Apa yang Dimaksud dengan Payroll di Perusahaan?

Apa yang Dimaksud dengan Payroll di Perusahaan? _Sebagai seorang karyawan, Anda tentu harus mengenal sistem gaji yang diberikan perusahaan agar dapat betah bekerja di perusahaan dan tak terjadi kesalah pahaman. Sistem pemberian gaji pada karyawan sendiri ada berbagai macam, salah satunya sistem payroll. 

Payroll adalah sistem pembayaran gaji yang cukup dikenal saat ini dan tergolong salah satu sistem pembayaran gaji karyawan yang lebih modern. Agar Anda tau bagaimana sistem pembayaran gaji perusahaan, Anda cukup menyimak langsung lowongan pekerjaan yang diunggah perusahaan. Biasanya saat perusahaan pasang iklan lowongan pekerjaan, perusahaan akan menjelaskan secara singkat mengenai perusahaan. 

Dari penjelasan singkat itulah Anda bisa tau bagaimana sistem pembayaran gaji di perusahaan tersebut. Meskipun kata payroll merupakan kata yang sudah cukup akrab di telinga banyak pekerja, namun bagi orang yang belum pernah memasuki dunia kerja, kata payroll merupakan kata yang cukup asing. Untuk itu, kali ini akan dibahas berbagai hal mengenai sistem payroll ini.

Pengertian Payroll 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, sistem payroll merupakan salah satu sistem penggajian karyawan yang banyak digunakan oleh perusahaan. Sistem penggajian payroll ini merupakan salah satu sistem penggajian yang terkenal modern. Dalam sistem payroll, perusahaan akan membayar gaji karyawan mereka dalam jangka waktu tertentu, bisa bulanan atau sesuai peraturan dan SOP perusahaan. 

Tak hanya memberikan gaji karyawan dalam jangka waktu tertentu, sistem payroll ini juga memberi gaji karyawan secara detail. Misalnya, pada gaji karyawan nantinya, akan terdapat uang jasa lembur, uang BPJS, atau uang makan. 

Semua tergantung SOP perusahaan. Sistem gaji seperti ini nantinya akan mempermudah perusahaan membayarkan gaji pada para pegawainya. Selain itu, karyawan sebagai penerima gaji akan dapat melihat secara rinci apa saja komponen gaji yang mereka dapatkan dari perusahaan. 

Dengan sistem pembayaran gaji ini, tentu saja memberikan banyak sekali manfaat bagi perusahaan dan karyawan itu sendiri. Untuk itu, kali ini juga akan dibahas apa saja manfaat yang akan didapatkan melalui pembayaran gaji menggunakan sistem payroll.

Manfaat Pembayaran Gaji Menggunakan Sistem Payroll 

Sistem payroll merupakan sistem pemberian gaji yang cukup banyak digunakan perusahaan saat ini. Sistem Payroll ini merinci gaji yang akan dibayarkan oleh perusahaan dan akan diterima oleh para karyawan. 

Karena keterbukaan ini lah, sistem payroll ini memberikan banyak sekali manfaat baik bagi perusahaan maupun bagi karyawan. Untuk itu, kali ini akan dibahas apa saja manfaat dari pembayaran gaji menggunakan sistem payroll ini.

1. Memberikan Laporan Gaji Bulanan yang Rinci Pada Perusahaan dan Karyawan 

Manfaat pertama yang akan diperoleh oleh perusahaan maupun karyawan bila menggunakan sistem pembayaran gaji payroll adalah perusahaan dan karyawan akan mendapatkan laporan gaji bulanan yang rinci. Pada sistem payroll ini, perusahaan dan karyawan akan mendapatkan gambaran yang rinci mengenai gaji yang dibayarkan dan persentase penyusun gaji tersebut, baik berupa BPJS, gaji harian, uang jasa lemburan, maupun uang makan karyawan. 

Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi perusahaan maupun karyawan. Bagi perusahaan laporan gaji yang rinci dan terstruktur dengan baik, mampu membantu mereka memantau arus kas perusahaan mereka dan melihat kesehatan keuangan perusahaan. Dengan sistem ini pula dapat terjadi kesalahan pembayaran gaji, sehingga perusahaan tidak akan mengalami kerugian. 

Sementara itu dari sisi karyawan, sistem payroll ini sendiri bermanfaat untuk membuat mereka tau apa saja hak mereka yang telah diberikan oleh perusahaan, Para karyawan nantinya juga akan dapat melihat persentase uang yang mereka dapatkan dari lemburan mereka. Dengan begitu, tingkat kepercayaan dan loyalitas karyawan akan bertambah pada perusahaan.

2. Memudahkan Perusahaan Melakukan Penataan Data Secara Otomatis dan Lebih Aman 

Manfaat lainnya dari sistem payroll ini adalah memudahkan perusahaan dalam melakukan penataan data secara otomatis dan membuat data mereka tersimpan lebih aman. Ini karena sistem payroll memungkinkan perusahaan menampilkan persentase besaran gaji karyawan secara otomatis dan lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan cara manual. 

Bila perusahaan menempatkan besaran gaji secara manual, perusahaan akan memerlukan waktu yang jauh lebih lama dan ada kemungkinan data gaji tersebut akan hilang. Hal inilah yang nantinya akan dihindari dengan penggunaan sistem payroll. Pada sistem payroll, semua data terkait dengan gaji karyawan akan disimpan secara otomatis di sebuah server, sehingga lebih terjamin keamanannya.

3. Menghemat Waktu Perusahaan dalam Menghitung Besaran Gaji Karyawan 

Sistem payroll juga dapat menghemat waktu perusahaan dalam menghitung besaran gaji yang diterima karyawan. Ini karena sistem payroll menyediakan beragam fitur yang dapat memudahkan menghitung besaran gaji karyawan. Dengan sistem payroll, karyawan yang tak masuk satu hari, izin sakit, atau melakukan hal lainnya yang dapat mengurangi gaji akan terlihat dalam sistem, sehingga tak perlu lagi repot menghitung gaji karyawan secara manual. 

Itulah beberapa hal yang harus Anda pahami mengenai sistem payroll. Dengan segala kelebihan ini, tentu saja sistem payroll ini banyak digunakan perusahaan. Bagi Anda yang baru lulus dan sedang mencari pekerjaan juga, Anda bisa melihat lowongan pekerjaan di Kitalulus. Di Kitalulus, ada banyak lowongan pekerjaan yang bisa Anda pilih, yuk cek Kitalulus sekarang juga.

0 Response to "Apa yang Dimaksud dengan Payroll di Perusahaan?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close