Tuesday, 27 December 2016

17 Cara Agar Sukses Menghadapi UN Dan UASBN

17 Cara Agar Sukses Menghadapi UN Dan UASBN serta bisa lulus 100%_ Bagi adik-adik yang sudah duduk kelas 3 ataupun yang masih duduk di kelas 1 dan 2, hal yang cukup banyak menyita waktu disaat akhir semester 2 adalah persiapan menghadapi ujian nasional atau biasa disebut UN dan bagi siswa kelas 1 dan 2 juga sibuk untuk menghadapi ujian akhir sekolah.


17 Cara Agar Sukses Menghadapi UN Dan UASBN

Namun format baru dalam pelaksanaan ujian akhir sekolah dan nasional mengalami sedikit perubahan, jika selama ini adik-adik melaksanakan ujian nasional dan ujian akhir sekolah maka format Ujian yang baru menyandingkan antara UN dan UASBN. Jadi akan lebih bijak jika sebagai siswa yang akan menghadapi ujian nasional dan ujian akhir sekolah berstandar nasional mencari tahu apa-apa saja pembaharuan yang ada pada UN dan UASBN.


Untuk sukses menghadapi UN dan UASBN penulis menyarankan bagi adik-adik untuk belajar menggunakan Quipper video. Apa itu Quipper video? Quippper video adalah situs belajar online yang didalamnya terdapat Ribuan video pembelajaran yang mudah dimengerti, soal-soal UN tahun-tahun sebelumnya dan video video cara mudah menjawab soal UN.

Dan tidak hanya itu selain berbagai Soal-soal dan materi ujian nasional ada banyak kelebihan belarlannggan Quipper video termasuk soal-soal SBMPTN jika nantinya kalian akan melanjutkan kuliah. Silahkan baca: 15 Kelebihan Berlanggan dan Belajar Menggunakan Quipper Video.

Sekilas apa saja fitur dan fasilitas yang bisa adik-adik dapatkan jika berlangganan Quipper video untuk persiapan menghadapi UN dan UASBN? berikut beberapa fitur Quipper video.

1. Soal ujian nasional mulai dari tahun 2010-2016
2. Video pembelajaran lebih dari 7.000
3. Bank Soal
4. Materi dan pembahasan
5. Pembimbing untuk mebantu anda menyelesaikan tugas-tugas sekolah
6. Coach yang akan membantu anda untuk persiapan menghadapi SBMPTN
7. dan masih banyak lagi fasilitas lainnya

Biaya berlangganan Quipper video juga cukup murah, jadi tidak menguras kantong adik-adik. Saat ini ada banyak sekali siswa yang belajar menggunakan Quipper video, soalnya belajar dengan Quipper video bisa dimana saja dan kapan saja. jika anda berminat berlangganan Quipper video silahkan baca berikut caranya: Cara Mudah Mendaftar dan Berlangganan Quipper Gratis Terbaru 2018

Dan yang tak kalah pentingnya jika anda ingin berlangganan quipper video anda bisa menggunakan kode promosi quipper video agar mendapatkan diskon atau potongan harga saat mendaftar quipper video berikut : Kode promosi Quipper Video

Untuk mendapatkan diskon saat mendaftar Quipper video anda harus memiliki kode prmosi Quipper video, untuk mendapatkan kode promo Quipper video silahkan adik-adik, Telepon, SMS dan Chat melalui WhatssApp silahkan anda klik ikon whatssapp di bawah ini untuk langsung tersambung ke nomor mitra resmi Quipper video nomor di bawah ini atau hubungi nomor di bawah ini

Atau
Melaui telepon/SMS di nomor berikut: 085215375248


Admin/Mitra Quipper video akan memberikan fast respon bagi anda yang ingin mendapatkan kode promo Quipper video secara gratis

Kembali ke topik pembahasan yakni bagaimana Cara Agar Sukses Menghadapi UN Dan UASBN? Artikel ini sengaja saya buat untuk adik-adik yang akan mengikuti ujian nasional dan ujian akhir sekolah berstandar nasional.

Dalam artikel ini saya akan berbagi pengalaman cara menghadapi ujian nasional dengan mudah dan sukses, bukan untuk menyombongkan diri namun saya tidak pernah gagal dalam ujian nasional maupun Ujian sekolah. Serta sukses lulus di perguruan tinggi negeri sampai tingkat studi S2.

Sebagian anak atau siswa ketika mendekati ujian Nasional bingung dalam menentukan pola belajar apa yang sebaiknya ia terapkan. Serta sebagian siswa juga merasa kurang yakin dan percaya pada kemampuan diri ketika menghadapi ujian nasional. Untuk itu diharapkan setelah membaca artikel ini Adik-adik bisa percaya diri lulus ujian nasional dan uasbn 100℅. Pertama-tama Bagaimana sih Cara Agar Sukses Menghadapi UN Dan UASBN ? Berikut tips jitu agar bisa sukses menghadapi ujian nasional.

17 Cara Agar Sukses Menghadapi UN Dan UASBN
 

1. Gunakan analisis Swot dalam memetakan kemampuan diri. 

Analisis Swot sebaiknya digunakan sebagai metode awal dalam menentukan pola belajar yang akan dipilih dalam menghadapi ujian nasional dan uasbn. Analisis Swot sendiri berisi pertanyaan yakni: Apa kelebihan Anda, Apa kelemahan Anda, apa peluang Anda dan apa tantangan-tantangan anda.

Poin I
Apa Kelebihan yang ada pada diri anda sehingga bisa menjadi modal untuk sukses menghadapi ujian nasional dan uasbn.
 

Langkah pertama untuk mengetahui atau mencari gambaran dalam memetakan kemampuan yakni, Mulai dari mencari tahu apa kelebihan anda terkait UN dan UASBN. Misalkan cobalah analisa mata pelajaran saja yang anda sudah cukup dikuasai dan Anda merasa mampu mengatasinya serta analisa semua kelebihan yang ada pada diri anda ketika sedang menjawab ujian pada ujian-ujian senelumnya seperti kecepatan dalam menjawab soal, kemampuan berpikir, daya ingat,dll.

Poin II

Apa kelemahan anda terkait UN dan UASBN.

Setelah mengetahui apa-apa saja yang menjadi kelebihan Anda. Selanjutnya analisa apa yang menjadi kelemahan anda selama ini dalam menjawab soal ujian. misalkan menganalisa mata Pelajaran apa yang selama ini tidak terlalu Anda kuasai, kenapa anda tidak terlalu menguasai mata Pelajaran tersebut,  keteledoran apa yang biasa anda lakukan ketika menjawab soal. Dll

Poin III

Apa potensi atau peluang yang bisa anda maksimalkan

Potensi atau peluang adalah suatu hal yang bisa mendukung kesuksesan anda dalam menghadapi ujian nasional dan uasbn misalkan memiliki uang yang cukup untuk ikut bimbingan belajar, waktu yang cukup Luang untuk belajar setelah pulang dari sekolah, Teman-teman yang bisa diajak share dan berbagai informasi trik atau tips menghadapi ujian nasional dan uasbn dll

Poin IV

Apa tantangan anda yang bisa menyebabkan anda gagal dalam menghadapi ujian nasional.
Tantangan atau hambatan yang biasa dihadapi siswa yang akan menghadapi ujian nasional dan uasbn seperti malas belajar, tidak pandai memanajemen waktu, Kurangnya referensi atau soal-soal latihan menjelang ujian nasional dan uasbn, tidak terlalu mahir menggunakan komputer (UN disebagian daerah telah berbasis ICT dan menjawab soal ujian secara online)

Itulah gambaran atau cara memetakan kemampuan diri anda terkait UN dan UASBN, selanjutnya setelah mengetahui gambaran kemampuan anda, mulai dari kelebihan, kelemahan, peluang dan tantangan terkait dengan UN dan UASBN selanjutnya anda harus menentukan strategi belajar yang bisa diterapkan agar sukses menghadapi ujian nasional dan uasbn serta bisa lulus 100%.

2. Strategi belajar ampuh sukses menghadapi ujian nasional   
 

1. Manajemen waktu belajar 
Agar bisa sukses menghadapi ujian nasional maka hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah mengatur jadwal belajar, misalkan dalam sehari anda memberi porsi khusus untuk belajar pada diri anda berapa jam? Analisa waktu yang baik untuk anda belajar sehingga bisa dengan mudah menyerap pelajaran misalkan apakah belajar di waktu pagi, siang atau malam hari.

2. Menentukan teknik belajar yang efektif

Dalam rangka menghadapi ujian nasional dan uasbn sebaiknya juga menentukan teknik belajar. Teknik belajar adalah suatu cara dalam belajar sehingga Apa yang dipelajari sulit untuk dilupakan. Salah satu teknik belajar yang efektif adalah fokus untuk mempelajari materi pelajaran tertentu. 


Misalkan hari ini anda memutuskan untuk mempelajari tentang pecahan desimal maka fokuslah untuk hanya mempelajari tentang pecahan desimal tersebut sampai anda benar-benar memahaminya, mulai menjawab soal, menghapal rumus pecahan desimal dan menguasai materi pecahan desimal dll. Jangan mempelajari banyak mata Pelajaran sekaligus dalam sehari karena hal tersebut biasanya tidak efektif dan cenderung membuat anda mudah melupakan apa yang telah dipelajari.

3. Melakukan metode belajar yang bervariasi

Agar tidak mudah bosan dalam belajar apalagi ketika jadwal pelaksanaan UN dan UASBN semakin dekat, maka sebaiknya anda memperatekan metode belajar yang bervariasi misalkan metode belajar secara berkelompok bersama teman-teman yang juga akan mengikuti UN dan UASBN atau biasa juga disebut dengan metode diskusi, anda juga bisa mencoba metode tanya jawab dengan teman anda, dengan cara saling bertanya jawab soal dan materi pelajaran yang berkaitan dengan UN dan UASBN.

4. Menentukan target yang akan dicapai

Salah satu strategi yang bisa membangkitkan motivasi belajar menjelang ujian nasional dan uasbn adalah memberikan target pada diri sendiri hal yang harus dicapai sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan. Misalkan dalam jangka waktu sekian materi pelajaran matematika sudah bisa berhasil anda kuasai atau anda bisa membuat target agar bisa lulus ujian nasional dengan status nilai ujian paling tinggi dalam tingkat kabupaten atau provinsi bahkan tingkat nasional. Dengan memiliki target yang jelas maka dijamin semangat belajar Anda akan bertambah berkali-kali lipat.

5. Memaksimalkan penguasaan materi pelajaran

Hal yang yang cukup penting yang harus bisa anda lakukan adalah memaksimalkan penguasaan materi pelajaran, yakni dengan berusaha menguasai mata pelajaran yang kurang anda kuasai anda usahakan secara maksimal untuk bisa menguasainya. Dan adapun mata Pelajaran yang anda kuasai sebaiknya semakin dipermantap. 


Orang yang hendak mengikuti ujian nasional ibaratkan orang yang sedang ingin pergi menangkap ikan, ikan yang bisa anda dapatkan tergantung apa yang anda gunakan untuk menangkap ikan tersebut. Jika anda menggunakan pancing sudah bisa dipastikan hanya ikan tertentu yang bisa anda tangkap namun jika menggunakan jala maka semua jenis ikan bisa anda tangkap mulai dari ikan kecil, sedang dan besar. 

Analogi tersebut mengisyaratkan, bahwa jangan hanya kebanyakan latihan menjawab soal-soal karena jika hanya fokus memperbanyak latihan menjawab soal, maka kemungkinan soal yang bisa anda jawab dalam UN dan UASBN, hanya soal-soal yang mirip atau setipe dengan soal yang anda pelajari saat latihan. Namun jika kamu fokus menguasai materi UN dan UASBN kemungkinan besar semua tipe soal yang muncul dalam UN dan UASBN bisa anda taklukkan. Dan alangkah baiknya anda memaksimalkan antara memperbanyak penguasaan materi UN dan UASBN sembari latihan menjawab soal.

6. Mereview materi pelajaran yang pernah dipelajari

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan agar sukses menghadapi ujian nasional adalah mereview kembali pelajaran yang pernah dipelajari mulai dari bangku kelas 1 sampai kelas 3. Karena bisa dipastikan soal yang muncul dalam ujian nasional adalah materi pelajaran yang selama ini pernah anda pelajari. Jadi adalah hal bijak jika anda kembali membuka catatan catatan Anda saat mulai kelas 1 sampai kelas 3.

7. Mempelajari materi kisi-kisi UN dan UASBN

Cara terakhir agar sukses menghadapi UN dan UASBN adalah mempelajari kisi-kisi UN dan UASBN, dalam kisi-kisi UN dan UASBN terdapat materi pelajaran yang akan muncul pada ujian nasional dan ujian akhir sekolah berstandar nasional. 


Soal yang muncul dalam UN dan UASBN dibuat berdasarkan indikator yang ada dalam kisi-kisi UN dan UASBN, jadi perbanyak latihan menjawab soal sesuai dengan apa yang ada dalam kisi-kisi UN dan UASBN Walaupun soal yang muncul tidak sama persis dengan materi latihan soal UN dan UASBN namun bisa dipastikan tipe soal kemungkinan sama. 

Materi pelajaran yang tidak ada dalam kisi-kisi UN dan UASBN sebaiknya tidak dipelajari karena bisa dipastikan materi tersebut tidak akan muncul dalam UN dan UASBN.  Dan jika anda mampu menguasai sepenuhnya materi pelajaran dalam kisi-kisi UN dan UASBN maka besar kemungkinan anda akan sukses menghadapi ujian nasional dan uasbn.


Demikianlah strategi belajar yang bisa adik-adik lakukan agar bisa sukses menghadapi ujian nasional. Dan sebagai tambahan adalah anda juga perlu memahami hal-hal yang perlu di perhatikan menjelang UN dan UASBN. Adapun hal-hal yang perlu di perhatikan menjelang UN dan UASBN adalah sebagai berikut

3. Hal yang perlu di perhatikan menjelang UN dan UASBN   
 

1. Menjaga kesehatan tubuh
Hal yang tidak boleh diabaikan menjelang UN dan UASBN adalah kesehatan, kesehatan sangat berpengaruh terhadap kesiapan anda mengikuti UN dan UASBN. Jadi atur pola hidup, mulai dari istirahat yang cukup, makan makanan bergizi dll.


2. Mempersiapkan kelengkapan UN dan UASBN

Agar pada hari H atau hari pelaksanaan UN dan UASBN telah tiba dan anda tidak kerepotan lagi. mempersiapkan kelengkapan UN dan UASBN sebaiknya jauh-jauh hari sebelumnya anda sudah mempersiapkannya, mulai dari id cards peserta UN, buku cakaran, pulpen, pensil dan papan alas ujian.


3. Datang mengecek lokasi ujian

Sebaiknya beberapa hari sebelum ujian anda datang mengecek lokasi ujian, mulai dari mengetahui ruang mana yang akan anda tempati, bangku atau posisi tempat duduk anda dll.


4. Tidur yang cukup

Beberapa hari sebelum ujian nasional berlangsung usahakan untuk tidur secukupnya. Karena jika kurang tidur akan berpengaruh terhadap konsentrasi dan membuat anda kurang fokus dalam menjawab soal.


5. Meminta doa restu orang tua

Agar ujiannya bisa berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang maksimal maka alangkah baiknya jika meminta doa restu orang tua karena kesuksesan anda juga di pengaruhi oleh ridho dan doa dari orang tua.


6. Berdoa

Segala sesuatu sebaiknya diawali dengan doa dan begitu pun harus diakhiri dengan doa. Selain itu agar bisa sukses menghadapi UN dan UASBN maka perbanyaklah berdoa agar semua harapan dan cita-cita bisa terwujud.

Demikianlah 17 Cara Agar Sukses Menghadapi UN Dan UASBN, adik-adik bisa mencoba mempraktekkan agar bisa sukses menghadapi ujian nasional dan ujian akhir sekolah berstandar nasional. Semoga bermanfaat. 


Okey guys, sebagai bonus bagi anda jika ingin sukses 1000% dalam ujian nasional silahkan belajar menggunakan Quipper video, silahkan baca berbagai kelebihan belajar di Quipper video dalam mempersiapkan diri menghdapi UN: 15 Kelebihan Berlanggan dan Belajar Menggunakan Quipper Video

jika anda berminat berlangganan Quipper video silahkan baca berikut caranya: Cara Mudah Mendaftar dan Berlangganan Quipper Gratis Terbaru 2018

11 komentar

Besok USBN 흐ㅑ흐

Semangat ade' saya yakin kamu pasti bisa sukses menjawab semua soal dengan benar

Terimakasih yaa kk tips dan trik ny semoga UNBK saya lancar... aminn😊😊

sukses selalu ujiannya Dek'

real motivation for me:)

woe saya tanggal 23-26 UN masyaalloh, doakan lancar
ps:sangad termotivasi

Hari ini unbk ><

besok usbn BI nih... mohon doa restu ya min..

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon