10 Tips Mengisi Liburan Sekolah Anak Yang Bermanfaat

10 Tips Mengisi Liburan Sekolah Anak Yang Bermanfaat _ Libur sekolah adalah waktu yang sangat tepat dilewatkan untuk berkumpul bersama anak dan aggota keluarga lain. Anak yang jedah dari kegiatan di sekolah dan anda sebagai orang tua yang telah menghabiskan waktu bekerja mencari rezeki sangat membutuhkan waktu yang bisa dihabiskan untuk berlibut bersama-sama. Berlibur atau melakukan kegiatan bersama dengan anggota keluarga temasuk dengan anak adalah hal yang penting agar ikatan emosional sesama anggota keluarga semakin kuat.

10 Tips Mengisi Liburan Sekolah Anak Yang Bermanfaat

Mengisi liburan sekolah anak dengan berlibur atau melakukan aktivitas yang menyenangkan bersama, juga berfungsi untuk menghilangkan kejenuhan dan sebagai kesempatan untuk rehab dalam aktivitas kerja yang membutuhkan tenaga dan pikiran yang prima, selain itu berlibur juga baik bagi anak karena selama masa aktif sekolah anak-anak menghabiskan waktu untuk fokus bersekolah dan  bergelut dengan pelajaran-pelajaran yang bisa menguras energi dan konsentrasinya.

Ada banyak tempat berlibur yang bisa anda datangi bersama anak dan anggota keluarga lainnya, selain berlibur alternatif lain yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan sekolah bersama anak-anak dan keluarga adalah dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan dan bermanfaat.  Beberapa tempat liburan bisa menjadi alternatif untuk mengisi waktu liburan sekolah anak, selain menyenangkan juga berisi nilai edukatif bagi anak, seperti sebuah ungkapan “sambil menyelam minum air”, selain anak bisa merasakan suasana yang berbeda dan menyenangkan anak juga  bisa belajar ketika sedang berlibur.

Tempat atau lokasi liburan apa yang bisa anda coba pilih untuk mengisi liburan sekolah anak dan aktivitas apa saja yang bisa anda lakukan bersama ana-anak, sehingga anak tidak hanya merasakan liburan/aktivitas  yang menyenangkan tapi sekaligus anak dapat belajar dari hal dilakukan diakhir pekan? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan sekolah anak dengan aktivitas yang bermanfaat dan berkualitas

10 Tips Mengisi Liburan Sekolah Anak Yang Bermanfaat

1. Berlibur di kebun binatang
Memilih mengisi liburan sekolah anak di kebun binatang, bisa menjadi pilihan cerdas bagi anda sebagai orang tua, selain anak bisa menikmati liburan anak juga kan melihat secara langsung jenis-jenis binatang yang selama ini mereka pelajari dibangku sekolah. Jika selama ini anak anda hanya bisa melihat gambar dari biantang yang dia pelajari, maka saat berlibur di kebun binatang anak anda bisa belajar secara konterkstual (nyata) dan berbasis pengalaman, sehingga pelajaran teoritis yang dipelajari disekolah bisa dimaksimalkan dengan pembelajaran yang nyata di kebun binatang.

Sebagai orang tua anda juga bisa memberikan pancingan agar anak anda bisa aktif dalam mengamati hewan-hewan yang ada di kebun binatang tersebut, misalnya anda bisa memancing pengetahuan yang telah dipelajari anak anda dengan menanyakan seputar hewan-hewan yang ada dikebun biantang tersebut, seperti menanyakan namanya, makanannya apa, melahirkan atau bertelur dan lain sebagainya. Dengan begitu pengalaman anak akan semakin kaya dan mendapat pengetahuan dengan cara bermakna.

2.  Mengisi liburan sekolah anak dengan piknik/camping di alam terbuka
Hal bermanfaat dan berkualitas yang bisa juga anda coba untuk mengisi liburan sekolah anak anda adalah dengan memilih camping atau piknik dialam terbuka. Piknik/camping di alam terbuka selain akan menghadirkan suasana cerah dan hijau, juga akan memberi pemahaman bagi anak tenatang betpa indahnya alam yang ada disekitar.

Anda bisa menasehati anak anda untuk menjaga alam sekitar agar keindahannya tetap terjaga, selain itu berikan gambaran kepada anak anda jika orang suka menebang pohon dan membuang sampah sembarangan bisa membuat alam menjadi rusak. Dan coba bertanya kepada anak anda misalnya “apa anakku kalau lingkungan sekitar menjadi kotor dan rusak?” kemungkinan besar anak akan menjawab “tidak” dengan begitu berilah penguatan pada pribadi/karakter anak anda dengan mengatakan “kalau anakku tidak mau melihat alam menjadi rusak dan kotor, anakku tidak boleh buang sampah sembarangan dan menebang pohon.

3. Mengisi waktu liburan sekolah anak di pantai
Destinasi wisata yang tak kalah indahnya yang bisa menjadi opsi untuk mengisi liburan sekolah anak bersama anak anda adalah dengan berlibur ke pantai. Biarkan anak anda melihat betapa indanhnya laut yang disertai hembusan angin sepo-sepoi ditambah dengan ombak yang saling berkejr-kejaran.

Anda juga bisa mengajak anak anda untuk membuat istana-istana pasir agar bisa membuatnya semakin antusias, biarkan anak anda berkreasi dengan istana-istana pasir yang dia buat agar daya imajinasi dan kreativitas anak anda bisa tereksplorasi.

4. Mengisi waktu liburan sekolah anak dengan berlibur ke museum
Berlibur sambil belajar tidak ada salahnya bukan. Salah satu pilihan tempat liburan yang bisa menawarkan sensasi belajar  sambil berlibur adalah dengan memilih museum sebagai destinasi wisata. Anak juga biasanya memiliki apresiasi yang tinggi dengan hal-hal yang ada di museum, misalkan saja anda memilih museum sejarah sebagai lokasi destinasi wisata. Di tempat ini anak akan belajar mengenai perjuangan para pejuang bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini.

Selain bisa melihat benda-benda yang bisa menjadi saksi sejarah, juga berperan dalam menumbuhkan sikap nasionalis dalam diri anak, sebagai orang tua anda bisa mendampingin anak sambil memberi penjelasan-penjelasan yang bisa menambah pemahaman anak.

5. Mengisi liburan sekolah anak dengan bersilahturahmi ke rumah anggota keluarga/kerabat
Opsi lain yang bisa menjadi alternatif dalam mengisi waktu liburan bersama anak anda adalah dengan mengisi waktu liburan dengan berkunjung ke rumah keluarga, misalnya saja ke rumah kakek, nenek, kerabat dan keluarga lainnya. Selain anak-anak bisa mengenali dan mengatahui  siapa kerabat/keluarga dekatnya anak juga akan belajar menjadi pribadi yang sosialis.

Hal tersebut juga akan mengajarkan kepada anak bahwa, sebagai kerabat atau anggota keluarga semuanya harus saling memperdulikan satu sama lain, kondis tersebut juga bisa memperkuat ikatan tali silahturahmi antara sesama anggota keluarga. Selain itu anak juga akan belajar bagaimana menghargai dan menghormati orang yang lebih tua, sehingga kelak anak akan tumbuh menjadi sosok yang memiliki rasa hormat kepada orang tuannya.

6.  Mengisi libur akhir pekan dengan kerja bakti  di rumah
Tips yang satu ini tidak menyarankan anda untuk berlibur ke destiasi wisata yang indah namun lebih kepada bagaimana anda mengisi mengisi liburan sekolah anak anda dengan melakukan aktivitas yang bermanfaat bersama anak, selain bermanfaat terdapat nilai-nilai positif yang bisa anak petik dari kegiatan kerja bakti, yakni anak akan belajar bagaimana melakukan kerjasama dan gotong-royong agar pekerjaan cepat terselesaikan.

Anda juga bisa mengajarkan anak anda menjadi pribadi yang mandiri, misalnya disetiap hari libur minta kepada anak anda agar dia sendiri yang membersihkan dan merapikan tempat tidurnya, dan membersihkan kamarnya dengan begitu bibit-bibit kemandirian bisa tumbuh dalam pribadi anak.

7. Mengisi liburan sekolah anak dengan membuat kue atau memasak bersama anak
Aktivitas lain yang bisa anda lakukan untuk mengisi liburan bersama anak ketika anda tidak punya kesempatan untuk pergi berlibur di luar rumah adalah dengan melakukan aktivitas bersama anak. Misalnya ajak anak anda untuk membantu anda membuat kue, berikan kesempatan apda anak anda untuk ikut terlibat dalam setiap proses pembuatan kue tersebut, hal tersebut bertujuan supaya anak memahami bahwa untuk mendapatkan hal butuh proses dan usaha.

Selain membuat kue, anda juga bisa mengajak anak anda memasak makanan untuk di komsumsi bersama,dan masih banyak hal lain yang bisa anda lakukan untuk mengisi waktu liburan bersama anak anda walaupun hanya dirumah.

8. Biarkan anda memilih tempat liburan yang dia sukai
Selanjutnya untuk mengisi waktu liburan bersama anak, anda bisa memberi kesempatan kepada anak anda untuk menentukan sendiri tempat liburan yang ingin dia kunjungi (asalkan realistis) dengan begitu anak akan belajar mengambil keputusan sendiri, namun tetap dalam arahan dan bimbingan anda sebagai orang tua.

9. Ajak anak anda berkebun
Berkebun adalah hal yang menyenangkan, oleh karena itu tidak ada salahnya mengisi waktu liburan sekolah anak anda bisa diisi dengan melakukan kegiatan berkebun bersama anak anda, misalnya saja menanam sayur, buah-buahan dan lain sebagainya. Sudah pasti kegiatan tersebut akan sangat menyenangkan bagi anak. Setelah sayur atau buah-buahan bisa dipetik, biarkan anak anda sendiri yang memetiknya, supaya anaka anda belajar bahwa setiap usaha yang dia lakukan dengan sungguh-sungguh pasti akan membuahkan hasil.

10. Mengisi liburan sekolah anak dengan berkunjung ke panti sosial
Tidak selamanya liburan harus diisi dengan mengunjungi tempat wisata namun adakalanya sekali-kali anda bisa mencoba berkunjung ke panti sosial bersama anak anda. Anda bisa membawakan anak-anak panti makanan dan makan bersama mereka.

Hal apa yang bisa anak pelajari dari hal tersebut? Anak akan belajar mensyukuri bahwa dia masih punya keluarga yang mencintai dan menyanginya, anak juga akan belajar bahwa masih banyak orang yang membutuhkan bantuan dn pertolongan, sehingga anak muncul sikap sosial dalam diri anak.

Demikianlah 10 Tips Mengisi Liburan Sekolah Anak Yang Bermanfaat yang bisa anda coba lakukan. Berlibur sekaligus bisa membuat anak belajar banaka hal. Anak adalah aset yang harus diajarkan bagaimana menjadi pribadi yang berkarakter.

0 Response to "10 Tips Mengisi Liburan Sekolah Anak Yang Bermanfaat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close