Monday, 16 January 2017

6 Cara Agar Siswa Tidak Bosan Mengikuti pembelajaran di Sekolah

Tags
6 Cara Agar Siswa Tidak Bosan Mengikuti pembelajaran di Sekolah_ Setiap guru pasti berharap proses pembelajaran berlangsung secara menyenangkan dan membuat siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena ketika siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran maka kemampuan siswa dalam menangkap materi pembelajaran juga bisa maksimal sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai. Namun harapan terkadang berbanding balik dengan fakta yang anda,  terkadang dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah muncul perasaan jenuh dan bosan untuk mengikuti pembelajaran. Perasaan bosan dan jenuh pada siswa biasanya muncul diakhir-akhir jam sekolah karena pada waktu tersebut konsentrasi anak dalam mengikuti pembelajaran mulai menurun jadi untuk mengatasi hal tersebut butuh cara khusus agar semangat dan motivasi belajar siswa tetap tinggi dalam mengikuti pembelajaran.


Terkadang juga kita menemukan beberapa guru yang sudah susah payah menjelaskan panjang lebar suatu materi pelajaran namun siswa kurang mampu memahami maksud guru, namun guru kurang menyadari hal tersebut dan terus melanjutkan materi pembelajaran tanpa berusaha mengecek pemahaman siswa, sehingga ketika pertemuan selanjutnya guru bertanya tentang materi pelajaran yang telah pelajari sebelumnya akan tetapi kebanyakan siswa sudah tidak mengingat materi pelajaran yang telah dipelajari sebelumnya. Hal demikian sebaiknya bisa diminimalisir agar pembelajaran tidak menjadi kurang bermakna, ibaratkan “masuk telinga kiri keluar di telinga kanan” atau kurang membekas dalam ingatan siswa.
 

Baca juga:
7 Cara Mengatasi Anak Yang Lambat Memahami Pelajaran 
 
Perasaan bosan dan jenuh dalam mengikuti pembelajaran menjadi hal yang mesti diminimalisir oleh guru dengan menerapkan metode dan teknik pembelajaran yang efektif membangkitkan semangat belajar siswa. Bagaimana sih Cara Agar Siswa Tidak Bosan Mengkuti pembelajaran ? dalam artikel ini akan diulas secara detail Cara Agar Siswa Tidak Bosan Mengkuti pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai; berikut pemaparannya.
 

6 Cara Agar Siswa Tidak Bosan Mengikuti pembelajaran di Sekolah

1. Menerapkan pembelajaran yang bervariasi 
Salah satu yang menyebabkan munculnya perasaan bosan dan jenuh dalam diri siswa adalah pembelajaran yang monoton atau dengan cara yang begitu-begitu saja. Oleh karena itu cara agar siswa tidak bosan mengkuti pembelajaran, sebaiknya guru menerapkan pembelajaran yang bervariasi, misalkan dalam pertemuan pertama guru menggunakan model pembelajaran mind mapping maka dalam pertemuan selanjutnya guru menggunakan model lain seperti model pembelajaran berbasis pengalaman dan begitupun dengan pertemuan-pertemuan selanjutnya. Jika hal tersebut dilakukan maka siswa akan selalu antusias mengikuti pembelajaran sehinggan perasaan bosan dan jenuh bisa dihindari.
 

2. Melibatkan siswa dalam pembelajaran 
Penyebab lain munculnya rasa bosan dan jenuh dalam diri siswa adalah cara guru dalam mengajar yang kurang tepat. Sebagian guru mengajar dengan menggunakan metode teacher center yakni pembelajaran lebih banyak berpusat pada guru sehingga siswa seolah-olah hanya sebagai pendengar dalam pembelajaran, sebaiknya dalam proses pembelajaran diterapkan metode student center dimana siswa yang menjadi pusat pembelajaran sehingga siswa menjadi aktif dan terlibat dalam pembelajaran, peran guru dalam student center sebagai fasilitator, katalisator, motivator dan inspirator. Dengan metode tersebut siswa akan lebih antusias dalam mengikuti pelajaran serta bisa mencegah perasaan jenuh dan bosan dalam belajar
 

3. Kontekstual learning
Cara selanjutnya agar siswa tidak bosan mengikuti pembelajaran adalah dengan mempaktikan pembelajaran Kontekstual learning. Kontekstual learning adalah pembelajaran yang membawa siswa dalam pembelajaran yang nyata bukan hanya sekedar teori namun disertai dengan media yang bisa membuat proses pembelajaran lebih nyata, menerapkan pembelajaran kontekstual bisa dilakukan dengan mengajark siswa belajar diluar ruangan atau dialam misalkan di lingkungan sekitar sekolah, mata pelajaran yang cocok dalam pembelajaran ini seperti mata pelajaran IPA, PKN, dan IPS. Selain menyenangkan pembelajaran akan lebih bermakna karena siswa bisa melihat secara nyata wujud benda yang dipelajari misalkan siswa belajar tentang tumbuhan maka siswa diajak belajar di sekitar sekolah untuk melihat berbagai jenis tumbuhan yang ada di sekitarnya.

4. Belajar sambil bermain 
Cara selanjutnya agar siswa tidak bosan mengikuti pembelajaran adalah dengan menerapkan 
metode belajar sambil bermain. Kebiasaan bermain dalam diri siswa tidak bisa dihilangkan begitu saja, dan tak jarang kita menemukan siswa yang bermain-main dalam ketika pembelajaran sedang berlangsung dan hal tersebut wajar. Oleh karena itu tidak ada salahnya mencoba menerapkan pembelajaran yang membawa siswa bermain namun tetap berisi nilai-nilai pelajaran di dalamnya. Misalkan permainan games dengan model TGT (teams games tournamnet), Problem solving,  GI (group investigation) dan lain-lain.
 

5. Menjadi guru yang menyenangkan
Guru memegang peranan sentral dalam suatu pembelajaran, kondusif atau tidaknya suatu pembelajaran, menyenangkan atau tidaknya suatu pembelajaran, antusias atau tidaknya siswa semua tergantung dari cara guru dalam menyajikan pembelajaran. Jadi jangan tanyakn kenapa siswa bosan dan jenuh untuk belajar tapi tanyakanlah apakah pembelajaran yang anda terapkan sudah tepat. Dengan menjadi guru dengan pribadi yang menyenangkan akan membuat siswa lebih enjoy dalam mengikuti pembelajaran, perasaan tertekan dapat diminimalisir.

6. Mengajar dengan menggunakan media pembelajaran
Langkah terakhir yang bisa guru coba terapkan untuk mengatasi perasaan bosan dan jenuh siswa belajar adalah dengan menggunakan media pembelajaran ketika mengajar. Dengan menggunakan media pembelajaran pemahaman siswa lebih realistis atau nyata tidak hanya sebatas teori dan konsep saja.

Berdasarkan 6 Cara Agar Siswa Tidak Bosan Mengikuti Pembelajaran di sekolah maka dapat disimpulkan bahwa guru memiliki peranan yang sentral dalam proses pembelajaran sehingga guru dituntut unutk lebih inovatif dan kreatif sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan maksimal. Demikianlah artikel tentang 6 Cara Agar Siswa Tidak Bosan Mengikuti Pembelajaran di Sekolah. semoga bermanfaat

3 comments

This comment has been removed by the author.

saya ingin CD RPP kurikulum 2013 revisi terbaru 2017 dengan harga yang murah, tersedia untuk tingkat SD/MI, SMP/MTS, MSA/SMK/MA , untuk pemesan bisa hubungi WhatsApp saya 089699837501 , Untuk harga bisa di tanyakan atau kunjungi website sayaa www.rpp2013revisiterbaru.com

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon