Wednesday, 13 April 2016

PENGERTIAN LINGKUNGAN SEKITAR

PENGERTIAN LINGKUNGAN SEKITAR 
Lingkungan merupakan ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara  manusia dengan lingkungannya. Kehidupan tidak pernah terpisahkan dari lingkungannya, Manusia merupakan bagian dari lingkungan sehingga manusia itu diberlakukan hukum-hukum lingkungan sebagai makhluk yang menghuni planet bumi. Pengertian lingkungan adalah tempat dimana suatu makhluk hidup itu tumbuh dimana meliputi unsur-unsur yang penting seperti tanah, air, dan udara. Lingkungan sendiri memiliki arti penting dalam kehidupan setiap makhluk hidup, misalnya lingkungan hutan dimana setiap tumbuhan dan hewan bisa hidup dengan bebas mencari makan. Saat lingkungan rusak dan ekosistem hancur maka keseimbangan antara kehidupan satu dengan kehidupan lainnya akan berubah, hal ini memberikan dampak negatif bagi setiap makhluk hidup yang ada disekitarnya.

Menurut Oemar Hamalik (2001: 195) Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumberdaya alam seperti tanah, air, energi surya, serta flora dan fauna yang tumbuh diatas tanah maupun di dalam lautan. Lingkungan terdiri dari komponen abiotik  dan biotic. Komponen abiotik adalah segala sesuatu yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, cahaya, bunyi dll. Sedangkan komponen biotic adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan dan manusia serta mikro organisme (virus dan bakteri).

Ada dua istilah yang sangat erat kaitannya tetapi sangat berbeda maknanya, ialah alam sekitar dan lingkungan. Alam sekitar mencakup segala hal yang ada disekitar kita baik yang jauh maupun yang dekat jaraknya, baik masa lampau maupun yang akan datang, dan tidak terikat dimensi dan waktu sedangkan lingkungan adalah sesuatu yang ada di alam sekitar yang memiliki makna dan pengaruh tertentu terhadap individu.

Dalam UU no. 23 tahun 1997 mendefinisikan bahwa lingkungan hidup adalah satu kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan. 

Dalam satu lingkungan ada beberapa faktor yang mendukung sehingga dapat dikatakan sebagai lingkungan, faktor tersebut yaitu 1). Warga adalah kelompok manusia yang heterogen dilihat dari berbagai segi kehidupan dalam masyarakat yang mendiami suatu wilayah tertentu, 2). Masyarakat adalah manusia yang bertempat tinggal dalam satu wilayah tertentu dengan batas-batas yang jelas, dan 3). Negara adalah suatu wilayah yang didiami oleh satu satuan penduduk atau kelompok masyarakat yang mempunyai sistem pemerintahan yang berdaulat.
BACA JUGA : PENGERTIAN PETA
PENGERTIAN LINGKUNGAN SEKITAR

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon