Sunday, 25 December 2016

8 Alasan UN (ujian nasional) Harus Tetap Dilaksanakan

8 Alasan UN (ujian nasional) Harus Tetap Dilaksanakan_ Permasalahan tentang Ujian nasional masih menjadi polemik dan menjadi bahan perdebatan para civitas akademika bahkan sudah merembet ke masyarakat. Ujian nasional masih menjadi pro dan kontra apakah akan tetap dipertahankan atau dihapuskan. 

Berbicara terkait pihak yang masih pro dan kontra terhadap pelaksanaan ujian nasional, mereka masing-masing memiliki beberapa alasan tersendiri kenapa ujian nasional harus tetap dilaksanakan dan mengapa justru ujian nasional sebaiknya dihapuskan.


8 Alasan UN (ujian nasional) Harus Tetap Dilaksanakan

Oleh karena mari kita mulai mengulas mengapa sebaiknya Ujian nasional dihapuskan saja. Ujian nasional memang telah mengalami beberapa perubahan dalam format pelaksanaan hal tersebut merupakan salah satu upaya penyempurnaan pelaksanaan ujian nasional guna meningkatkan kompetisi lulusan baik dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik namun masih ada beberapa hal yang menyebabkan ujian nasional tidak terlalu efektif dalam penerapannya. 

Baca juga:
5 Perbedaan UN dan UASBN
17 Cara Agar Sukses Menghadapi UN Dan UASBN

Banyak pihak yang menganggap pelaksanaan ujian nasional justru berdampak negatif terhadap peserta didik dan menjadi beban psikologis bagi peserta didik ketika akan menghadapi ujian nasional.

Beberapa dampak negatif dari pelaksanaan ujian nasional misalnya sebagian orang menjadikan ujian nasional sebagai tolak ukur untuk menilai kemampuan seseorang padahal ujian nasional hanya mengukur kemampuan seseorang dari segi kognitif  hal tersebut dinilai tidak adil karena kemampuan setiap orang berbeda. Sebagian orang ada yang unggul dalam aspek kognitif namun sebagian orang justru memiliki kemampuan lebih dalam aspek afektif atau aspek psikomotorik.

Selain itu dampak negatif lainnya dari pelaksanaan ujian nasional adalah tekanan psikologis yang harus dirasakan oleh peserta ujian nasional tatkala tidak lulus ujian nasional, sebagian orang justru langsung menjustifikasi dengan perkataan yang bernada negatif. Akhirnya siswa akan merasa malu untuk bersosialisasi karena takut dibully dimasyarakat.

Dan yang paling tidak adil adalah siswa di seluruh Indonesia harus menjawab soal ujian nasional yang sama padahal dari yang kita ketahui bahwa kualitas pendidikan di Indonesia belum sepenuhnya merata baik dari segi sarana dan prasarana, kualitas tenaga pendidik dll  jadi wajar jika selama ini siswa yang menjadi peraih nilai tertinggi ujian nasional cenderung berasal dari sekolah yang memenuhi kriteria standar nasional karena fasilitas pendidikan di sekolah tersebut memang sangat memadai. Nah setelah mengetahui beberapa dampak negatif dari pelaksanaan ujian nasional mungkin hal tersebut menjadi alasan kenapa ujian nasional sebaiknya dihapuskan.

8 Alasan UN (ujian nasional) Harus Tetap Dilaksanakan

Selanjutnya kita akan mengkaji alasan Ujian nasional atau UN harus tetap dilaksanakan. memang selain dari beberapa dampak negatif pelaksanaan ujian nasional. Ujian nasional juga memiliki beberapa manfaat sehingga hal tersebut menjadi alasan UN harus tetap dipertahankan. Apa saja manfaat dari pelaksanaan ujian nasional? Berikut 

Manfaat pelaksanaan ujian nasional
1. Penetapan mutu satuan dan atau program pendidikan di seluruh Indonesia,
2. Seleksi masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau berikutnya, 
3. Pertimbangan penentuan kelulusan peserta didik dari satuan dan atau program pendidikan,
4. Pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan dan atau program pendidikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan untuk mencapai tingkat kelulusan tertentu, dan
5. Perbaikan sarana dan prasarana untuk guru, laboratorium, perpustakaan, tenaga kependidikan dan keperluan sekolah lainnya.

Dari beberapa manfaat dari pelaksanaan ujian nasional di atas mungkin menjadi alasan pemerintah sehingga Ujian nasional harus tetap dilaksanakan. Selain manfaat Ujian nasional secara umum, ujian nasional juga memiliki beberapa manfaat bagi peserta didik. Apa saja manfaat Ujian nasional bagi peserta didik berikut ulasannya:

Manfaat Ujian nasional bagi peserta didik

1. meningkatkan Motivasi belajar siswa 
Tak dapat dipungkiri bahwa pelaksanaan ujian nasional selama ini justru berefek pada meningkatnya semangat belajar siswa selain memiliki target untuk lulus ujian nasional  sebagian dari mereka juga menganggap ujian nasional sebagai ajang rivalitas untuk melihat siapa yang terbaik. Dan seperti yang kita ketahui bahwa mental sebagian anak-anak indonesia memang butuh dipaksa agar bisa berprestasi, jadi ujian nasional juga sebagai wadah yang melecut semangat siswa untuk belajar dan berprestasi.

2. Sebagai ajang untuk mengetahui potensi siswa
Ujian nasional selain yang berfungsi sebagai standarisasi nasional untuk mengetahui kemampuan siswa dalam skala nasionalselain itu ujian nasional  juga menjadi tolok ukur tersendiri bagi siswa untuk mengukur kemampuan dirinya. melalui hasil yang diraih melalui ujian nasional siswa akan memahami kemampuan serta potensi yang dimilikinya. akan tetapi ketika ujian nasional dihapus siswa akan kesulitan mematakan kemampuan dalam dirinya dalam menentukan pilihan dalam studi ditingkat pendidikan selanjutnya.

3. Sebagai bahan acuan dalam melanjutkan studi
Manfaat lain dari pelaksanaan ujian nasional adalah siswa akan lebih mengetahui kemampuan yang dominan dalam dirinya, sehingga akan memiliki beberapa gambaran dimana sebaiknya harus melanjutkan studinya.

Itulah beberapa manfaat Ujian nasional bagi peserta didik dan bisa menjadi bahan pertimbangan agar ujian Nasional tetap dilaksanakan. Namun kalau pun ujian nasional dihapuskan pasti pemerintah telah mempersiapkan formulasi khusus sehingga manfaat dari pelaksanaan ujian nasional bisa tetap dipertahankan.

Namun jika dilihat dari kesiapan pemerintah dalam menyiapkan konsep baru pengganti Ujian nasional yang belum sepenuhnya maksimal maka tidak ada alasan selain tetap melaksanakan ujian Nasional sembari lebih menyempurnakan  format Ujian nasional saat ini masih diberlakukan.

Demikianlah sedikit ulasan tentang 8 Alasan UN (ujian nasional) harus tetap dilaksanakan. Semoga bermanfaat dan semakin menambah khasanah pengetahuan saudara pembaca.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon