10 Cara Agar Bisa Bangun Pagi Tepat Waktu

10 Cara Agar Bisa Bangun Pagi Tepat Waktu_ Susah bangun pagi merupakan masalah bagi banyak orang, apalagi orang yang dengan aktivitas banyak tentu saja hal ini akan menjadi salah satu penghambat aktivitas. Susah bangun pagi biasanya karena pengaruh gaya hidup.

source: Hellosehat.com
Meskipun sebelum tidur sudah niat akan bangun pagi, namun ketika pagi akan ada saja alasan untuk tetap berada di tempat tidur seperti merasa dingin atau ngantuk yang berlebih hingga menyebabkan malas bangun pagi.

Ketika bangun siang terkadang akan membuat kita merasa kesal ditambah lagi ketika memiliki banyak aktivitas dan kegiatan yang harus dilakukan. Berikut beberapa cara agar bisa bangun pagi tepat waktu.

10 Cara Agar Bisa Bangun Pagi Tepat Waktu

1. Gunakan Alarm 
Jika anda salah satu orang yang susah bangun pagi dan masih bingung bagaimana cara efektif bangun pagi adalah dengan menggunakan alarm, tentu saja hal ini sudah banyak di gunakan banyak orang untuk bisa bangun pagi pada tepat waktu. Anda bisa menyetel alarm pada Handphone atau bisa menggunakan jam beker. Namun menyetel alarm juga memiliki aturan, beberapa peneliti menyarankan untuk mengatur waktu alarm 7,5-9 jam dari setelah anda tertidur itupun jika anda mampu.

Jika tidak memungkinkan, setel alarm setelah tidur selama 6 jam terbilang mencukupi karena anda akan terbangun di tahap awal siklus tidur di banding dengan harus terbangun di tengah periode REM (rapi aye movement). Tetapi jangan khawatir, aturan ini hanya dibuat secara garis besarnya saja karena setiap tubuh manusia memiliki bioriteme yang berbeda.

2. Evaluasi Tidur
Banyak orang mengalami kesulitan unuk tidur nyenyak atau merasakan berbagai gangguan tidur. Evaluasi adalah tes tanpa resiko dan sama sekali tidak menyakitkan, yang dimana dilakukan untuk mengukur tingkat kepulasan tidur seseorang.

Evaluasi ini juga dilakukan untuk membantu menemukan masalah dan gangguan pada tidur, setiap manusia memilki mekanisme biologis untuk mengatur waktu tidur. Biasanya tubuh akan memberi sinyal seperti detak jantung melambat dan suhu tubuh akan menurun.

Penyakit susah bangun pagi biasanya di pengaruh berbagai macam faktor salah satunya adalah gangguan tidur seperti sleep apnea dan masalah kesehatan yaitu alergi dan depresi yang bisa menyebkan kualitas tidur terganggu dengan begitu anda akan menjadi susah untuk bangun pagi. Anda bisa konsultasi dengan dokter agar tidur anda menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

3. Memiliki Tekad 
Jika ingin bangun pagi pada tepat waktu maka anda harus memiliki tekad yang kuat, karena tekad yang kuat ialah alarm alami. Cobalah untuk menanamkan dalam diri kenapa anda harus bangun pagi? Pahami manfaat bangun pagi bagi tubuh dan apa saja dampak ketika bangun siang bagi kesehatan. Jika sudah menegetahui manfaatnya maka anda akan memiliki motivasi agar bangun pagi.

4. Jangan Sentuh Snooze Alarm 
Banyak orang menggunakan alarm sebagai cara jitu bangun pagi, namun tidak jarang juga kita dapatkan orang yang meskipun sudah menggunakan alarm tetap saja masih susah bangun pagi. Mengapa demikian?

Alasanya adalah ketika alarm berbunyi maka mereka hanya akan bangun menekan tombol snooze kemudian tidur kembali, jadi bagi anda yang ingin bangun pagi usahakan untuk menyimpan jam beker sedikit jauh dari jangkauan anda agar anda benar-benar bangun dari tidur bukan hanya bangun mematikan snooze alarm.

5. Berolahraga 
Cara agar bangun pagi tidak mengantuk adalah dengan meningkatkan kualitas tidur agar anda tidak susah bangun pagi dan disarankan untuk rutin melakukan olahraga. Pilihlah olahraga ringan seperti jogging, berenang atau berjalan santai di sekitaran halaman rumah.

Beberapa orang melakukan olahraga di malam hari yang mestinya dilakukan pada pagi hari, karena pada saat berolaharaga di malam hari tubuh akan menjadi terlalu bersemangat dan jauh lebih sulit untuk tidur nyenyak. Maka berolahgaralah pada pagi hari agar membantu anda tidur nyenyak di malam hari.

6. Matikan seluruh lampu/cahaya sebelum tidur 
Mematikan lampu ketika tidur adalah sunnah bagi umat muslim, dan tentu saja kemudahan anda bangun pagi akan tergantung pada waktu tidur anda di malam hari. Untuk itu cobalah mengurangi aktivitas di depan layar seperti menonton Tv, pengunaan laptop, dan Hp secara berlebihan ketika hendak akan tidur.

Tentu saja cahayanya akan berpengaruh terlebih anda yang terlalu keasyikan main hingga lupa waktu tidur. Jika malam hari anda lebih menghabiskan waktu dan begadang didepan layar maka pagi hari anda akan mengalami kesulitan untuk bangun pagi. Tidak hanya itu jika anda ingin tidur maka matikan lampu sebagai salah satu kiat praktis agar bangun pagi.

7. Jangan Minum Kopi 
Sudah tidak menjadi rahasia lagi, bahwa kopi sering di konsumsi orang-orang dengan tujuan agar tidak mengantuk. Karena kandungan kafein yang tinggi pada kopi yang membuat jantung berdetak lebih kuat dari biasanya.

Namun pada kondisi tertentu kopi malah membuat kita menjadi sulit tidur, dan bisa di pastikan ketika anda tidur terlambat maka akan susah untuk bangun pagi tepat waktu. Maka bagi anda yang sulit bangun pagi cobalah untuk mengurangi atau tidak mengonsumsi kopi atau sesuatu yang mengandung kafein secara berlebihan agar semangat bangun pagi.

8. Tidur Siang Seperlunya 
Ketika melakukan aktivitas, tentunya tidur siang akan menjadi salah satu alternatife untuk menghilangkan atau mengurangi rasa lelah, selain sunnah tidur siang juga bagai nge-charge tubuh. Namun hati-hati jangan sampai keenakan, jika tidur siang terlalu lama maka malam akan lebih melek dan bahkan susah untuk tidur. Tidur siang cukup 15 menit atau 20-30 menit saja.

9. Menata Ruangan/ Tempat Tidur 
Ada banyak cara agar kualitas tidur anda terjaga, salah satunya menata ruangan atau tempat tidur sehingga menjadi lebih nyaman. Karena tidur yang nyaman adalah kunci tidur yang berkualitas dan membuat anda menjadi lebih mudah bangun pagi tetap waktu.

Misanya dengan merapihkan kasur atau tempat tidur, pastikan tidak ada nyamuk, jika anda merasa kepanasan bisa menggunakan AC atau kipas angina, membuka jendela atau mencari cara lain sesuai dengan kenyamanan anda, jika kedinginan pakailah selimut atau cara lain dan masih banyak lagi.

10. Meminta Orang Lain 
Setelah melakukan semua cara displin bangun pagi namun belum berhasil anda bisa meminta bantuan orang lain untuk membangunkan anda, entah orang tua, kakak, adik, atau orang lain yang bisa membangunkan anda tepat waktu agar tidak kesiangan lagi.

Karena tidak menutup kemungkinan, alarm tidak akan mempan apalagi anda yang sangat susah bangun pagi, namun disisi lain jangan menyepelekan fungsi dari alarm. Dan agar lebih optimal, anda mungkin bisa memberikan izin kepada orang lain untuk membangunkan anda dengan cara yang unik atau cara mereka sendiri, misalnya dengan memercikan air pada wajah anda, menarik selimut, guling atau dengan cara lain yang pastinya bisa membangunkan anda.

Itulah cara agar bangun pagi tepat waktu, semoga artikel tentang 10 Cara Agar Bisa Bangun Pagi Tepat Waktu, bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "10 Cara Agar Bisa Bangun Pagi Tepat Waktu"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel