Thursday, 11 May 2017

9 Aktivitas Positif dan Bermanfaat Yang Bisa Dilakukan Bersama Anak

Tags
9 Aktivitas Positif dan Bermanfaat Yang Bisa Dilakukan Bersama Anak _ Peran orangtua dalam proses tumbuh kembang anak sangat subtansial, oleh karena itu pola pengajaran dan pengasuhan yang baik dalam keluarga sangat penting, agar anak bisa tumbuh menjadi sosok yang berkarakter dan memiliki kepribadian yang mantap.

9 Aktivitas Positif dan Bermanfaat Yang Bisa Dilakukan Bersama Anak

Ada berbagai kegiatan yang setidaknya bisa dilakukan bersama anak, baik untuk sekedar mengisi waktu libur atau kegiatan yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari. Beberapa aktivitas sangat tepat untuk dilakukan bersama anak, selain bisa memunculkan kecerian dalam diri anak, aktivitas-aktivitas positif yang dilakukan bersama anak juga bisa bernilai edukasi bagi anak.

Lalu aktivitas apa saja yang bisa dilakukan oleh orangtua maupun anggota keluarga bersama anak? berikut beberapa aktivitas bermanfaat yang bisa anda lakukan untuk mengisi waktu bersama anak, sekaligus dapat menumbuhkan perasaan afeksi seorang anak terhadap orangtuanya.

9 Aktivitas Positif dan Bermanfaat Yang Bisa Dilakukan Bersama Anak

1. Berkebun di pekaraman rumah
Salah satu aktivitas positif yang bermanfaat adalah dengan melakukan kegiatan berkebun bersama anak di lingkungan rumah. Kegiatan berkebun bisa diisi dengan kegiatan menanam sayuran, menanam buah-buahan, anda juga bisa meminta anak anda agar rutin menyiramnya agar bisa tumbuh sehat dan menghasilkan buah dan sayuran yang baik.

Melalui kegiatan berkebun, anak akan belajar bahwa setiap hal yang akan dicapai diperlukan sebuah usaha atau tindakan terlebih dahulu agar apa yang diharapkan untuk dicapai bisa terwujud, selain itu anak akan belajar bagaimana cara berkebun yang baik, sehingga bisa menjadi bekal dan pengalaman bagi pribadi anak.

2. Kerja bakti membersihkan rumah.
Selanjutnya hal positif yang bis anda lakukan bersama anak anda yakni dengan kerja bakti membersihkan tumah atau pekarangan rumah, namun sebaiknya anak diberikan tuga yang tidak terlalu berat, misalnya saja anak diberikan tugas menyapu, mengepel.

Melalui kegitan kerja bakti anak akan belajar bahwa segala sesuatu yang dikerjakan secara bersama-sama akan menjadi lebih mudah atau ringan. seperti sebuah pepatah; berat sama dipikul ringan sama dijinjing.

3. Memancing bersama anak
Aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan bersama anak adalah dengan melakukan kegiatan memancing, kegiatan tersebut bisa dilakukan di hari libur atau disore hari. Mungkin anda bertanya hal positif apa yang bisa didapatkan anak ketika melakukan aktivitas memancing?

Pelajaran yang sangat kental yang bisa didapatkan melalui kegiatan memancing adalah anak akan belajar untuk bersabar sampai pancingannya bisa mendapatkan ikan. Sehingga kegiatan memancing sangat tepat untuk menumbuhkan sikap sabar dan melatih kesabaran anak.

4. Nonton bersama anak
Mungkin sebagian orang menilai kegitan menonton bersama anak tidak terlalu memberi efek signifikan bagi anak. Namun pada kenyataanya aktivitas menonton, apalagi jika dilakukan bersama anak akan menumbuhkan sikap kebersamaan dan kekeluargaan.

Namun usahakan tayangan yang ditonton bersama anak sesuai dengan tingkatan usia anak, hindarkan menonton bersama anak dengan materi tontonan yang bisa membuat anak mendapatkan efek atau pengaruh negatif dari apa yang dia tonton.

5. Makan bersama anak
Salah satu kunci agar rasa iba dan kasih sayang dalam diri anak besar terhadap orangtuanya yakni dengan rutin makan bersama semua anggota keluarga. jangan biarkan anak makan sendiri, namun usahakan makanlah bersama anggota keluarga. Anda bisa menyuap dan mengambilkan makanan untuk anak kepiringnya agar bentuk kasih sayang orangtua bisa dirasakan oleh anak.

6. Berlibur bersama anak
Libur sangat penting agar persaan jenuh, bosan, stress bisa hilang dalam benak anak. tempat berlibur yang bisa dikunjungi misalnya, kebun binatang (anak akan belajar jenis-jenis binatang), museum (anak akan belajar sejarah dan nasionalisme), pantai (anak memhami tentang betapa indahnya lingkungan sekitarnya) dan camping.

Tempat-tempat liburan tersebut akan membuat anak ceria, bahagia sekaligus anak bisa belajar banyak hal dan kondisi tersebut sangat penting bagi proses tumbuh kembang anak.

7. Ikut lomba bersama anak
Tak sedikit perlombaan yang biasa melibatkan semua anggota keluarga termasuk anak, kegiatan tersebut bisa menjadi opsi bagi anda dalam mendidik dan menyenangkan anak. Melalui kegiatan perlombaan anak akan belajar bagaimana cara berusaha, kerjasama supaya bisa menjadi juara.

8. Beribadah  bersama anak.
Pendidikan agama snagat penting untuk dikenalkan pada anak sejak dini, oleh karena itu jangan tunggu sampai anak dewasa baru memintanya agar rajin beribadah. Namun sejak dini sebaiknya anak sudah dilatih agar terbiasa melaksanakan ibadah.

Sehingga alangkah baiknya jika waktu ibadah telah tiba, ajak anak anda untuk turut serta, walaupun makna dari ibadah sebelum sepenuhnya dipahami seorang anak namun melalui pembiasaan-pembiasaan sejak masih kecil, karakter anak yang taat pada perintah agama akan terbentuk.

9. Mengunjungi rumah sanak keluarga bersama anak
Aktivitas positif terkahir yang bisa anda coba lakukan bersama anak adalah kegiatan silahturahmi ke rumah sanak keluarga. Melalui hal tersebut anak akan belajar bersosialisasi dan belajar untuk menjaga tali silahturahmi, apalagi tali silahturahmi dengan sesama anggota keluarga.

Demikianlah 9 Aktivitas Positif dan Bermanfaat Yang Bisa Dilakukan Bersama Anak Yang bisa anda coba lakukan bersama anak dan anggota keluarga untuk mengisi waktu agar lebih efektif dan bermanfaat.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon