Wednesday, 8 August 2018

7 Prospek Kerja Lulusan PGSD

Tags
7 Prospek/peluang Kerja Lulusan PGSD_ Hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan pilihan jurusan saat akan kuliah adalah mencari tahu prospek kerja jurusan tersebut setelah selesai kuliah. Pemilihan jurusan kuliah yang tepat berkontribusi besar untuk mengantarkan anda untuk mencapai apa yang anda impikan.



Bukan rahasia lagi jika saat ini persainngan untuk mendapatkan pekerjaan cukup ketat, sehingga anda dituntuk untuk berpikir cerdas dalam memilih jurusan kuliah yang memang meiliki peluang kerja yang menjanjikan.

Baca juga: 9 Tips Cara Agar Sukses Kuliah Sambil Kerja

Dalam artikel ini saya akan sedikit mengulas peluang kerja lulusan PGSD atau pendidikan guru sekolah dasar. Berdasarkan pengamatan saya saat ini banyak orang yang memilih jurusan PGSD saat kuliah. Memangnya apa saja prosepek kerja bagi lulusan PGSD? berikut ulasannya.

7 Prospek Kerja Untuk Lulusan PGSD

1. Menjadi Guru PNS
Namanya juga jurusan PGSD, ujung-ujungnya mahasiswa kan digembleng untuk menguasai skill dan komptensi untuk menjadi guru. Lulusan jurusan PGSD nantinya jika memilih berkarier sebagai guru maka akan ditempatkan sebagai guru SD karena linear dengan jurusannya.

Yang perlu anda ketahui formasi/penerimaan PNS khusus untuk guru selalu menempatkan kuota guru SD yang terbanyak, sehingga hal tersebut bisa menjadi kelebihan tersendiri bagi lulusan jurusan PGSD jika ingin berkarier sebagai abdi negara/PNS.

2. Menjadi Guru Swasta
Selain menjadi guru yang berstatus PNS, lulusan jurusan PGSD juga bisa bekerja/mengabdi sebagai guru di lembaga swasta. Saat ini jumlah sekolah swasta sangat banyak dan kebutuhan akan guru kelas juga banyak sehingga membuka peluang bagi lulusan PGSD untuk mendapatkan pekerjaaan.

Jika berbicara masalah gaji, maka lembaga swasta menawarkan gaji yang berbeda bagi para guru SD, jadi anda tinggal mencari informasi saja tentang besaran gaji yang ditawarkan di sekolah-sekolah swasta yang ingin anda tempati mendaftar.

3. Membuka bimbel (bimbingan belajar)
Kalian sudah pasti tahu jika jumlah murid SD sangat banyak ketimbang jumlah siswa SMP dan SMA. Sebagai alumni jurusan PGSD anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka lembaga bimbingan belajar bagi siswa-siswa SD.

4. Menjadi GGD (guru garis depan)
Dari akronimnya saja kita sudah tahu bahwa guru GGD ditugaskan di daerah terdepan atau di daerah-daerah yang terluar, terjauh dan tertinggal (walau sebenarnya tidak semua guru GGD ditempatkan di wilayah tersebut).

Jika anda memiliki jiwa totalitas dan komitmen sebagai pendidik, maka peluang ini bisa anda manfaatkan. Apakah ada formasi/lowongan bagi lulusan PGSD? sudah pasti ada, dan rata-rata lulusan PGSD yang banyak di terima. Jadi anda tak perlu khwatir, anda hanya perlu mempersiapkan mental dan keyakinan anda jika memang ingin berkarir sebagai guru GGD.

5. Menjadi guru SILN
SILN adalah singkatan dari sekolah indonesia luar negeri, jadi tugas anda jika menjadi guru SILN adalah mendidik anak-anak indonesia yang berdomisili di luar negeri. Untuk masalah gaji anda tak perlu khwatir, guru SILN biasanya memiliki standar gaji yang tinggi (10 jutaan ke-atas).

Lantas hal apa yang mesti dipersiapkan untuk jadi guru SILN? salah satu hal yang mesti anda kuasai saat menentukan pilihan untuk jadi guru SILN adalah mengusai atau minimal mampu berbahasa inggris.

6. Menjadi Pegawai Bank
Lulusan PGSD juga bisa berkarir sebagai pegawai bank, tapi saya sendiri menyarankan jika masih ada pekerjaan lain selain sebagai pegawai maka lebih baik anda memilih pekerjaan tersebut. Mengapa saya menyarankan untuk tidak bekerja sebagai pegawai bank?

Hal tersebut karena takutnya nanti anda terlibat dalam RIBA. Apa itu riba? anda bisa googling sendir dan mencari apa itu riba melalui internet.

7. Mendirikan Yayasan
Sekali-kali buatlah gebrakan baru, jangan berpikir anda hanya bisa menjadi karyawan atau abdi negara saat lulus kuliah. anda bisa membuka sekolah (yayasan) yang anda kelola sendiri. berbicara masalah kompetensi maka tak diragukan lagi jika anda adaah lulusan PGSD maka pasti anda memiliki skill dalam mendidik dan mengajar siswa.

Anda hanya perlu mencari teman untuk join dan memiliki visi misi yang dengan anda untuk memulai mendirikan yayasan (sekolah swasta). saya yakin kalian pasti bisa Guys.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon