Tuesday, 5 September 2017

8 Pencapaian Hebat Program SM3T diusia Yang ke-6 Tahun

Tags
8 Pencapaian Hebat Program SM3T diusia Yang ke-6 Tahun - Program SM3T berdiri pada tahun 2011 tepatnya Pada tanggal 6 Sepetember, lahirnya program SM3T adalah sebagai wujud keseriusan pemerintah dalam menyediakan pendidikan yang layak dan berkualitas pada semua generasi bangsa tanpa terkecuali. Tak terasa setelah beberapa tahun  berdiri, program SM3T telah berhasil melakukan pencapaian yang cukup membanggakan dalam dunia pendidikan, hal tersebut tak lepas dari komitmen pemerintah dan perenan semua stackholder dalam memajukan pendidikan di indonesia.



Program SM3T bisa diklaim sebagai wadah dalam melahirkan tenaga pendidik yang tangguh dan profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga pendidik di indonesia. Diusia yang sudah menginjak 6 tahun semenjak didirikan, program SM3T sudah memberikan efek domino yang cukup positif dalam menyukseskan pendidikan di indonesia.

Maka tak heran jika alumni SM3T mendapat perhatian khusus dalam dunia kerja (dalam dunia pendidikan) karena komitmen dan totalitas yang ditunjukan tak perlu lagi diragukan khususnya dalam upaya turut serta berperan dalam memajukan bangsa indonesia melalui dunia pendidikan.

Pencapaian apakah yang telah berhasil ditorehkan oleh program SM3T sejak didirikan? Berikut ulasaun 8 Pencapaian Hebat Program SM3T :

8 Pencapaian Hebat Program Sm3T diusia Yang ke-6 Tahun

1. Program SM3T Berhasil Memecahkan Rekor MURI Untuk kategori Program Pendidikan Yang Paling Banyak Mengirim Sarjana Untuk Mengajar Di Daerah Pelosok
Museum Rekor Indonesia (MURI) pada tahun 2014 memberikan penghargaan kepada Mendikbud atas keberhasilan Program SM3T Mengirim 7.962 Guru ke Daerah 3T program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal (SM-3T). Penghargaan yang sama juga diserahkan kepada Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Djoko Santoso.

Selain itu, Rekor Penulisan Kebermanfaatan Program Sarjana Mendidik daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM3T) pada 1.500 kaos yang berlangsung di Aimas, Sorong, Papua Barat, memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). namun rekor itu akan terus dipecahkan kembali pasalnya program sm3t terus konsisten mengirim guru sm3t tiap tahunnya.

2. Menjadi Salah Satu Program Pendidikan Non PNS Yang Banyak Diminati Sarjana Muda
Tak bisa lagi dipungkiri bahwa program SM3T telah menjadi salah satu program pendidikan Non PNS yang banyak diminati oleh sarjana muda, buktinya jumlah pendaftar SM3T tiap tahun semakin meningkat hal ini menegaskan bahwa keberadaan program SM3T semakin dibutuhkan.

3. Menjadi Wadah Pencetak Guru Yang Handal dan Berkarakter
Pencapaian lain dari program Sm3T adalah melalui pengabdian di program Sm3T akhirnya banyak melahirkan guru-guru mudah yang handal dan berkarakter hal ini tak lepas dari tuntutan untuk mengajar di lokasi 3T dengan berbagai tantangan mulai dari, tuntutan untuk mengajar secara maksimal ditengah sarana dan prasarana yang sangat tidak memadai serta harus mampu berbaur dengan masyarakat dengan kebudayaan, bahasa, serta agama yang berbeda. kondisi tersebut sangat berpengaruh pada karakter peserta SM3T yang kemudian menjadi lebih pekah terhadap sesama dan mampu bertahan dalam berbagai kondisi.

4. Menjadi Solusi Pemerataan Pendidikan di Indonesia
SM3T bisa dibilang merupakan solusi dari permasalahan pemerataan pendidikan di indonesia walaupun sifatnya hanya sementara yakni jangka waktu pengabdian peserta SM3T hanya 1 tahun namun itulah hal terbaik yang bisa dilakukan pemerintah sembari memperbaiki manajemen pendidikan dan apratur sipil negara sehingga pemerataan pendidikan benar-benar terealisasi.

5. Program SM3T Telah Mencetak Lebih Dari 10.000 Alumni
Jumlah kuota pada angkatan I adalah 2465 Peserta, angkatan ke II adalah 2670 Peserta, angkatan ke III adalah 2803 Peserta, angkatan ke IV adalah 3000 Peserta, angkatan ke V adalah 3000 peserta dan terakhir pada angkatan ke vi berjumlah sekitar 1000 peserta. jika ditotalkan maka sudah dipastikan Sm3T telah mencetak lebih dari 10.000 Alumni yang berasal dari berbagai perguruan tinggi diseluruh indonesia.

6. Melahirkan banyak guru-guru profesional (tersertifikasi)
Salah satu tolok ukur untuk melihat kompetensi yang dimiliki oleh seorang guru yakni melalui sertifikat pendidik yang dia miliki, jika guru tersebut telah memiliki sertifikat pendidik maka kemungkinan besar guru tersebut telah memiliki kapabilitas dan kompetensi yang memadai untuk mengajar dalam disiplin ilmu yang dimilikinya.

Program SM3T merupakan jembatan dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik, hal tersebut tak lepas dari kontrka kerja yang ditetapkan, bahwasanya peserta SM3T yang telah menyelesaikan tugas mengajar dilokasi pengabdian wajib mengikuti pendidikan profesi guru (PPG) dan melalui kegiatan PPG peserta yang lulus UTN akan/berhak mendapatkan sertifikat pendidik.

Hal tersebut menyiratkan bahwa program SM3T bisa menjadi solusi dalam meningkatkan kualitas tenaga pengajar yang ada di indonesia.

7. Pemasok bakal calon guru GGD dan Guru SILN
Menjadi guru GGD maupun guru SILN adalah sebuah tantangan tersendiri bagi setiap orang dan tak sedikit yang memilih untuk melewatkan peluang untuk menjadi guru GGD maupun guru SILN karena beberapa faktor. misalnya faktor lokasi penempatan dan sarana prasarana.

Namun tak sedikit Alumni SM3T yang sangat antusias dalam mengikuti kedua program tersebut, hal tersebut tak lepas dari pengalaman yang telah mereka jalani selama bersatatus sebagai guru SM3T, sehingga langkah/cita-cita pemerintah dalam membangun indonesia mulai dari daerah terluar, terjauh dan tertinggal bisa terealisasikan dengan kehadiran para alumni guru SM3T.

8. Menjadi cikal bakal berdirinya organisasi masyarakat (ormas) yang peduli dengan pendidikan
Setelah menyelesaikan pengabdian di lokasi 3T serta kontrak dalam kegiatan SM3T telah berakhir, tak serta merta menyurutkan semangat dan motivasi para alumni SM3Tdalam mendidik generasi-generasi muda bangsa indonesia lantas menjadi surut.

Namun lebih dari itu, justru dengan komitmen yang kuat untuk ikut terlibat dan berperan dalam memajukan pendidikan indonesia, para alumni SM3T mendirikan organisasi masyarakat untuk bisa mengayomi anak-anak muda bangsa dalam mengeyam pendidikan. Salah satu organisasi masyarakat yang cukup populer khususnya dalam bidang pendidikan yakni masyarakat SM3T institute (MSI) yang telah memiliki banyak basecamp di kota-kota di indonesia dan beberapa organisasi lainnya.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: PIN BB (7D66E492)
EmoticonEmoticon