Tuesday, 25 April 2017

9 Cara Mengatasi Anak Yang Malas ke Sekolah

Tags
9 Cara Mengatasi Anak Yang Malas ke Sekolah _ Menuntut ilmu di sekolah bukan lagi menjadi sebuah kewajiban, namun lebih dari itu menuntut ilmu sudah menjadi kebutuhan bagi setiap anak. Menuntut ilmu sejak usia dini sangat penting agar dengan ilmu yang didapatkan bisa bermanfaat untuk anak tersebut kelak. Selain itu dengan bersekolah anak-anak juga bisa mengisi waktunya melakukan berbagai hal positif bersama teman-temannya.

9 Cara Mengatasi Anak Yang Malas ke Sekolah

Kebanyakan anak suka dan ceria ketika ke sekolah karena ada banyak hal menarik yang bisa mereka lakukan, mulai dari bermain, belajar, bercanda dan tertawa riang gembira bersama teman-temannya. Akan tetapi tak sedikit anak yang justru malas pergi ke sekolah. Entah apa yang memicu seorang anak sehingga malas ke sekolah, namun kemungkinan besar penyebab seorang malas ke sekolah memiliki alasan yang berbeda.

Anak yang malas pergi ke sekolah bisa menjadi masalah tersendiri bagi orangtua dan gurunya, orangtua yang mengharapkan anaknya bisa menjadi pribadi yang cerdas harus mengelus dada melihat realita, bahwa anaknya malas ke sekolah dan tidak hanya sampai disitu, guru juga akan kesulitan dalam menangani anak yang malas ke sekolah karena sudah dapat dipastikan anak tersebut akan tertinggal banyak materi pelajaran yang telah diajarkan. Sehingga kemungkinan anak yang malas kesekolah akan memiliki prestasi yang kurang memuaskan.

Jadi bagaimana tips mengatasi anak yang malas ke sekolah agar bisa lebih bersemangat dan rajin ke sekolah? Berikut ulasan tentang 9 Cara mengatasi anak yang malas ke sekolah

9 Cara Mengatasi Anak Yang Malas ke Sekolah

1. Menemani akan ke sekolah
Pendampingan anak dirasa cukup perlu untuk dilakukan oleh orang tua, apalagi jika kegiatan sekolah anak masih dalam fase awal-awal terdaftar sebagai peserta didik di sekolahnya. Biasanya anak yang masih beberapa waktu menjadi peserta didik masih merasa malu dan canggung untuk bergaul dengan teman-temannya, apalagi jika anak terkait memang memiliki karakter yang pemalu.

Karakter anak yang pemalu, canggung dan tidak pandai bergaul bisa menjadi penyebab anak tersebut malas ke sekolah sehingga cukup disarankan bagi orang tua untuk menemani anak tersebut ke sekolah sampai anak tersebut mulai bisa akrab dan pandai bergaul dengan teman-temannya.

Namun hindari untuk selalu menemani anak ke sekolah setiap hari karena perlakuan yang demikian bisa membuat anak menjadi cengeng dan selalu bergantung kepada anda sebagai orang tua, sehingga karakter mandiri sulit muncul dalam pribadi anak.

2. Sharing dengan anak
Tips selanjutnya yang bisa anda coba lakukan untuk mengetahui perihal kenapa anak  anda menjadi malas ke sekolah yakni dengan menanyakan langsung kenapa anak. Mulailah bertanya dengan bahasa yang sederhana dan lemah lembut, sembari berharap anak tersebut mau menceritakan dengan terbuka penyebab kenap dia malas ke sekolah.

Karena terkadang sebagian orang tua langsung memarahi, menghukum dan menjustice anak tersebut tanpa mencoba mengetahui terlebih dahulu duduk perkara yang menyebabkan anak malas ke sekolah, sikap yang demikian dirasa kurang bijak.

Jadi sebaiknya anda melakukan dialog atau diskusi dengan anak anda sehingga pemicu/penyebab anak menjadi malas ke sekolah. Setelah mengetahui penyebaba anak ke sekolah maka langkah selanjutnya adalah memilih metode/tips/cara yang bisa membuat anak tersebut kembali mau bersekolah.

3. Konsultasi dengan guru atau kepala sekolah.
Tips selanjutnya yang tak kalah ampuh untuk mengatasi anak yang malas ke sekolah adalah dengan konsultasi dengan guru kelas atau kepala sekolah dimana anak tersebut sekolah, karena guru biasanya memiliki informasi seputar pribadi, kebiasaan, perilaku anak ketika berada di sekolah sehingga bisa dengan cepat mengetahui penyebab anak malas sekolah.

Bisa jadi anak anda malas ke sekolah karena gurunya yang terlalu galak, suka memberi banyak tugas, diskriminatif dll. Sehingga tidak ada salahnya anda juga menasehati guru kelas yang mengajar agar lebih professional dalam mengajar.

4. Meminta bantuan teman kelasnya
Sebagian kasus yang menyebabkan anak malas ke sekolah adalah karena sering dibully oleh teman-temannya, baik dalam bentuk kekerasan fisik, dalam bentuk perkataan yang menghina dan lain-lain, sehingga anak merasa tidak nyaman ketika berada di sekolah.

Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa bertemu dengan teman-teman kelasnya, lalu menasehati agar mau berteman dengan anak anda dan minta untuk tidak membully anak anda, tapi coba sampaikan dengan cara yang bersahabat, agar siswa yang suka mengejek anak anda mau mendengar perkataan anda, itupun jika hal tersebut yang memang menjadi penyebab anak anda malas ke sekolah.

5. Janjikan untuk memberi hadiah
Salah satu metode yang sangat efektif untuk menumbuhkan semangat anak termasuk dalam menumbuhkan semangat/motivasi anak untuk bersekolah adalah dengan menjanjikan anak anda hadiah, misalnya menjanjikannya untuk membelikan dia mainan yang paling dia sukai dengan syarat harus rajin ke sekolah atau bisa juga dengan menjanjikan untuk mengajaknya pergi berlibur ke tempat yang dia sukai.

Dengan menerapkan cara tersebut kemungkinan besar anak anda akan lebih rajin untuk ke sekolah karena berharap apa yang anda janjikan kepadanya bisa segera terpenuhi.

6. Beri uang jajan yang cukup
Kebiasaan anak yang kurang komunikatif apalagi anak yang masih duduk di Sekolah dasar membuat orangtua menjadi bingung dan sulit mengetahui perihla kenapa anaknya menjadi malas ke sekolah. Salah satu yang bisa menjadi penyebab anak anda menjadi malas ke sekolah adalah uang jajan yang diberikan kepadanya kurang/tidak cukup, namun anak terkadang takut/malu untuk mengatakan kalau uang jajan yang selama ini yang selalu diberikan kepadanya kurang.

Alhasil efek yang paling nyata dari keadaan tersebut adalah anak menjadi kurang bersemangat untuk pergi ke sekolah, apalagi jika teman-temannya yang lain, selalu mempunyai uang jajan yang cukup/banyak, bisa jadi hal tersebutlah pemicu utama sehingga membuat anak tersebut menjadi malu dan minder dengan keadaanya sendiri.

7. Belikan peralatan sekolah yang menarik
Agar anak anda lebih semangat sekolah maka tidak adala salahnya anda membelikan anak anda perlatan sekolah yang bagu dan menarik, misalnya tas yang bergambar tokoh-tokoh favoritnya, buku baru, baju sekolah, celana dan sepatu baru. Hal tersebut setidaknya bisa menumbuhkan motivasi anak untuk rajin ke sekolah.

Namun jangan memaksakan keuangan anda, jikalau memang anda tidak sanggup membelikan anak anda peralatan sekolah yang menarik maka sebaiknya ceritakan keadaan sebenarnya bahwa uang anda kurang sehingga anak bisa lebih mengerti.

8. Menasehati anak betapa pentignnya.
Usia kanak-kanak pada hakikatnya belum memahami sepenuhnya apa tujuan sekolah. Maka dari itu sebagai orang tua yang bijak, cobalah nasehati anak anda tentang tujuan dan manfaat sekolah bagi dirinya, agar anak tersebut sadar bahwa bersekolah akan bermanfaat untuk dirinya sendiri dan orang lain.

9. Menghukum anak
Menghukum adalah cara terakhir yang bisa coba anda lakukan ketika anak anda benar-benar malas ke sekolah, namun hindarkan memberi hukuman dalam bentuk kekerasan fisik, karena bukannya menjadi lebih baik, anak bisa jadi semakin malas ke sekolah atau bahkan anak tersebut mulai membenci anda.

Jadi hukuman yang paling tepat adalah hukuman yang mendidik, misalnya dengan mengurangi uang jajan anak, membershikan sendiri tempat tidurnya, menyapu di pekarangan dan lain-lain.

Demikianlah 9 Cara mengatasi anak yang malas ke sekolah. Pilihlah metode-metode yang memang sesuai dengan gejala/penyabab anak anda malas ke sekolah agar hasilnya lebih maksimal.

1 komentar so far

BASI, semua itu sudah saya lakukan terhadap anak saya, tapi tetap saja tidak berhasil

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon