bisa memberikan perintah-perintah tertentu, seperti membuka notepad, mengetahui waktu, mengatur hal tertentu, dan lain-lain. Sama seperti Microsoft Edge, Cortana ini sudah ada sejak Windows 10 awal rilis. Untuk memberikan perintah tersebut, Anda perlu menyambungkan mic ke komputer atau laptop yang digunakan. 

3. Disk Cleanup 

Fitur Disk Cleanup sebenarnya sudah ada sejak lama. Dari Windows XP, Windows 7 hingga Windows 10 juga tersedia. Tapi, khusus di Windows 10 ini terdapat beberapa pengembangan khusus. Yakni pencarian file sampah yang semakin maksimal. Anda bisa membersihkan drive C yang penuh di Windows 10 dengan fitur Disk Cleanup ini. Biasanya hasilnya bisa 50% sampai 80%. 

4. Clipboard History 

Untuk sector office atau kantor, Microsoft mengembangkan suatu fitur yang dinamakan Clipboard History. Singkatnya, Clipboard History ini adalah fitur yang memungkinkan Anda bisa menyalin teks yang terdapat pada satu komputer, ke komputer lainnya. Tentunya komputer tersebut saling terhubung melalui jaringan. Entah itu melalui LAN atau koneksi WiFi. Di perkantoran, fitur ini cukup banyak dipakai, dan bisa dibilang cukup mempersingkat waktu kerja. Apalagi yang biasanya berkutat dengan dokumen. 

5. Search Preview 

Fitur Preview dikenalkan di Windows 7. Di Windows 10, terdapat update lagi yang dinamakan search preview. Apa itu search preview? Singkatnya ketika Anda mengetikkan sesuatu pencarian di kolom, maka akan muncul hasil dari search engine internet Microsoft. Yaitu bing. 

Tentunya Anda harus terhubung terlebih dulu dengan koneksi internet. Fitur search preview ini bisa dikatakan bisa membantu dalam beberapa hal. Misalnya Anda inign mencari suatu informasi tertentu, maka Anda hanya perlu mencarinya lewat start menu, yang nanti kemudian hasilnya bisa Anda buka lewat browser. 

6. Pembaruan Pada Notepad 

Apakah Anda biasa mengetik di Notepad? Kalau iya, maka di Windows 10 ini Anda bisa senang. Karena ada beberapa pembaruan menarik. Salah satu yang paling mencolok, ialah Anda bisa melakukan zoom-in maupun zoom-out untuk memperjelas maupun membuat tampilan tulisan jadi kecil. Terdapat juga fitur line-break yang membuat spasi pada format dokumen tertentu tetap muncul. 

7. Pembaruan Task Manager 

Task Manager merupakan fitur Windows yang berfungsi untuk melihat proses, menghentikan task dari program tertentu dan masih banyak lagi. Di Windows 10, terdapat penambahan fitur dari Task Manager. Yakni Anda bisa melihat power usage hingga mengatur startup program yang sebelumnya tidak ada. Dari segi tampilan, Task Manager ini juga bisa dibilang semakin nyaman dipakai. 

8. Font Baru 

Font di Windows 10 bawaannya sudah terpasang disesuaikan dengan Microsoft. Tapi, Anda bisa memasang font lain sesuai keinginan. Entah itu buatan sendiri maupun mencari source tertentu dari internet. Tentunya font ini akan membuat tampilan Windows 10 Anda menjadi semakin cantik dan menarik. Juga terlihat unik. 

9. Support HDR 

Windows 10 sekarang sudah support HDR. Yang berarti untuk Anda seorang editor foto atau video, maka bisa sangat terbantu dengan fitur ini. Tentunya dengan catatan kartu grafis Anda beserta monitornya sudah mendukung HDR juga. Itulah fitur Windows 10 yang perlu Anda ketahui dan dicoba. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda.

0 Response to "9 Fitur Windows 10 Keren yang Perlu Anda Ketahui dan Coba"

Post a comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close