Saturday, 10 March 2018

7 Tips cara Melestarikan budaya lokal atau budaya daerah

Tags
7 Tips cara Melestarikan budaya lokal atau budaya daerah_ Mengapa kita harus menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia khususnya kebudayaan yang ada pada tiap daerah di Indonesia? Pertanyaan atau pernyataan tersebut cukup menarik untuk dicari tahu jawabannya, pasalnya dengan mengetahui alasanya tentang potensi dari kebudayaan yang di daerah (budaya local) bisa memberi motivasi lebih dalam menjaga kelestarian budaya yang ada.


Budaya sendiri merupakan kebiasaan yang ada dalam suatu masyarakat dan menjadi ciri khusus atau pembeda suatu daerah dengan daerah lain, kebiasaan disuatu daerah tersebut dilakukan dalam jangka waktu yang lama (diwarsikan secara turun-temurun) sehingga menjadi suatu kebuadayaan.

Baca juga: 6 Cara Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda

Berbicara tentang manfaat dari keberadaan budaya local atau budaya daerah maka bisa asumsikan bahwasanya budaya memiliki banyak sekali manfaat, apa saja manfaat dari keberadaan budaya local? Berikut beberapa manfaatnya

Manfaat menjaga dan melestarikan budaya local

1. memperkaya khazanah bangsa
Seperti yang kita ketahui Indonesia memiliki begitu banyak daerah dan sudah tentu tiap daerah memiliki budaya sendiri, hal tersebut dapat memperkaya khazanah (keragaman) yang ada di Indonesia, banyaknya budaya dalam suatu bangsa bisa menjadi tolok ukur dari tingginya nilai estetika dan etika dalam masyarakat tersebut.

2. Mempertahankan keorisinilan suatu masyarakat
Kemajuan teknologi telah membuat budaya dalam suatu masyarakat saling berasimilasi dan berakulturasi, alhasil budaya lokal mulai terkikis dan termarginalkan oleh budaya yang dianggap lebih modern, sehingga lambat laun sebagian kebudayaan dalam masyarakat tidak bertahan. Dengan menjaga dan melestarikan budaya daerah dan lokal maka keorisinilan atau ciri khas dari suatu masyarakat senantiasa terjaga dengan baik.

3. Kebudayaan daerah menjadi asset bagi bangsa.
Kebudayaan yang unik dan menarik dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk mengetahuinya/menyaksikannya. Keunikan suatu kebudayaan dalam suatu masyarakat menjadi magnet/daya tarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara untuk datang ke daerah tersebut. Hal tersebut bisa mendatangkan keuntungan bagi negara (devisa, jika pengunjungnnya adalah wisatawan mancanegara) dan  potensi bisnis akan menggeliat di daerah yang memiliki keunikan kebudayaan.

4. Kebudayaan menjadi objek kajian dari budayawan dan peneliti
Mengetahui atau mencari tahu latarbelakang budaya dalam suatu daerah adalah suatu hal yang sudah lazim dilakukan oleh para peneliti atau budayawan. Hal tersebut bertujuan untuk dijadikan sebagai objek kajian dari ilmu pengetahuan. Kebudayaan yang sudah jelas asal-usulnya kadang dijadikan sebagai pelajaran di sekolah-sekolah.

Demikianlah beberapa manfaat melestarikan kebudayaan, lantas langkah-langkah atau metode apa saja yang bisa dilakukan agar kebudayaan suatu daerah bisa tetap bertahan dan lestari? Berikut beberapa tipsnya.

7 Tips cara Melestarikan budaya lokal atau budaya daerah

1. Memasukan kebudayaan lokal/daerah dalam mata pelajaran muatan lokal di sekolah
Tips atau cara pertama yang bisa dilakukan untuk mempertahankan suatu kebudayaan adalah dengan memperkenalkan kebudayaan tersebut kepada para generasi muda. Memasukan kebudayaan lokal/daerah dalam mata pelajaran muatan lokal di sekolah memang sudah sejak lama diterapkan di sekolah-sekolah dan hasilnya terbukti bahwasanya siswa bisa menjadi lebih mengenal kebudayaan yang ada di daerahnya sendiri.

Alhasil kebudayaan yang telah dikenal oleh generasi muda akan bisa terjaga keletariannya, sehingga ada proses regenarasi dalam menjaga eksistensi budaya yang ada pada daerah tersebut.

2. Inovasi dalam pengenalan budaya
Salah satu kendala yang bisa menjadi penyebab lunturnya suatu budaya adalah karena pengenalan budaya kepada generasi muda cenderung monoton, sehingga tidak ada daya tarik bagi generasi muda untuk lebih mengenal kebudayaan tersebut.

Maka dari itu perlu sebuah terobosan/inovasi dalam mengenalkan suatu kebudayaan pada generasi muda, misalnya saja diperkenalkan dengan nuangsa yang dinamis dan bernuangsakan jiwa muda namun tetap mempertahankan originalitas dari kebudayaan tersebut.

3. Melakukan/mengadakan kegiatan festival kebudayaan secara konsisten
Agar suatu kebudayaan bisa tetap eksis maka perlu tindakan/usaha yang bersifat kontinu, seperti apa misalnya? Yakni bisa dilakukan dengan rutin melakukan kegiatan festival kebudayaan tiap tahunnya. Dengan begitu keberadaan kebudayaan tersebut bisa tetap terjaga, bahkan dengan rutin melakukan kegiatan festival kebudayaan secara konsisten  bisa memunculkan semangat dalam menjaga dan melestarikan budaya tersebut.

4. Dijadikan film dokumenter
Tips selanjutnya yang bisa dilakukan untuk melestarikan suatu kebudayaan adalah dengan mengangkat kebudayaan tersebut ke dalam layar kaca atau denga kata membuat film, baik itu berupa film documenter maupun dalam film layar lebar.

5. Menanamkan rasa cinta terhadap kebudayaan pada masyarakat (khususnya generasi muda)
Luntur rasa memiliki, rasa menghargai dan kebanggan terhadap kebudayaan sendiri bisa menjadi pemicu terkikisnya suatu kebudayaan dalam masyarakat. Maka dari itu perlu memberi pemahaman pada masyarakat untuk cinta terhadap kebudayaan sendiri.

Orangtua tidak perlu lagi pertanyakan apa mereka cinta atau tidak dengan budayanya, karena kemungkinan sudah pasti mereka sangat cinta dan bangga dengan budayanya. Tapi yang jadi pertanyaan apakah generasi muda memiliki rasa cinta yang sama dengan para pendahulunya, maka dari itu mengkaderisasi generasi muda untuk cinta dengan budaya sendiri sangat penting dalam menjaga eksistensi kebudayaan dalam suatu bangsa.

6. Napak tilas asal-usul kebudayaan
Napak tilas tentang sejarah suatu kebudayaan dalam masyarakat bisanya sangat menarik bagi sebagian orang. Oleh karena itu dibutuhkan orang yang memang paham betul tentang asala-usul kebudayaan tersebut agar kegiatan napak tilas tersebut betul-betul dapat membawa orang yang melakukan napak tilas seolah-oleh berada suasana nyata.

Napak tilas kebuadayaan bidsa menjadi kegiatan wisata yang bisa memunculkan efek domino, selain dapat melestarikan budaya itu sendiri juga dapat menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat di daerah tersebut.

7. Promosi kebudayaan
Terakhir yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian suatu kebudayaan adalah dengan mempromosikan budaya tersebut secara nasional dan international, jika suatu kebudayaan sudah popular baik ditingkat nasional dan international, maka otomatis warga yang notabene sebagai bagian kebuadayaan tersebut akan bangga dengan kebudayaan yang mereka miliki.

Demikianlah 7 Tips cara Melestarikan budaya lokal atau budaya daerah menurut penulis, semoga bermanfaat untuk anda.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon