Sunday, 17 June 2018

Biaya Penyusunan Skripsi dan Biaya Ujian Skripsi

Biaya Penyusunan Skripsi dan Ujian Skripsi_ Skripsi adalah tugas akhir mahasiswa strata satu (S1) untuk meraih gelar sarjana, biasanya mata kuliah skripsi memiliki bobot 4 SKS, bisa dibilang memiliki point yang berpengaruh pada nilai IPK mahasiswa yang bersangkutan.

Biaya Penyusunan Skripsi dan Biaya Ujian Skripsi
source: jadiberita.com
Skripsi sendiri memiliki beberapa tahapan dan dalam setiap tahapan memerlukan biaya penyusunan dan ujian skripsi, apa saja tahapan dalam penyusunan skripsi sampai dengan ujian tutup dan berapa biaya yang dibutuhkan, berikut ulasannya

Tahapan Penyusunan dan ujian skripsi beserta biayanya

Pengajuan judul proposal
Dalam pengajuan judul skripsi, mahasiswa biasanya akan diminta membuat 3 judul skripsi yang akan diteliti (pastinya judul yang dipilih berdasarkan masalah real yang ada di lapangan), dari ketiga judul skripsi yang dipilih nantinya dosen pembimbing akan menentukan satu judul yang harus diteliti mahasiswa yangbersangkutan.

Baca juga:10  Cara mudah agar skripsi selesai tepat waktu

Dalam tahapan ini belum dibutuhkan biaya, adapun biaya yang mungkin anda harus keluarkan adalah biaya untuk transportasi untuk konsultasi dengan dosen pembimbing seputar judul yang di ajukan.
Penyusunan proposal skripsi

Setelah ada judul skripsi selanjutnya  akan dilakukan penyusunan proposal yang terdiri dari
BAB 1 Pendahuluan
BAB II Pembahasan
BAB III Metodologi penelitian

Dalam tahapan ini biaya yang dibutuhkan situasional, tergantung mahasiswa yang bersangkutan, hal yang dibutuhkan dalam penyusunan proposal skripsi adalah buku refrensi terkait judul skripsi yang anda pilih.

Minimal anda bisa membeli buku refrensi sebanyak 5- 10 buah (biaya membeli buku bisa mencapai 500 ribu Catatan: ini berupa prediksi penulis, bisa lebih bisa kurang). Jika anda tidak mau keluar biaya untuk buku maka penyusunan proposal bisa dilakukan di perpustakaan kampus, selain hemat ada banyak refrensi yang bisa anda temukan berupa buku, jurnal, skripsi, tesis.

Dan biaya selanjutnya adalah biaya print, jika tidak mau repot bolak-balik ke tempat print anda bisa membeli print yang harganya 500 ribu sampai 1 juta, semua tergantung merk print yang anda beli. Jika anda membeli print otomatis biaya yang mesti anda keluarkan adalah biaya untuk membeli kertas dan jilid proposal (Mungkin hanya sekitar 100 ribuan). Jumlah proposal yang biasanya harus diprint adalah 5 rangkap, dua untuk dosen pembimbing, dua untuk dosen penguji dan satu untuk pegangan anda.

Jika anda memilih untuk ngeprint di tempat print, berikut kalkulasinya: Jumlah lembaran proposal bisa mencapai 50 sampai 100 lembar (catatan: jumlah tersebut hanya prediksi penulis bisa lebih bisa kurang), jika untuk mengeprint biasannya di banderol 500 rupiah per-lembar.

Jika jumlah halaman proposal anda 50 lembar maka anda tinggal kalikan 50X500= 25000 ribu, karena anda harus mengeprint sebanyak 5 rangkap maka 2.5000X5= 125 ribu ditambah dengan biaya jilid proposal perbuah sekitar 10-20 ribu maka kita ambil saja angka tertinggi yakni 20 ribu, jadi 5x20= 100 ribu. Jadi jika mau dikalkulasi kemungkinan dalam penyusunan proposal anda butuh biaya sebanyak 500 ribu (kemungkinan biaya tertinggi)

Ujian proposal Skripsi
Dalam ujian proposal skripsi sebagian kampus tidak memungut biaya pendaftaran ujian proposal, namun sebagian kampus juga memungut biaya untuk pendaftaran tapi kemungkinan paling mahal adalah 200 ribu. (catatan: ini hanya prediksi penulis saja) setiap kampus memiliki aturan yang berbeda.

Penelitian Skripsi dan biayanya
Selanjutnya setelah selesai ujian proposal dan proposal anda dinyatakan lulus dan berhak untuk dilanjutkan pada tahap penelitian, dalam proses penelitian biaya sangat tergantung dari penelitian yang anda lakukan, jadi penulis tidak bisa mengkalkulasi biaya yang anda butuhkan dalam tahap ini (catatan: dalam tahap ini siapkan saja uang sebesar 300-1 juta rupiah)

Ujian Hasil skripsi
Jika anda membeli print otomatis biaya yang mesti anda keluarkan adalah biaya untuk membeli kertas dan jilid proposal (Mungkin hanya sekitar 200 ribuan). Jumlah proposal yang biasanya harus diprint adalah 5 rangkap, dua untuk dosen pembimbing, dua untuk dosen penguji dan satu untuk pegangan anda.

Jika jumlah halaman skripsi anda 150 lembar maka anda tinggal kalikan 150X500= 75000 ribu, karena anda harus mengeprint sebanyak 5 rangkap maka 7.5000X5= 375 ribu ditambah dengan biaya jilid proposal perbuah sekitar 10-20 ribu maka kita ambil saja angka tertinggi yakni 20 ribu, jadi 5x20= 100 ribu. Jadi jika mau dikalkulasi kemungkinan dalam penyusunan proposal anda butuh biaya sebanyak 700 ribu (kemungkinan biaya tertinggi).

Untuk biaya pendaftaran ujian hasil skrpisi sediakan saja uang sebanyak 200 ribu (catatan: untuk kampus negeri biasanya tidak memungut biaya pendaftaran ujian), jadi total biaya print (jika menggunakan sewa print) kemungkinan 800 ribu

Ujian Meja/Ujian tutup skripsi. 
Sama halnya dengan ujian hasil, ujian tutup juga membutuhakan dana sekitar 800 ribu, dalam ujian tutup ini akan menjadi penentu nilai apa yang anda dapatkan untuk skripsi anda, tergantung seberapa mampu anda mempertahankan skripsi anda di hadapan dosen penguji dan pembimbing skripsi

Berdasarkan kalkulasi biaya pengeluaran skripsi maka ada dua hasil yang bisa diperoleh yakni jika anda menggunakan print pribadi dan sewa print
Jika menggunakan print pribadi maka biaya yang dibutuhkan berkisar 2-3 jt (temasuk biaya pembelian print).

Jika menggunakan jasa sewa print maka biaya yang dibutuhkan berkisar 3-4 jt.
Tulisan di atas hanya berupa kalkulasi/hitungan pribadi oleh penulis yang berkaitan dengan biaya skripsi, bisa jadi biayanya menjadi lebih besar atau lebih kecil.

Perhatian: tulisan ini hanya bertujuan untuk membantu anda dalam melakukan kalkulasi/hitung-hitungan untuk memprediksi biaya penyusunan skripsi yang anda butuhkan, semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda.

Catatan: Skripsi adalah karya monumental seorang mahasiswa, jadi jangan pernah berpikir untuk membayar oranglain untuk membuatkan anda skripsi, jadilah mahasiswa yang idealis yang bisa mempertanggungjawabkan keilmuan anda.

similar search: rincian biaya skripsi, biaya skripsi s1, biaya skripsi dan wisuda, biaya pengeluaran skripsi, biaya sidang skripsi, biaya pendaftaran sidang skripsi, biaya ujian skripsi, biaya pembuatan skripsi

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon