Latar Belakang, Pengertian dan Tujuan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)


Penguatan pendidikan karakter atau PKK adalah program di sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati (etik dan spritual), olah rasa (estetik) dan olah pikir (literasi dan numerisasi) dan olah raga (kinestetik) yang sesuai dengan falsafah pancasila.


Penguatan pendidikan karakter merupakan solusi untuk menyiapkan generasi emas 2045 yang memiliki kecakapan abad 21, dengan menempatkan kembali karakter sebagai ruh pendidikan di indonesia, berdampingan dengan intelektualitas, PPK berperan dalam pembentukan generasi muda yang tangguh cerdas dan berkarakter

Lima nilai karakter utama dalam penguatan pendidikan karakter
Lima nilai karakter utama dalam penguatan pendidikan karakter kepada siswa diantaranya; religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong dan integritas. Karakter yang kuat membentuk individu menjadi pelaku perubahan bagi diri sendiri dan masyarakat sekitarnya

Bagaimana penerapan konsep program Penguatan Pendidikan Karakter?
Model PPK tidak mengharuskan siswa untuk terus menerus belajar di kelas. Namun mendorong agar siswa dapat menumbuh kembangkan karakter positifnya melalui berbagai kegiatan ko-kurikuler, ekstrakurikuler dalam pembinaan guru.

Perlu dipahami, bahwa pendidikan karakter sudah dilaksanakan di seluruh persekolahan. Namun, perlu dilakukan upaya terobosan agar pendidikan karakter ini bisa dilaksanakan secara konsisten oleh sekolah dan memberikan dampak yang nyata.

Seberapa penting pendidikan karakter dan kepribadian bagi anak?
Pendidikan karakter merupakan kunci yang sangat penting di dalam membentuk kepribadian anak. Selain di rumah, pendidikan karakter juga perlu diterapkan di sekolah dan lingkungan sosial. Pada hakekatnya, pendidikan memiliki tujuan untuk membantu manusia menjadi cerdas dan tumbuh menjadi insan yang baik.

Dalam rangka mempersiapkan Generasi Emas 2045, pemerintah menguatkan karakter generasi muda agar memiliki keunggulan dalam persaingan global abad 21. Selain lima nilai utama karakter, melalui PPK, pemerintah mendorong peningkatan literasi dasar, kompetensi berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaborasi generasi muda.

Adakah sekolah percontohan penerapan program PPK?
Di tahun 2016 sebanyak 542 sekolah (SD dan SMP) telah tergabung menjadi sekolah percontohan penerapan program Penguatan Pendidikan Karakter. Sekolah-sekolah tersebut merupakan sekolah yang telah menerapkan berbagai praktik baik pendidikan karakter sehingga diharapkan mampu menjadi contoh/teladan dan menularkan "virus kebaikan" dalam penerapan PPK di sekitarnya. Sekolah-sekolah yang dipilih juga ditentukan berdasarkan keterwakilan provinsi, kondisi geografis, maupun status sekolah negeri dan swasta.

Apakah program PPK wajib diterapkan oleh seluruh sekolah?
Penguatan Pendidikan Karakter akan dilaksanakan secara bertahap dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing sekolah. Program PPK diharapkan dapat mendorong kualitas pendidikan yang merata di seluruh Indonesia. Setiap sekolah, baik negeri maupun swasta, memiliki hak yang sama untuk menerapkan program yang merupakan bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental di bidang pendidikan ini.

Bagaimana tugas dan peran guru serta kepala sekolah dalam implementasi PPK?
Guru dapat mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran di kelas dan mampu mengelola manajemen kelas. Kepala Sekolah dapat mendesain budaya sekolah yang menjadi ciri khas dan keunggulan sekolah tersebut. Lalu, Sekolah mampu mendesain pelibatan publik guna meningkatkan peran orang tua dan masyarakat

Bagaimana proses implementasi program PPK?
Implementasi program Penguatan Pendidikan Karakter akan dilaksanakan secara bertahap. Di tahun 2017, Kemendikbud menargetkan sebanyak 1.626 sekolah akan menjadi target rintisan PPK, yang akan memberikan dampak pada sekitar 9.830 sekolah di sekitarnya. Hingga tahun 2020, target implementasi penuh PPK diharapkan dapat terwujud.

Tentu, implementasi PPK menyesuaikan dengan kapasitas dan kemampuan sekolah. Diharapkan, keberhasilan satuan pendidikan yang menjalankan PPK dapat menjadi teladan/inspirasi bagi seluruh satuan pendidikan lainnya.

pengertian penguatan pendidikan karakter, penguatan pendidikan karakter pdf, penguatan pendidikan karakter di satuan pendidikan, tujuan penguatan pendidikan karakter, penguatan pendidikan karakter ppt, penguatan pendidikan karakter berbasis kelas, latar belakang penguatan pendidikan karakter, program penguatan pendidikan karakter yang terintegrasi dengan kurikulum

0 Response to "Latar Belakang, Pengertian dan Tujuan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close