Sunday, 15 May 2016

Anda Sarjana Namun Sampai Sekarang Belum Dapat Kerja? Mungkin inilah Penyebabnya

Tags
Anda Sarjana Namun Sampai Sekarang Belum Dapat Kerja
tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini persaingan didunia kerja semakin ketat ada begitu banyak lulusan baru atau freshgraduate yang tiap tahunnya lulus dari universitas-uiversitas ternama hal ini menjadi persaingan untuk mendapatkan kerja yang jumlahnya terbatas mau tidak mau harus terjadi.

sebuah fakta yang kemudian muncul bahwa banyak sarjana yang lulus dari suatu universitas namun akhirnya menganggur dan semakin menambah deretan pengangguran di indonesia. 
Apakah yang menjadi penyebab sehingga banyak sarjana yang justru menganggur?
dan Apakah anda juga termasuk sarjana yang sampai saat ini belum dapat kerja? 
mungkin inilah penyebabnya sehingga anda sampai saat ini belum mendapat kerja

1.mencari kerja sesuai bidang pendidikan sewaktu kuliah
memang tidak ada salahnya mencari kerja sesuai dengan bidang keahlian pendidikan anda namun bukan berarti anda begitu saja melewatkan kesempatan bekerja pada bidang yang bukan keahlian pendidikan anda. ada baiknya sembari menunggu peluang kerja dibidang yang sesuai latar belakang pendidikan anda mencoba bekerja dibidang yang lain hitung-hitung untuk mencari pengalaman baru serta mencari jaringan karena pada dasarnya perusahaan atau lembaga dalam mencari suatu karyawan tidak serta merta melihat seberapa tinggi nilai anda dan dari kampus mana anda lulus tapi melainkan pada banyaknya jaringan atau kenalan yang akan memudahkan anda dalam medapat pekerjaan maksudnya adalah anda punya kenalan tertentu disuatu perusahaan yang akan memudahkan anda diterima bekerja.

2. kurang aktif mencari informasi
Hal yang sering menyebabkan anda sampai saat ini masih menganggur walaupun seorang sarjana adalah anda kurang aktif dalam mencari informasi lowongan pekerjaan. jika mencari pekerjaan jangan menunggu informasi mendatangi anda tapi andalah yang harus lebih aktif dalam mencari informasi dimana ada penerimaan/lowongan kerja. analoginya jangan menunggu bola datang tapi andalah yang harus menjemput bola tersebut

3.gengsi
alasan lain kenapa sebagian sarjana susah dapat kerja adalah karena mereka gengsi dalam menjalani suatu pekerjaan hal ini mungkin disebabkan oleh tingkat pendidikan yang dia miliki tidak sesuai lagi dengan pekerjaan tertentu. jadi mereka fokus mencari pekerjaan yang selevel dengan latar belakang pendidikannya. namun sejatinya dalam mencari kerja tidak boleh ada kata gengsi intinya anda tidak apa-apa bekerja dari tingkatan paling bawah asalkan anda bersungguh-sungguh karir anda pasti semakin meningkat dan cemerlang. karena banyak orang yang memulai pekerjaan dari bawah namun karena kesungguhan akhirnya bisa sukses besar.

4. ingin gaji besar
salah satu penyebab banyaknya sarjana yang masih menganggur adalah mereka dalam mencari kerja lebih dahulu menanyakan gajinya. pertanyaan yang sering mereka lontarkan ketika ditawari pekerjaan adalah " berapa gajinya?". jika anda memang serius ingin bekerja urusan gaji semestinya dijadikan prioritas kedua yang mesti anda nomor satukan adalah anda harus punya pekerjaan

5.tidak ingin meninggalkan kampung halaman
orang yang sudah terlalu dekat dengan orang tua dan sudah sangat nyaman berada di kota/desanya kadang-kadang kurang memiliki motivasi untuk mencari kerja diluar daerahnya hal ini disebabkan karena mereka tak ingin terpisah jauh dari orang yang mereka sayangi jadi walaupun dia seorang sarjana jika memiliki pemikiran tersebut maka akan sulit dapat kerja.

6. masih terlalu nyaman dengan keadaanya saat ini
sebagian orang yang menganggur dan belum bekerja memang karena belum serius untuk mencari kerja karena mereka masih terlalu nyaman dengan keadaannya saat itu yang kadang masih memenuhi kebutuhannya melalui pemberian orang tuanya. jadi hal tersebut membuatnya malas cari kerja karena semua kebutuhannya masih bisa terpenuhi melalui pemberian orang tua

7.belum rezeki
jika anda bukan termasuk kedalam 6 kategori diatas maka mungkin penyebab utamanya anda belum dapat pekerjaan sampai saat ini adalah karena memang belum rezeki jadi tetap semangat dalam mencari pekerjaan dan yakinlah pasti anda akan mendapat yang terbaik dari usaha anda tersebut
7 hal yang menjadi penyebab anda belum dapat kerja sampai sekarang kendati anda adalah seorang sarjana. semoga bermanfaat.

1 komentar so far

Lagi usaha jadi blogger, semoga aja bisa sukses. Amin.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon