Wednesday, 21 December 2016

5 Cara Memulai Binis Baju Online Dan Offline

Tags
5 Cara Memulai Binis Baju Online Dan Offline

5 Cara Memulai Binis Baju Online Dan Offline_ Ada banyak jenis bisnis yang lagi trend akhir-akhir ini baik melalui bisnis online maupun bisnis offline. Salah satu bisnis yang selalu memiliki prospek yang menjanjikan dan tidak ada matinya adalah bisnis baju

Kenapa bisnis baju memiliki pansah pasar yang luas dan cenderung memiliki banyak peminat? hal itu karena baju merupakan kebutuhan primer manusia, dimanapun dan kapanpun selalu membutuhkan benda ini dalam aktivitasnya, selain itu baju termasuk benda yang tahan lama tidak seperti makanan yang hanya bisa bertahan dalam hitungan hari.

Di zaman modern seperti saat ini baju sudah menjadi sebuah fashion, sebagian orang berloma-lomba membeli produk baju baru yang lagi trend demi memenuhi kebutuhan fashionnya. hal ini mejadi sebuah peluang bisnis yang banyak dimanfaatkan oleh para pelaku usaha. bagaimana cara memulai bisnis baju baik secara online maupun offline (konvensonal) ? berikut beberapa ulasannya.

5 Cara memulai bisnis baju Offline/manual (konvensional)
  
Untuk memulai bisnis baju secara offline atau secara konvensional yang pertama yang harus dilakukan adalah:

1. Memilih mitra produk (suplier produk)
Dalam melakukan bisnis baju sebaiknya anda mencari produsen baju yang murah dan enak diajak kerjasama selain itu yang bisa memberi diskon ketika anda memesan baju dalam jumlah banyak hal ini bertujuan agar peluang jumlah keuntungan yang anda bisa peroleh lebih besar.

2. Menentukan jenis pembayaran
Daam memilih bisnis baju anda bisa memilih apakah menjadi dropship atau anda hanya menjual baju orang lain kemudian me-mark up harganya atau menaikkan harganya ke-level yang bisa memberi anda cukup untung atau bisa langsung membeli baju dari produsen secara cash atau langsung bayar. 

3. menentukan lokasi penjualan
menentukan lokasi penjualan adalah hal yang sangat urgent karena pemilihan lokasi penjualan akan menentukan sukses atau tidaknya bisnis baju anda. usahakan memilih tempat jualan yang strategis dan ramai. 

3. Menganalisa saingan bisnis
Hal yang mesti diperhatikan dalam memulai bisnis jual baju secara konvensional adalah melihat dan mengamati para pesaing bisnis yang berada di dekat lokasi anda menjalankan bisnis, apa-apa keunggulan dan kelemahan saingan bisnis bisa menjadi refrensi dan pembelajaran dalam  memulai bisnis jual baju anda

4. Jenis baju yang akan dijual
Dalam menjalankan bisnis baju ada dua pilihan yang bisa dicoba yakni menjual baju yang beragan seperti baju anak-anak, dewasa, perempuan, laki-laki dll atau anda bisa memilih menjual baju satu jenis/kategori misalkan anda hanya fokus menjual produk baju anak, perempuan, laki-laki, busana muslim, batik dll. 

Kelebihan menjual baju dengan banyak jenis adalah pembeli memiliki banyak pilihan untuk membeli barang anda sementara kelebihan menjual baju satu jenis/kategori adalah toko anda akan lebih terkenal di konsumen sebagai toko yang menjual baju tertentu.

5. menentukan strategi bisnis
Dalam melakukan bisnis baju ada dua jenis strategi penjualan yang bisa diterapkan. strategi pertama adalah anda bisa menjual baju (pcs) dengan harga tinggi agar anda bisa mendapat keuntungan tinggi. strategi kedua adalah anda bisa menjual baju dengan harga murah dengan keuntungan sedikit namun bisa membuat pembeli suka berbelanja di toko anda. yang mana lebih baik? 

Sebaiknya memilih strategi kedua yaitu menjual baju dengan harga murah dengan keuntungan sedikit, kelebihannya adalah pembeli atau konsumen merasa senang berbelanja di toko anda dan akan menceritakan kepada rekan/temannya jika harga baju di toko anda sangat murah akhirnya akan ada banyak yang akan menjadi pelanggang toko anda dan akhirnya keuntungan yang sedikit namun dikali banyaknya pembeli membuat keutungan anda akhirnya menjadi besar.

Nah itulah beberapa cara memulai bisnis baju secara konvensional (offline). selanjutnya kita akan melanjutkan ulasannya dengan membahas cara memulai bisnis baju dengan cara online.

Cara memulai bisnis baju Online / (online shop)

Untuk memulai bisnis baju Online / (online shop) yang pertama yang harus dilakukan adalah:

1. Kenali seluk beluk dunia internet (online)
Modal pertama yang anda harus miliki jika memiliki niat berbisnis online adalah keahlian dalam mengoperasikan PC atau gagdet (andriod/ios) yakni bagaimana cara mengakses internet, atau aplikasi yang berkaitan dengan internet.

Hal ini sangat penting karena proses transaksi anda dan produk baju yang anda akan jual melalui perantara internet atau secara online. jika anda sudah mahir menggunakan PC atau gagdet berarti itu sudah menjadi modal penting yang anda miliki dalam memulai bisnis baju secara online.

2.Menganalisa data penjualan baju di internet
Langkah kedua adalah menganalisa jenis produk baju yang laris manis melalui bisnis online
ada beberapa langkah uutk mengetahui jenis baju yang banyak diminati oleh para konsumen melalui media online yaitu:

- Buka situs lazada, oxl, tokopedia dan situs lainnya pilihlah salah satu jenis baju dan lihat melalui situs tersebut dan lihat berapa kali barang itu dilhat dan lihat juga berapa kali barang tersebut dijual belikan. jika frekuensi jual beli satu barang tinggi maka kemungkinan baju tersebut memiliki banyak peminat.

-Analisa data penjualan beberapa toko online dan review produk yang banyak laku terjual di toko online tersebut.

-Menggunakan google keyword planner. anda hanya perlu membuka situs pencarian google. ketikan sebuah jenis baju dan anda bisa melihat statistik barang tersebut baik dalam jangka waktu satu minggu, bulan dan tahun. data yang berasal dari google biasanya cukup akurat dan bisa menjadi data awal dalam menentukan jenis baju yang akan dijual melalui online.

-Analisa penjualan baju melalui google trend, data dari google trend biasanya menampilkan jenis barang yang sedang booming atau lagi trend.

3. Menganlisa jenis dan kualitas baju yang akan dijual
Kualitas baju menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap permintaan konsumen terhadap produk bisnis baju yang anda tawarkan oleh karena itu penjual terlebih dahulu harus menguasai kualitas baju yang akan dipasarkan melalui media online, biasanya ada tiga jenis kualitas baju yang bisa dijual mulai dari kualitas rendah, menengah, tinggi. 

Namun dalam menjalankan bisnis sebaiknya anda mengutamakan kualitas barang agar pembeli merasa puas dengan barang atau baju yang anda jual. 

4. Memilih teknik bisnis baju online
Ada beberapa cara dalam melakukan bisnis baju online yang pertama adalah anda membeli langsung barangnya kemudian memasarkannya melalui internet atau media online bisa juga melalui sosial media. 

Kedua anda menjalin afiliate dengan situs penjual baju yaitu dengan cara anda menjadi member disitus afiliate tersebut kemudian anda mengambil download stock foto-foto baju yang ada di situs afiliate tersebut kemudian memasarkannya di internet atau media sosial yang anda miliki

Jika menjalin afiliate anda tidak perlu modal sama sekali anda hanya perlu memasarkannya melalui media online atau internet dan jika ada yang pesan baju yang anda promosikan maka anda hanya perlu memesangkan pelanggang tersebut ke situs afiliate yang anda ajak kerjasama, harganya bisa anda mark up atau naikkan, misalkan harga baju yang dipesan 50 ribu maka anda bisa naikkan menjadi 70 ribu namun biasanya situs afiliate juga akan memberi bonus kepada anda jika berhasil menjual produknya. 

Juga bisa langsung mengambil foto-foto baju disitus toko online seperti lazada, tokopedia, bukalapak kemudian catat berapa harganya kemudian anda tinggal promosikan secara online baik melalui website, fb, bbm, line dll.

5. Memasarkan produk melalui media online
Dalam memsarkan produk melalui media online ada banyak pilihan yang bisa anda lakukan misalkan anda memasarkan produk baju anda melalui blog/website, facebook, twitter, instagram. agar baju yang anda jual bisa memiliki potensi tinggi agar bisa laris manis maka usahakan perbanyak teman di media sosial. 

Karena semakin banyak orang yang melihat produk anda kemungkinan besar untuk terjual semakin besar. upload foto-foto produk baju anda di facebook atau buat fanspage di facebook bisa juga membuat group jual beli online.

Begitupun dengan media sosial lainnya harus anda gunakan dan maksimalkan untuk mempromosikan produk baju anda sehingga produk baju anda bisa laris manis.
 
Demikianlah 5 Cara memulai Binis Baju Online Dan Offline yang bisa anda coba praktikan dan kunci dalam berusaha adalah sabar dan telaten dalam membangun bisnis online karena semua butuh proses jadi anda mesti konsisten dan terus berusaha agar bisnis online anda bisa berkembang pesat.

Admin juga merekomedasikan jika anda ingin punya lebih banyak refrensi tentang peluang bisnis online yang potensial dengan modal terjangkau namun hasil yang menjanjikan, anda bisa membaca artikel berikut ini: (Baca juga: Peluang Bisnis Online)

1 komentar so far

harus coba nih bisnis yang disaranin, thank you mas gan

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon