Sunday, 19 March 2017

9 Tugas dan kewajiban anak kepada orangtua

Tags
9 Tugas dan kewajiban anak kepada orangtua_  Apa yang muncul dibenak anda ketika mendengar kata orang tua? Ayah dan ibu adalah sosok manusia yang penuh dengan cinta, tak salah jika ada ungkapan yang berbunyi “kasih orang tua sepanjang hayat kasih anak sepanjang galah”. Ungkapan tersebut menyiratkan betapa besar cinta dan kasih sayang orang tua kepada anaknya, pengorbanan orang tua kepada anak tidak bisa dibalas meskipun sang anak berusaha mengabdikan seluruh hidupnya untuk menjaga dan merawat kedua orang tuanya.


9 Tugas dan kewajiban anak kepada orang tua
Mulai dari melahirkan, menyusui ,merawat dan beberusaha memenuhi keinginan sang anak, orang tua denga tulus ikhlas bekerja keras tak kenal pamrih demi melihat sang buah hati tumbuh menjadi manusia yang bisa membuatnya bangga. Pikirkanlah serta renukan  adakah sosok manusia yang memiliki cinta kepada anda sebesar cinta kedua orang tua.

Lantas apa yang sudah anda lakukan untuk membahagiakan orang tua anda? Atau anda hanya bisa menggoreskan kesedihan dan kekecewaan dalam hatinya, Ingatlah wahai saudaraku bahwa engkau adalah harapan dari orang tuamu jadi berusahalah melakukan yang terbaik untuknya dan persembahkan pemcapaian yang bisa membuat mereka tersenyum bangga karena memiliki anak sepertimu.

Pikirkanlah bahwa sebagai anak anda memiliki tugas dan kewajiban yang mesti ditunaikan kepada orang tua. Jangan hanya menuntut orang tua anda untuk memenuhi hakmu sebagai anak tapi ketahuilah bahwa sebagai anak sejatinya anda juga memiliki tugas dan kewajiban kepada orang tua. Apa saja tugas dan kewajiban anak terhadap orang tuanya  berikut ulasannya tentang Tugas dan kewajiban anak kepada orang tua.

9 Tugas dan kewajiban anak kepada orangtua


1. Membantu pekerjaan orangtua
Tugas dan kewajiban anak kepada orang tua yang pertama adalah membantu memudahkan pekerjaan orang tua merupakan tugas dan kewajiban kita sebagai anak. Jangan hanya berdiam diri ketika melihat orang tua anda sedang bekerja, alangkah baiknya anda membantunya walaupun bantuan anda hanya berefek kecil namun setidaknya bantuan tersebut sudah bisa menjadi kebahagian tersendiri dalam diri orang tua melihat sikap anda yang peduli kepadanya. Hal-hal kecil bisa anda lakukan seperti menyapu, mencuci piring dan mebersihkan tempat tidur agar beban orang tua anda bisa berkurang. Jangan menunggu dipanggil oleh orang tuamu baru anda mau membantunya namun andalah yang harus menawarkan diri untuk membantunya karena sejatinya cinta orang tua kepada anaknya sangat besar jadi mereka tak ingin melihat anaknya kesusahan sehingga mereka berusaha melakukan sendiri pekerjaannya.

2. Belajar dengan giat
Yakin dan percaya setiap orang tua berharap anaknya bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas, pintar dan menjadi kebanggaan orangtua maka dari itu belajar dengan giat dan bersungguh-sungguh merupakan tugas dan kewajiban anak. Fokuslah belajar agar anda bisa meraih kesuksesan sehingga bisa membuat orang tua anda bangga. Jika anda jadiorang sukses maka orang tua anda tak perlu lagi kerja keras mencari uang karena anda bisa menyisihkan sebagian pendapatan anda untuk diberikan kepada orang tua anda.

3. Patuh kepada orangtua
Tugas dan kewajiban anak kepada orang tua adalah dengan berusah menghilangkanlah sikap pembangakang dalam diri anda dan mulailah menjadi anak yang patuh kepada orang tua, jika dinasehati maka dengarkanlah dengan penuh perhatian. Apabila orangtua melarng anda melakukan sesuatu maka turutialh karena semua yang orang tua larang dan perintahkan semua untuk kebaikan anda. Namun jika orang tua anda meminta ada patuh untuk melakukan hal yang tidak baik maka tolaklah hal tersebut dengan cara yang lembut, jangan sesekali membentak orang tua anda karena hati orang tua yang dibentak oleh anaknya yang mereka cintai dan kasihi pastilah akan sangat terluka.

4. Merawat orangtua
Ingatlah ketika anda masih kecil dan tak berdaya  orang tua anda selalu hadir menemani merawat dengan cinta dan kasih sayang. Dan tatkala orang tua anda sudah tua rentah maka giliran andalah sebagai anak untuk melakukan hal yang sama, rawatlah kedua orang tua anda denga tulus iklhas sebagaimana dia telah merawat anda dengan tulus ikhlas dikala engkau masih kecil. Berusahlah untuk selalu hadir disamping orang tua anda, apabila anda tinggal jauh dengan orang tua maka sempatkanlah untuk selalu menghubunginya karena pasti dia selalu merindukan dirimu.

5. Membahagiakan orangtua
Bagaimana cara membahagiakan orang tua? Apa harus menjadi orang kaya, orang hebat atau orang yang berprestasi? Beberapa hal tersebut memang bisa menjadi alasan yang membuat orang tua anda bahagia. Namun sejatinya untuk membahagiakan orang tua tidak perlu banyak melakukan banyak hal cukuplah anda selalu menyisipkan waktu mengajaknya berbicara, berbakti kepadanya dan jangan sekali-kali melukai perasaanya hal tersebut sudah cukup untuk membuatnya hebat. Namun jika anda bisa menjadi orang kaya, hebat, berprestasi dan berbakti kepadanya maka hal tersebut akan jauh bisa membuatnya lebih bahagia

6. Menafkahi orangtua
Pikirkanlah ketika orang tua anda sudah tua rentah untuk bekerjapun mereka sudah kesulitan apalagi jika harus mencari nafkah sendiri untuk memenuhi hajatnya. Maka tugas dan kewajiban anda sebagai anak yang mesti menfakahi orang tua anda.`Orang tua anda pasti tidak akan menuntut banyak kepada anda karena dia tidak ingin membebani anaknya namun sebagai anak andalah yang harus menyadari bahwa orang tua butuh bantuan anda maka berikanlah yang terbaik untuk orang tua anda, biarkan dia menikmati sisa hidupnya melalui hasil kerja keras anda.

7. Mendoakan orangtua
Tugas dan kewajiban anak kepada orang tua adalah Sebagai anak sudah menjadi tugas dan kewajiban untuk mendoakan kedua orang tua, berdoalah untuk kebaikan kedua orang tua anda, mitalah kepada tuhan supaya memberinya umur yang panjang agar anda bisa lebih lama menghabiskan waktu bersama kedua orang tua. Jangan pernah lupa menyebut nama orang tua anda dalam setiap doa-doa anda karena orang tua anda selalu menyebut namamu dalam doa-doanya dan mengahrpakan yang terbaik untukmu

8. Mengajaknya jalan-jalan
Tugas dan kewajiban anak kepada orang tua selanjutnya adalah jika kamu telah sukses maka sekali-kali ajaklah orang tua anda berjalan-jalan ke daerah-daerah yang indah atau daerah yang biasa orang tua anda kunjungi ketika masih mudah. Jika ada tempat yang mereka ingin kunjungi namun belum sempat terwujud maka upayakanlah mengajak mereka ke tempat tersebut.

9. Jangan berbicara keras kepada orangtua
Hati sebagian orang tua biasanya agak sensitif maka dari itu jika berbicara dengan orang tua upayakan volume suara anda lebih kecil dari suara orang tua anda, jangan memanggil dengan nada yang keras apalagi mengahardiknya. Sayangi orang tua anda sebagiaman dia menyayangimu saat kecil.

Demikianlah 9 Tugas dan kewajiban anak kepada orangtua, ayo kita berusaha menjadi anak yang berbakti kepada orang tua, selagi orang tua masih hidup maka sayangilah dengan ikhlas kedua orang tua anda karena kita tidak pernah tahu kapan terkhir kali kita bisa bertutur sapa denganya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan mebuat kita mejadi anak yang bisa berbakti kepada orang tua

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon