9 Hal yang Mesti dipersiapkan Sebelum Travelling

Hal yang Mesti dipersiapkan Sebelum Travelling_ Aktivitas traveling atau melakukan perjalanan ke berbagai tempat, mulai dari destinasi wisata, tempat bersejarah, dan lain-lain, telah menjadi sebuah trend yang cukup digemari oleh sebagian besar orang. Travelling tidak hanya di lakukan di dalam negeri, bahkan beberapa orang juga melakukan aktivitas travelling ke luar negeri.


Dalam melakukan Travelling pastinya harus mempertimbangkan beberapa hal dan mempersiapkan beberapa hal, agar nantinya aktivitas travelling bisa berjalans sesuai dengan yang di harapkan. Lantas apa saja yang mesti dipersiapkan dan dipertimbangkan sebelum melakukan travelling?

Dalam tulisan kali ini, admin akan berbagi informasi tentang beberapa hal yang mesti dipersiapkan sebelum travelling, agar nantinya travelling yang anda lakukan bisa betul-betul anda nikmati, berikut ulasannya:

Hal yang Mesti dipersiapkan Sebelum Travelling

1. Memastikan kondisi fisik dalam keadaan bugar atau fit

Dalam melakukan travelling kondisi fisik harus menjadi perhatian utama, karena dalam melakukan aktivitas travelling juga membutuhkan kesiapan fisik, misalnya saja kondisi tubuh yang sehat, tidak mengalami sakit atau gangguan kesehatan.

Apalagi jika daerah atau destinasi wisata yang menjadi tujuan travelling membutuhkan aktivitas fisik yang lebih besar dari biasanya, maka kondisi kesehatan sangat berpengaruh terhadap kelancaran kegiatan traveling yang dilakukan, jadi sebelum melakukan travelling sebaiknya cek kondisi kesehatan di rumah sakit terdekat atau klinik untuk memastikan Anda benar-benar siap untuk melakukan travelling ke destinasi wisata tujuan anda.

2. Mengumpulkan budget untuk travelling dan mempersiapkan budget untuk traveling.

Kegiatan travelling selain membutuhkan kesiapan fisik, juga membutuhkan dana yang harus disesuaikan dengan tujuan travelling yang diinginkan. Maka dari itu sebelum melakukan travelling sebaiknya beberapa bulan sebelumnya kalian sudah mengumpulkan budget traveling yang memang dibutuhkan untuk traveling ke daerah tujuan yang kadang inginkan.

Selain mengumpulkan budget untuk aktivitas travelling, kalian juga harus mampu mempersiapkan budget tersebut yang memang diperuntukkan untuk traveling, karena kadang kala ada hal yang insidentil yang tiba-tiba membutuhkan biaya atau dana besar, sehingga bisa membuat anda merogoh tabungan anda, bahkan dana yang kalian siapkan untuk travelling bisa jadi akan terpakai.

Dan sebaiknya budget yang kalian siapkan di kumpulkan melebihi estimasi biaya yang dibutuhkan untuk traveling ke daerah tujuan kalian, hal tersebut untuk mengantisipasi jika tiba-tiba ada pengeluaran yang tidak diprediksi, selama kegiatan travelling, jadi dana tersebut bisa dikatakan sebagai dana darurat.

3. Menentukan lokasi atau tujuan travelling

Jadi ada hal yang lumrah sebelum melakukan travelling, kita menentukan terlebih dahulu lokasi atau tempat tujuan kita melakukan travelling, karena dengan lokasi atau tujuan traveling yang sudah fix, kita bisa menghitung-hitung estimasi biaya travelling yang dibutuhkan untuk sampai ke lokasi tersebut. 

Selain itu dengan mengetahui lokasi atau tujuan travelling Kita juga bisa tahu rute perjalanan menuju ke tempat tersebut, sehingga kita bisa mencari review baik di sosial media ataupun di YouTube daerah lokasi tujuan traveling kita, agar nantinya kita bisa mendapatkan informasi tentang sarana dan prasarana yang ada di lokasi travelling tersebut serta untuk mengakses lokasi tersebut bisa di akses lewat apa saja misalnya saja apa bisa melalui mobil, pesawat atau kapal.

4. Menentukan barang dan perbekalan yang akan dibawa ke daerah tujuan travelling.

Jadi dalam melakukan aktivitas travelling ke lokasi tujuan travelling yang kalian inginkan, maka sangat penting untuk mempersiapkan barang-barang dan perbekalan apa saja yang dibutuhkan selama aktivitas travelling tersebut.

Misalnya saja jika travellingnya berupa aktivitas mendaki gunung, maka barang dan perbekalan yang dibutuhkan misalnya berupa jaket, tenda, sarung tangan, dan lain-lain. 

Jadi pastikan barang dan perbekalan yang kalian bawa sudah sesuai dengan kondisi geografi lokasi tujuan travelling anda, sehingga hal-hal yang tidak inginkan bisa diminimalisir.

5. Packing barang beberapa hari sebelum keberangkatan

Sebelum berangkat travelling, sebaiknya barang-barang yang akan kalian bawa itu di packing beberapa hari sebelum keberangkatan kalian, hal tersebut untuk mengantisipasi adanya barang-barang yang mungkin kalian lupa atau tertinggal. 

Karena biasanya jika kita packing barang pada hari keberangkatan, mungkin bisa jadi kita terburu-buru atau tidak fokus lagi sehingga ada barang-barang penting yang akhirnya terlupa, alhasil aktivitas travelling yang dilakukan bisa muncul kendala atau hambatan.

Jika barang di packing berapa hari sebelumnya kalian masih punya kesempatan untuk meng-croscek barang tersebut berkali-kali apakah sudah lengkap dan sesuai dengan kebutuhan travelling yang kalian butuhkan.

6. Kabari orang-orang terdekat tentang aktivitas travelling yang kalian lakukan

Hal yang tidak kalah penting untuk kalian lakukan sebelum berangkat traveling adalah dengan menginformasikan tentang aktivitas kalian yang akan berangkat travelling ke daerah atau destinasi wisata tujuan anda.

Orang-orang yang sebaiknya Anda kabari tentang aktivitas travelling Anda misalnya saja orang tua, keluarga, rekan-rekan dan lain-lain. Agar mereka tahu bahwa anda selalu sedang melakukan perjalanan ke suatu daerah atau lokasi wisata tertentu.

Karena jangan sampai tidak ada yang tahu bahwasanya kamu sedang melakukan travelling dan terjadi apa-apa walaupun kita tidak mengharapkannya.

7. Cari rekan untuk diajak travelling

Jadi jika ingin melakukan travelling, hal lain yang bisa menjadi inisiatif untuk dilakukan adalah mencari rekan yang bisa diajak untuk travelling sama-sama. Karena jika ada rekan yang ditemani dalam aktivitas travelling, mala akan membuat suasana traveling semakin seru.

Namun pastikan orang yang diajak itu memang pantas untuk menjadi rekan traveling, misalnya saja istri, anak atau keluarga. Dalam artian travelling galian tetap mengarah ke hal-hal yang positif.

8. Dokumentasikan kegiatan traveling anda

Hal lainnya yang bisa kalian lakukan selama kegiatan travelling adalah mendokumentasikan aktivitas travelling kalian baik dengan menggunakan kamera ataupun menggunakan Smartphone.

Agar nantinya kalian bisa melihat kembali momen-momen seru yang kalian telah lalui selama traveling dengan melihat foto-foto atau video yang tersimpan di smartphone atau kamera kalian.

9. Berdoa sebelum berangkat

Pesan saya bagi kalian yang sedang ingin melakukan aktivitas travelling ke daerah yang kalian ingin tuju, sebaiknya sebelum berangkat kalian berdoa, agar nantinya aktivitas travelling kalian bisa berjalan dengan lancar dan selalu dalam lindungan Tuhan yang maha esa.

0 Response to "9 Hal yang Mesti dipersiapkan Sebelum Travelling"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close