Kelebihan Dan Kekurangan FULL DAY SCHOOL

Kelebihan Dan Kekurangan FULL DAY SCHOOL_ Sebelum membahas tentang Kelebihan Dan Kekurangan  full day school mari kita ulas terlebih dahulu tentang pengertian full day school. Pengertian full day school secara umum adalah program sekolah yang menyelenggarakan proses belajar mengajar di sekolah selama sehari penuh. Umumnya sekolah yang menyelenggarakan pendidikan full day school dimulai 07.00 sampai 16.00. Istilah full day school berasal dari kata day school (bahasa Inggris) yang artinya hari sekolah. Pengertian hari sekolah adalah hari yang digunakan sebuah institusi untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak (atau usia sekolah).

Dengan menambahkan istilah full pada day school maka pendidikan dijalankan sehari penuh mulai dari pagi hari hingga menjelang sore. Adapun pro dan kontra penerapan full day school adalah suatu hal yang tak bisa dihindari karena memang biasanya  setiap kebijakan tak lepas dari berbagai tantangan, Setiap kebijakan pasti akan memiliki konsekuensi yang siap untuk ditanggung. full day school tak lepas dari beberapa kelebihan jika diterapkan namun juga memiliki kekurangan. hal apakah yang menjadi kelebihan dan kekurangan jika full day school diterapkan diindonesia khususnya pada sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP)? berikut ulasan Kelebihan Dan Kekurangan full day school.
Kelebihan Dan Kekurangan FULL DAY SCHOOL

Kelebihan FULL DAY SCHOOL
1. FULL DAY SCHOOL adalah cara efektif dalam membentuk karakter peserta didik.

Kelebihan dengan diterapkannya full day school maka otomatis peserta didik akan menghabiskan lebih banyak waktunya di sekolah hal ini akan memudahkan guru dalam mengontrol dan mengawasi perilaku siswanya dan akan meminimalisir pengaruh yang tidak baik dari lingkungan sekitar. mengingat usia-usia peserta didik dalam jenjang pendidikan di SD dan SMP merupakan moment yang tepat dalam membentuk kepribadiannya, dengan diberlakukannya full day school maka guru memiliki lebih banyak waktu mendidik siswa untuk menjadi pribadi yang berkarakter.


2. FULL DAY SCHOOL membuat siswa memiliki waktu lebih banyak untuk belajar

full day school adalah solusi dalam memaksimalkan potensi peserta didik baik dalam ranah kognitif , afektif dan psikomotor karena siswa akan punya lebih banyak waktu untuk belajar. namun kata belajar tidak hanya diidentikkan dengan interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam ruangan kelas namun mencakup segala aktifitas siswa selama berada di sekolah

3. Kegiatan ekstrakurikuler bisa lebih dimaksimalkan dengan penerapan full day school

Dampak positif full day school bagi peserta didik adalah peserta didik akan bisa menyalurkan bakat dan minatnya melalui kegiatan ekstarkurikuler yang dipilihnya dengan waktu yang lebih banyak, hal ini akan membuat siswa bisa lebih memaksimalkan bakat yang ada dalam dirinya serta kegiatan ekstrakurikuler juga bisa menjadi penunjang dalam pembentukan karakter peserta didik.

4. FULL DAY SCHOOL akan membuat waktu peserta didik bersama keluarga lebih efisien

Dampak positif sekolah full day sekaligus menjadi kabar gembira bagi siswa adalah "siswa tak akan dibebani dengan tugas rumah atau PR". oleh karena itu waktu bersama keluarga jauh lebih banyak dan bisa membuat siswa menikmati kebersamaanya dengan keluarga.

5.Hari libur menjadi lebih banyak

Manfaat lain dari penerapan  full day school adalah waktu libur siswa yang biasanya 1 hari menjadi 2 hari, hal disebakan oleh kegiatan pembelajaran hanya akan aktif pada hari senin sampai hari jumat. hal ini membuat siswa lebih menikmati lebih banyak waktu untuk bermain dan mengespresikan dirinya serta akan mengurangi kejenuhan siswa dalam proses menimba ilmu di sekolah.

Kekurangan FULL DAY SCHOOL


1. Kemampuan otak anak untuk menerima pelajaran memiliki batas tertentu

Salah Satu dampak negatif full day school atau kekurangan full day school ialah karena Kemampuan otak anak untuk belajar memiliki batas tertentu, belajar yang dilakukan dalam jangka waktu lama juga tidak baik untuk psikologi anak. full day school yang mengharuskan anak tinggal di sekolah mulai jam 7 atau 8 sampai jam 4 sore untuk belajar dikhawatirkan bisa membuat anak jenuh untuk belajar bahkan belajar dalam jangka waktu lama membuat anak susah menangkap pelajaran.

2. sebagian sarana dan prasarana sekolah belum memadai

jika full day school diterapkan maka siswa yang ada di perkotaan mungkin masih bisa belajar dengan nyaman dan tenang karena fasilitas sekolah yang ada di kota sebagian bisa dikatakan sudah cukup memadai dan membuat siswa tidak jenuh untuk tinggal di sekolah. namun coba bandingkan dengan fasilitas sekolah yang ada di daerah pelosok yang masih sangat memprihatinkan, jika anak dipaksakan untuk tinggal di sekolah sampai sore hari dengan kondisi prasarana sekolah yang tidak memadai bisa jadi hal tersebut akan memunculkan kejenuhan bagi peserta didik

3. Transportasi untuk ke sekolah di sebagian daerah masih belum tersedia

Lagi-lagi yang akan mendapat imbas dari penerapan full day school adalah peserta didik yang ada di daerah pedalaman karena sebagian daerah di pedalaman belum memiliki transportasi yang bisa digunakan untuk berangkat dan pulang dari sekolah. bahkan sampai saat ini masih banyak peserta didik yang berjalan kaki beberapa kilo meter untuk sampai di sekolah.

4. Kondisi ekonomi setiap peserta didik berbeda

hal yang bisa menjadi kendala bagi penerapan full day school bagi peserta didik adalah sebagian peserta didik yang memiliki keluarga dalam level ekonomi yang berada dibawah garis kemiskinan akan kesulitan membiayai sekolah anaknya, yang jika biasanya peserta didik yang kurang mampu tak perlu membawa uang jajan ke sekolah namun jika full day school diterapkan maka mau tidak mau peserta didik harus membawa uang jajan ke sekolah itupun kalau orang tua mampu setiap hari memberikan anaknya tersebut anak jajan, selain itu anak yang biasanya dari keluarga kurang mampu terkadang membantu orang tuanya mencari uang setelah pulah sekolah namun jika full day school berlaku maka anak tersebut tidak bisa lagi membantu orang tuanya seperti biasa.

0 Response to "Kelebihan Dan Kekurangan FULL DAY SCHOOL"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close