Monday, 11 April 2016

PENGERTIAN MEDIA AUDIO-VISUAL

PENGERTIAN MEDIA AUDIO-VISUAL 
A. PENGERTIAN MEDIA AUDIO-VISUAL 
Latuheru (2003: 12) mengartikan Media Audio-Visual atau AVA adalah media pendidikan modern yang sesuai dengan perkembangan zaman (kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi), meliputi media yang dapat dilihat dan didengar secara langsung. 

B. JENIS-JENIS MEDIA AUDIO VISUAL
Sesuai dengan pengertian media Audio-Visual di atas maka ada beberapa media dimasyarakat yang dapat digunakan dalam pembelajaran antara lain:
1.  Gabungan slide (Film Bingkai) dengan Tape Audio. 
Gabungan Slide (film Bingkai) dengan Tape Audio adalah jenis sistem multimedia yang paling mudah diproduksi. Sistem multimedia ini serba guna, mudah digunakan dan cukup efektif untuk pembelajaran kelompok atau pembelajaran perseorangan dan belajar mandiri, jika didesain dengan baik sistem multimedia gabungan Slide dan Tape dapat membangkitkan minat belajar dan akan berdampak pada keberhasilan belajar siswa.

2. Film.
Film adalah salah satu jenis media Audio-Visual, dibanding dengan media yang lain film mempunyai kelebihan sebagai berikut: 
a. Penerima pesan akan memperoleh tanggapan yang lebih jelas dan tidak mudah dilupakan, karena antara melihat dan mendengar dapat dikombinasikan menjadi satu. 
b. Dapat menikmati kejadian dalam waktu yang lama pada suatu proses atau peristiwa tertentu. 
c. Dengan tehnik Slow-Motion perbuatan dan membangkitkan emosi dan mengembangkan problema.    

3.Televisi (TV).
Televisi (TV) merupakan salah satu media berbasis Audio-Visual. Spesifikasi dari TV sebagai media pendidikan serta implikasinya kedalam pendidikan antara lain: 
a. Kenyataan yang ditayangkan kongkret dan langsung. 
b. Melalui indera penglihatan dan pendengar, TV dapat membawa kontak dengan peristiwa nyata dan langsung. 
c. Memberikan tantangan untuk mengetahui lebih lanjut. 
d. Keseragaman komunikasi 
e. Keterangan ringkas yang diprogram harus bersifat komprehensif.

4.  Melalui  Komputer  dengan LCD 
Gabungan Komputer dengan LCD, merupakan pengabungan antara Komputer  dengan LCD, dengan menggunakan Komputer  yang telah dirancang dan disediakan dalam kegiatan pembelajaran, dan LCD sebagai tampilan. Sebagai media pendidikan yang dapat digunakan dalam meningkatkan minat siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah, memberi dampak yang positif terhadap perkembangan  minat siswa. Implikasinya dalam kegiatan pembelajaran yaitu: 
a. Menarik minat siswa dalam mengikuti pelajaran. 
b. Memberi kesan bermakna kepada siswa dalam mengikuti pelajaran. 
c. Penerima pesan akan memperoleh makna yang lebih jelas dan tidak mudah dilupakan, karena antara melihat dan mendengar dapat dikombinasikan menjadi satu. 
d. Menumbuh kembangkan keterampilan mengamati, menyimak, dan membaca siswa sehingga melalui proses tersebut siswa dapat lebih memahami

Dari penjelasan di atas tampak bahwa dengan menggunakan media Audio-Visual sebagai media dalam pengajaran di sekolah, memungkinkan dapat meningkatkan  kemampuan membaca siswa di sekolah.
#PENGERTIAN MEDIA AUDIO-VISUAL

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon