17 Contoh Sikap Sopan Santun di Keluarga, Sekolah dan Masyarakat

Contoh Sikap Sopan Santun di Keluarga, Sekolah dan Masyarakat_ Sikap sopan santun merupakan perilaku terpuji, sopan santun adalah perilaku/tingah laku yang ramah dan menghargai orang-orang yang ada di sekitarnya. Perilaku sopan santun meliputi perkataan dan perbuatan yang terpuji dalam bersikap dan memperlakukan oranglain.


Dalam kehidupan sehari-hari ada banyak contoh sikap yang mencerminkan nilai-nilai sopan santun, baik itu di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Sebenarnya perilaku sopan santun penting untuk dimiliki setiap orang dan dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari, dengan begitu kedamain dan ketentraman bisa senantiasa terjaga.

Apa-apa saja Contoh Sikap Sopan Santun di Keluarga, Sekolah dan Masyarakat yang mesti kalian ketahui dan bisa kalian aktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari? Berikut Contoh Sikap Sopan Santun di Keluarga, Sekolah dan Masyarakat:

Contoh Sikap Sopan Santun di Keluarga, Sekolah dan Masyarakat

Contoh Sikap Sopan Santun di Keluarga

1. Tidak Bersuara Keras Ketika Berbicara dengan Orangtua

Contoh pertama sikap sopan santun di lingkungan keluarga adalah dengan tidak berbicara dengan nada tinggi ketika berbicara dengan orangtua, sebaiknya saat berbicara dengan orangtua nada/suara dibuat pelan atau lembut.

2. Mencium Tangan Orangtua Ketika akan Berangkat ke Sekolah

Setiap pagi setiap anak pastinya akan berangkat ke sekoah untuk belajar, sebelum berangkat ke sekolah sebaiknya mencium tangan orangtua, karena hal tersebut merupakan bentuk sikap sopan santun kepada orangtua.

3. Mendengarkan Nasehat Orangtua

Setiap orangtua pastinya mengingkan anaknya menjadi orang yang sukses dan menjadi anak yang berbakti kepada orangtua. Sehingga tidak jarang orangtua memberikan nasihat kepada anak-anaknya, saat orangtua memberikan nasihat maka sebaiknya sebagai anak yang baik maka sebaiknya mendengarkan dengan seksama nasihat yang disampaikan oleh orangtua.

4. Meminta Izin Sebelum Menggunakan Barang Adik/Kakak

Dalam suatu keluarga biasanya ada saudara misalnya adik atau kakak, kadang kakak menggunakan barang atau mainan adiknya atau sebaliknya, oleh sebad itu jika henda menggunakan barang-barang milik adik/kakak kalian sebaiknya minta izin kepada pemiliknya, karena hal tersebut merupakan perilaku sopan santun.

 5. Mengetuk Pintu Sebelum Masuk Kamar Adik/Kakak/Orangtua

Terkadang kita memiliki keperluan dengan kakak/adik/orangtua, dan tak jarang kita ingin menemui langsung di kamarnya. Sebelum masuk ke dalam kamar Adik/Kakak/Orangtua usahakan untuk mengetuk pintu. Dan kalian sebaiknya baru masuk ke dalam kamar setelah mendapat izin dari Adik/Kakak/Orangtua kalian.

6. Tidak Memotong Pembicaraan Orangtua

Dalam lingkungan keluarga adalah hal lumrah jika kadang dilakukan musyawarah, nagh saat orangtua/saudara berbicara sebaiknya jangan memotong pembicaraan mereka. Jika ingin berbicara atau berpendapat sebaiknya dilakukan setelah oranglain selesai berbicara.

Contoh Sikap Sopan Santun di Keluarga

7. Menghormati Guru
Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, guru bertugas untuk mengajar dan mencerdaskan siswa-siswinya, bukan hanya membuat siswa siswinya pintar secara intelektual dari segi sikap dan keterampilan juga guru berusaha untuk membuat siswa lebih kompeten, maka dari itu sebagai seorang murid maka sangat penting untuk mengahargai dan menghormati gurunya sehingga bisa dikatakan siswa yang besikap sopan santun.

8. Meminta Izin Kepada Guru Jika Ingin Keluar Kelas
Beberapa alasan siswa meninggalkan ruangan pada saat proses belajar sedang berlangsung adalah misalnya karena ingin ke toilet atau ingin pergi ke kantin untuk membeli minuman karena merasa haus saat mengikuti pelajaran, nagh sebelum keluar ruangan sebaiknya kalian minta izin kepada guru kalian dan kalian baru bisa keluar ruangan jika diizinkan.

9. Menghargai Pendapat Teman

Dalam kegiatan pembelajaran biasanya guru menerapkan metode pembelajaran diskusi dan memebrikan kesempatan kepada setiap siswa untuk mengeluarkan pendapatnya, saat teman kalian menyampaikan pendapatnya, tetaplah hargai pendapat teman kalian meskipun apa yang disampaikan masih keliru.

10. Memperhatikan Penjelasan Guru Saat Pelajaran Berlangsung

Saat proses pembelajaran berlangsung, guru aan menjelaskan dengan seksama materi pelajaran yang sedang dipelajari kepada siswanya, saat guru sedang menjelaskan materi pelajaran, sebaiknya sebagai siswa yang baik maka sebaiknya Memperhatikan Penjelasan Guru Saat Pelajaran Berlangsung. Memperhatikan penjelasan guru merupakan salah satu bentuk sikap sopan santun.

11. Meminta Izin Sebelum Menggunakan Barang Teman Kelas

Dalam suatu kelas kadang kita ingin meminjam/ menggunakan barang milik teman kelas, oleh sebad itu jika hendak menggunakan barang-barang milik teman kelas kalian sebaiknya minta izin kepada pemiliknya, karena hal tersebut merupakan perilaku sopan santun.

12. Tidak Memotong Pembicaraan Guru/teman

Dalam lingkungan sekolah adalah hal lumrah jika kadang dilakukan musyawarah, nagh saat oranglain berbicara sebaiknya jangan memotong pembicaraan mereka. Jika ingin berbicara atau berpendapat sebaiknya dilakukan setelah oranglain selesai berbicara.

Contoh Sikap Sopan Santun di Masyarakat

13. Menghormati yang Lebih Tua

Salah satu bentuk perilaku sopan santun di lingkungan masyarakat adalah dengan menghormati orang yang lebih tua, bukan hanya hormat orangtua saja tapi sebaiknya kita senantiasa memberikan hormat kepada setiap orang yang lebih tua dari kalian.

14. Menyayangi yang Lebih Muda

Sebagai orang atau siswa yang lebih tua dibandingkan dengan siswa lain maka sebaiknya kita bersikap baik kepada yang lebih muda, misalnya saya kita sebagai siswa atau anak yang lebih tua menyayangi siswa atau anak yang lebih muda.

15. Tidak Memotong Pembicaraan Oranglain

Dalam lingkungan masyrakat adalah hal lumrah jika kadang dilakukan musyawarah, nagh saat oranglain berbicara sebaiknya jangan memotong pembicaraan mereka. Jika ingin berbicara atau berpendapat sebaiknya dilakukan setelah oranglain selesai berbicara.

16. Mengecilkan Volume HP/TV/Speaker saat Oranglain sedang Beribadah

Negara Republik Indonesia adalah negara yang berketuhanan, setiap orang memiliki keyakinan dan kepercayaan, saat oranglain sedang melakasanakan ibadah, misalnya dalam islam mereka sedang shalat maka sebaiknya kecilkan volume HP/TV dll untuk menhormati mereka.

17. Menyapa Memberi Salam Kepada Oranglain dengan Hangat

Terkahir contoh sikap sopan santun di lingkungan masyarakat adalah dengan Menyapa Memberi Salam Kepada Oranglain dengan Hangat baik kepada orang yang dikenal maupun tidak dikenal, sehingga muncul rasa keakraban terhadap sesama.

Demikianlah 17 Contoh Sikap Sopan Santun di Keluarga, Sekolah dan Masyarakat, semoga artikel ini bisa memberi manfaat untuk kalian semua


0 Response to "17 Contoh Sikap Sopan Santun di Keluarga, Sekolah dan Masyarakat"

Post a comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close