Saturday, 9 April 2016

PENGERTIAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERMAIN JAWABAN

A. PENGERTIAN STATEGI  PEMBELAJARAN BERMAIN JAWABAN 
Strategi pembelajaran merupakan bidang garapan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Trianto (2009: 140), mengemukakan bahwa: “strategi pembelajaran merupakan alat yang digunakan  untuk memecahkan masalah tertentu seperti tingkah laku atau tindakan yang dipakai oleh guru agar pembelajarannya berhasil, terarah dan menyenangkan”. Pengertian tersebut lebih mengarah pada perbuatan yang diamati walaupun pengertian tersebut dapat pula mencakup tindkan kognitif yang tidak teramati. Strategi pembelajaran, sifatnya sangat personal, berbeda dari satu individu ke individu lainnya, karena merupakan proses mental yang tidak tampak. Bermain merupakan seluruh aktifitas anak termasuk bekerja kesenangannya dan merupakan metode bagaimana mereka mengenal dunia. Bermain tidak sekedar mengisi waktu akan tetapi merupakan kebutuhan anak.

Menurut Suryasiwa (2011: 23) strategi pembelajaran bermain jawaban adalah “strategi untuk menjelajahi dunia, dari apa yang tidak dikenali sampai apa yang diketahui, dan dari apa yang tidak diperbuat sampai mampu melakukan”. Bermain merupakan kegiatan yang sangat penting bagi anak seperti halnya kebutuhan terhadap makanan bergizi dan kesehatan untuk pertumbuhannya. 

B. Karakteristik strategi pembelajaran bermain jawaban 
Strategi pembelajaran bermain jawaban menurut Suryasiwa (2011: 6) mempunyai limamacam karakteristik utama, yaitu suara, gerak, gambar, garis, dan tulisan. Media bermain jawaban termasuk dalam kategori media yang terdiri atas panduan gerak dan suara. Sesuai dengan klasifikasi tersebut, permainan jawaban merupakan kelompok media pembelajaran matematika maupun bahasa yang hanya sesuai untuk dilaksanakan dalam satu kelas. Media ini merupakan media yang hampir tidak memerlukan hardware atau perangkat yang keras, akan tetapi memerlukan aktivitas yang harus dilakukan oleh siswa dan kreatifitas guru.

Dengan jalan bermain itu, dapat diperoleh suatu kegembiraan atau kepuasan, di balik kegembiraan dan kepuasan, sebenarnya siswa memperoleh sejumlah keterampilan. Di dalam setiap permainan, terdapat suatu tantangan yang harus dihadapi. Tantangan itu kadang-kadang berupa masalah yang harus dipecahkan , kadang berupa rintangan yang harus diatasi, kadang pula berupa kompetisi yang harus dimenangkan.

Untuk memperoleh pengalaman dan keterampilan dalam bidang matematika dan kebahasaan, dapat ditempuh melalui berbagai permainan. Permainan yang berfungsi untuk melatih keterampilan di bidang kebahasaan itulah dinamakan permainan bahasa, dan untuk melatih daya pikir dan ingatan siswa dinamakan permainan jawaban. Dalam kehidupan sehari-hari, permainan semcam itu sudah sering dilakukan. 

C. Tujuan strategi pembelajaran bermain jawaban 
Menurut Suryasiwa (2011) ketika menerapkan strategi pembelajaran bermain jawaban, anak berimajinasi dan mengeluarkan ide-ide yang tersimpan di dalam dirinya. Anak mengekspresikan pengetahuan yang dia miliki tentang dunia dan kemudian juga sekaligus bisa mendapatkan pengetahuan baru, dan semua dilakukan dengan cara yang menggembirakan hatinya. Tidak hanya pengetahuan tentang dunia yang ada dalam pikiran anak yang terekspresikan lewat bermain, akan tetapi juga hal-hal yang dia rasakan, ketakutan dan kegembiraannya. Orangtua akan dapat semakin menganal anak dengan mengamati ketika anak bermain.  

D. Kelebihan dan kekuran strategi pembelajaran bermain jawaban 
Setiap model atau strategi pembelajaran mempunyai kelebuhan dan kekurangan, termasuk dengan strategi bermain jawaban. Menurut Suryasiwa (2011: 10) kelebihan dan kekurangan dan strategipembelajaran bermain jawaban sebagai berikut. Kelebihan strategi bermain jawaban adalah sebagai berikut : 
1)  Permainan jawaban merupakan salah satu media pembelajaran yang berkadar CBSA tinggi, 2) Dapat mengurangi kebosanan siswa dalam proses pembelajaran di kelas 3) dengan adanya kmpetisi antar siswa, dapat menumbuhkan semangat siswa untuk lebih maju, 4) permainan jawaban dapat membina hubungan kelompok dan mengembangkan kompetensi sosial siswa, 5) materi yang dikomunikasikan akan mengesankan di hati siswa sehingga pengalaman keterampilan yang dilatihkan sukar dilupakan.

Adapun kekurangan  dalam pelaksanaan strategi pembelajaran bermain jawaban, diantaranya adalah sebagai berikut :  1)  Pelaksanaan permainan jawaban biasanya diikuti gelak tawa dan sorak sorai siswa, sehingga dapat mengganggu pelaksanaan pembelajaran di kelas yang lain, 2) tidak semua materi dapat dikominikasikan melalui permainan jawaban, 3) permainan jawaban pada umumnya belum dianggap sebagai program pembelajaran matematika, melainkan hanya sebagai selingan saja.

Kekurangan dari strategi pembelajaran bermain jawaban dapat diminimalisir dengan memahami langkah-langkah pembelajarannya, dan sebelum menerapkan strategi tersebut, maka segala sesuatunya harus dipersiapkan terlebih dahulujauh hari sebelum pelaksanaannya. 

E. Langkah-langkah strategi pembelajaran bermain jawaban 
Menurut Hisyam (2008: 84), bagi seorang guru sebelum menerapkan langkah-langkah strategi pembelajaran bermain jawaban harus mempersiapkan beberapa hal, sebagai berikut: 
1)  Buatlah sejumlah pertanyaan yang memerlukan jawaban ringkasan, dan masing-masing ditulis pada selembar kertas, 2) Tulis sejumlah kemungkinan jawaban dari pertanyaan nomor 1. Jumlah jawaban harus lebih banyak dari jumlah pertanyaan. Misalnya jumlah pertanyaan adalah 5, maka jumlah jawaban antara 7 sampai 10, 4) masukkan jawaban-jawaban tadi ke dalam kantong-kantong kertas. 5) Tempelkan kotak-kotak kertasbyang berisi jawaban tadi pada selembar kertas karton, kemudian pasang di depan kelas.

Hal-hal tersebut di atas merupakan suatu pedoman yang harus diperhatikan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran, agar proses pembelajaran terlaksana dengan baik dan lancar. Setelah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan, maka hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah langkah-langkah pelaksanaannya. Adapun langkah-langkah pembelajaran bermain jawaban menurut Hisyam (2008: 85), sebagai berikut: 
1)  Bagi kelas menjadi beberapa kelompok, kelompok disesuaikan dengan jumlah peserta didik. Uasahakan masing-masing kelompok tidak lebih dari 6 orang, 2) Masing-masing kelompok diberikan beberapa pertanyaan, jumlah pertanyaan harus sama untuk semua kelompok, 3) Minta masing-masing kelompok untuk mendiskusikan jawaban dan mencari kira-kira di kotak yang mana jawaban tersebut berada, 4) Mulai permainan dengan meminta salah satu kelompok untuk menjawab sesuai dengan kartu jawaban yang diambil dari kotak, 5) Langkah no.4 diulang untuk kelompok yang lain sampai pertanyaan habis, 6) guru memberikan klarifikasi jawaban. 
PENGERTIAN STRATEGI  PEMBELAJARAN BERMAIN JAWABAN

4 komentar

selamat siang, maaf mau tanya admin yang menulis tulisan ini namanya siapa ya?

Tulisan ini berasal dari skripsi milik Akmal Hidayat,,, kalau mau dijadikan daftar pustaka anda bisa mencantumkan alamat web ini

Saya perlu nama adminnya juga. Terimakasih

tuh nama adminnya di alamat web

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon