Wednesday, 13 April 2016

PENGERTIAN PETA

PENGERTIAN PETA 
Peta  merupakan suatu kebutuhan yang mendasar dalam era globalisasi. Peta merupakan alat perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, agar peta dapat bermanfaat pada pemakai, paling tidak peta diperlukan dua syarat yaitu: harus bermutu dan ada pemakai atau pembaca Yulmadia Yulir dalam Yaba (2006: 62). Dengan demikian peta dapat diterima oleh orang sehingga dapat memberikan gambaran menyeluruh dan terpadu tentang suatu daerah kepada orang lain. Dalam  membaca peta, orang harus memahami dengan baik simbol-simbol yang ada dalam peta. Menurut Yulmadia Yulir (2004 : 2) Peta adalah gambaran  konvensional
permukaan bumi yang diperkecil seperti kenyataan yang sebenarnya diatas bidang datar bila dilihat dari atas dengan tambahan tulisan dan simbol-simbol. Melalui peta kita dapat memberikan gambaran menyeluruh dan terpadu tentang keberadaan suatu daerah kepada orang lain dan diterima dengan mudah oleh orang tersebut. 

Menurut R. M. Soetardjo Soerjosoemarno dalam Bambang (2004)  peta adalah suatu lukisan dengan tinta dari seluruh atau sebagian permukaan bumi yang diperkecil dengan perbandingan ukuran yang disebut skala. 

Dari   beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan peta adalah gambaran konvensional secara selektif dari permukaan bumi dengan segala fenomenanya yang diperkecil dengan skala tertentu dan ditampilkan pada bidang datar.

Menurut Amir (2008) Dalam  membaca peta orang harus memahami dengan baik simbol dan semua informasi yang ada pada peta. Faktor yang dapat dibaca untuk memahami peta antara lain : a) Kenampakan pokok yaitu mencakup alam, sosial, ekonomi, gunung, sungai, danau, kota dan jalan, b) Jarak yaitu untuk mengukur kenampakan bentuk-bentuk geografis yang tidak teratur seperti sungai, garis pantai, c) Arah yaitu untuk menentukan arah dapat menggunakan dengan kompas, d) Lokasi yaitu tempat kenampakan geografis dapat dibaca dengan cara parallel median yakni arah-jarak, jarak-jarak, arah-arah, e) Ketinggian yaitu dapat dibaca secara langsung seperti titik triangulasi, titik ketinggian, dan garis kontur. 
BACA JUGA : LINGKUNGAN SEKITAR
PENGERTIAN PETA

1 comments so far

wah manteb nie.. langsung fokus ke pengertiannya aja dan bisa menjabarkan segitu banyaknya.. :)

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon