Saturday, 4 March 2017

7 Tips Cara Mengerjakan/Menjawab Soal UN Dan UASBN

7 Tips Cara Mengerjakan/Menjawab Soal UN Dan UASBN_ Bagi adik-adik yang akan menghadapi UN dan UASBN ada baiknya mulai mempersiapkan diri baik secara fisik, psikis dan mulai menentukan strategi yang jitu dalam mengerjakan/menjawab soal-soal UN dan UASBN. Menjawab soal UN dan UASBN sendiri butuh trik khusus karena memiliki jangka waktu pengerjaan. Jika tidak bijak dalam menerapkan cara dalam menjawab soal UN dan UASBN bisa-bisa waktu pengerjaan soal telah habus namun anda belum selesai mengerjakan semua soal.

7 Tips Cara Mengerjakan/Menjawab Soal UN Dan UASBN

Walaupun UN dan UASBN bukan lagi penentu kelulusan akan tetapi jika bisa mendapatkan nilai tinggi saat UN dan USBN hal tersebut bisa menjadi kredit tersendiri agar akumulasi nilai yang anda dapatkan bisa lebih tinggi. Strategi apa saja yang bisa diterapkan dalam menjawab soal ujian? Dalam artikel ini saya akan memaparkan secara seksama tips yang bisa adik-adik terapkan untuk menjawab soal ujian nantinya. Berikut ulasannya.

Baca juga:

7 Tips Cara Mengerjakan/Menjawab Soal UN Dan Uasbn

1. Baca petunjuk pengerjaan soal
Petunjuk pengerjaan soal jangan sekali-kali diabaikan karena dalam petunjuk pengerjaan soal biasanya terdapat petunjuk yang bermanfaat bagi kelancaran dan kesuksesan ujian adik-adik. Sempatkanlah membaca petunjuk pengerjaan soal dengan teliti agar adik-adik tidak mengalami kekeleituan atau kesalahan dalam menjawab soal UN dan UASBN.

2. Baca dengan seksama tiap soal dan pahami maksud soal
Langkah selanjutnya mulai menbaca setiap butir soal dengan seksama dan penuh ketelitian. Temukan kata kunci atau maksud dari soal tersebut, karena biasanya sebagian sering keliru dalam menafsirkan maksud soal alhasil jawaban yang dia kira benar ternyata kurang tepat. Agar bisa menangkap maksud soal sekali baca maka anda harus bisa berkonsentrasi dan fokus pada soal yang akan anda jawab. Jika anda belum paham maka sebaiknya baca ulang kembali agar maksud dari soal bisa anda pahami.

3. Kerjakan soal yang paling mudah terlebih dahulu
Apa keuntungan mengerjakan soal yang paling mudah terlebih dahulu? Manfaatnya sangat besar, dengan menjawab soal yang paling mudah terlebih dahulu anda bisa menghemat waktu pengerjaan soal. Selain itu anda bisa menyisahkan waktu yang lebih banyak setelah mengerjakan soal yang mudah untuk bisa fokus mengerjakan soal yang sukar.sulit. Sebaliknya jika anda mengerjakan soal yang sukar terlebih dahulu membuat anda akan mengahbiskan waktu lebih banyak alhasil waktu yang tersisa untuk mengerjakan soal yang mudah lebih sedikit dan hal tersebut akan berpengaruh pada psikologis sehingga anda menjadi terburu-buru dalam menjawab soal karena takut waktu akan habis. Alhasil soal yang sukar belum tentu jawabnnya benar dan soal mudah justru dijawab dengan terburu-buru sehingga berpotensi salah dalam memilih jawaban.

4. Jangan tertantang untuk menjawab suatu soal
Hal yang paling penting untuk anda tidak lakukan adalah jangan sekali-kali merasa tertantang untuk menjawab suatu soal. Maksudnya adalah kadang kita menemukan soal yang dianggap bisa diselesaikan sehingga anda menghabiskan waktu lebih banyak untuk menjawab soal tersebut padahal sebenarnya anda tidak mengetahuinya. Jika anda menemukan soal yang meragukan atau membuat anda terpancing untuk menjwabnya padahal anda belum sepenuhnya memahami soal tersebut maka segera tinggalkan soal tersebut karena anda akan kehabisan banyak waktu. Lebih baik anda mencari soal yang anda yakini bisa menjawabnya dengan benar, soal yang meragukan sebaiknya dikerjakan paling terakhir saja.

5. Manajemen waktu dengan bijaksana
Manajemen waktu juga bisa anda coba untuk lakukan misalnya anda memberika porsi setiap soal untuk dikerjakan sekitar 2 menit, jika dalam waktu menit ada soal yang belum selesai maka lebih baik ditinggalkan dan melanjutkan ke soal selanjutnya

6. Fokus dan konsentrasi
Ketika ujian sudah dimulai, maka fokuskan pikiran anda sepenuhnya untuk menjawab soal yang ada dihadapan anda. Hal-hal yang tidak penting sebaiknya anda kesampingkan dulu, misalkan masalah pribadi, masalah di rumah dan lain-lain sebaiknya semua dihilangkan beberapa saat dari pikiran. 

7. Periksa kembali hasil pekerjaan anda
Jika anda masih memiliki waktu yang tersisa setelah menyelesaikan/menjawab semua soal maka tidak ada salahnya anda mencoba untuk mereview kembali pekerjaan anda. Dengan memeriksa kemabli jawaban anda akan semakin meinimalisir kesalahan yang tidak sengaja anda lakukan.

Demikianlah 7 Tips Cara Mengerjakan/Menjawab Soal UN Dan UASBN yang sempat saya bagikan semoga bermanfaat buat adik-adik.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon