Tips Aman Memesan Tiket Pesawat Secara Online

Tips Aman Memesan Tiket Pesawat Secara Online_ Berbagai oknum yang mengatasnamakan agen perjalanan online dengan menawarkan diskon tiket murah. Untuk itu, kamu harus tetap berhati-hati ketika pesan tiket pesawat online. Sebab, rawan penipuan terkait penjualan untuk pesan tiket pesawat online

Modus penipuannya jualan tiket pesawat online adalah pelaku menawarkan tiket langsung ke korban secara langsung. Setelah korban tertarik, pelaku melanjutkan transaksi dengan menunjukan nomor rekening pribadi. 

Keuntungan Memesan Tiket Secara Online 

Kecanggihan teknologi membuat orang lebih memilih pesan tiket pesawat online. Terlepas dari penipuan yang marak, berikut adalah keuntungan dari memesan tiket secara online.

1. Hemat waktu dan efisien 

Memesan tiket pesawat secara online sangat menghemat waktu. Kamu tidak perlu capek-capek antri memesan tiket pesawat. Semua transaksi dapat dilakukan melalui aplikasi ataupun situs resmi. 

2. Mudah memantau pergerakan harga tiket 

Keuntungan kedua adalah kamu bisa memantau harga tiket dan maskapai yang tersedia. Dari situ, kamu tahu manakah maskapai yang dapat beroperasi. Tak lupa dengan harga tiket dan jadwal keberangkatan pesawat. Kamu bisa memantau informasi harga tiket lewat aplikasi jasa penyedia tiket sejenis Traveloka yang ngasih promo menarik tiket pesawat. 

3. Proses transaksi tiket pesawat secara cepat 

Pesan tiket pesawat online butuh waktu cepat. Setelah kamu mendaftar di aplikasi Traveloka, data kamu tersimpan dengan baik. Jadi, kamu gak perlu isi data informasi ulang sebelum pemesanan.

4. Bebas memilih tempat duduk 

Dengan memesan tiket pesawat secara online, kamu bebas memilih tempat duduk. Inilah kelebihan dari memesan online, kamu bisa memesan kursi di dekat jendela atau manapun sesuai keinginan. 

5. Bisa mengganti dan membatalkan jadwal penerbangan 

Keuntungan lain pesan tiket pesawat online adalah dapat membatalkan dan mengganti jadwal penerbangan. Proses penggantian tiket pesawat maupun pembatalan bisa dilakukan lewat aplikasi selama terhubung internet.

Tips Terhindar dari Penipuan Penjualan Tiket Online 

Tidak sedikit orang yang jadi korban penipuan tiket pesawat online. Sebab, penipuan jenis ini masih beredar hingga saat ini. Agar kamu terhindar dari penipuan tiket pesawat, berikut adalah tips untuk menghindari penjualan tiket pesawat online abal-abal.

1. Jangan tergiur diskon besar-besaran 

Bentuk penipuan pemesanan tiket pesawat online adalah diskon besar-besaran. Seringkali penipu ngasih iming-iming diskon tiket pesawat di kisaran 20 sampai 40 persen. Apakah harga tersebut wajar? Sejujurnya belum tentu lho. 

Hal ini karena perusahaan selalu ngasih syarat dan ketentuan sebelum mendapatkan diskon. Maskapai penerbangan ngasih diskon harga tiket pesawat kepada pelanggan karena ada berbagai ketentuan seperti sudah mengumpulkan poin, atau memesan di tanggal tertentu, dan sejenisnya. 

Jadi, aneh rasanya kalau ada perusahaan penyedia tiket pesawat ngasih diskon tanpa ada syarat dan ketentuan.

2. Pesanlah tiket pesawat di agen online resmi dan terpercaya 

Pesan tiket pesawat online di agen resmi sangatlah disarankan untuk menghindari penipuan tiket pesawat. Keuntungan dari memesan tiket di agen online resmi yaitu kamu bisa melihat harga tiket pesawat dan jumlah maskapai secara realtime. Pengalaman ini dapat ditemukan kalau memesan di Traveloka. 

3. Hindari pemesanan tiket pesawat online lewat telepon maupun aplikasi pesan singkat 

Cara lain pesan tiket dengan aman adalah hindari memesan lewat telepon maupun japri. Potensi penipuan sangat besar kalau kamu pesan tiket pesawat online dengan cara itu. Terutama kalau memakai nomor pribadi. 

Biasanya perusahaan penyedia jasa tiket pesawat memiliki nomor customer service untuk pelayanan maupun pemesanan. Itupun adalah nomor yang dipakai oleh perusahaan, bukan pribadi. 

4. Sempatkan mencari tiket pesawat secara mandiri 

Hadirnya agen-agen perjalanan sangat mempermudah untuk mencari tiket pesawat. Kamu bisa memesan tiket pesawat dengan melihat rute penerbangan, baik nasional maupun internasional. Bijaknya, kamu perlu membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai penyedia jasa. 

Lakukan riset sampai menemukan kondisi yang sesuai. Apabila selisih harganya tidak terlalu jauh, bisa dikatakan aman. Salah satunya dengan mulai riset harga tiket pesawat melalui aplikasi Traveloka. 

5. Konsumen mendapatkan kuasa lebih 

Penyedia jasa tiket pesawat online memberikan keleluasaan pelanggan untuk memilih dan membandingkan maskapai penerbangan. Tentunya lengkap dengan rincian data penumpang serta metode pembayaran yang tersedia. 

Berbeda dengan penipu tiket pesawat online yang tidak memiliki sistem maskapai penerbangan. Alhasil, mereka hanya bisa melakukan transaksi melalui WA/SMS/LINE dan sejenisnya. 

6. Perhatikan cara pembayaran dan penggunaan nomor rekening 

Ngomong-ngomong soal cara pembayaran, pembayaran ATM/SMS/Online banking merupakan metode pembayaran yang sering digunakan di masyarakat. 

Metode pembayaran tersebut ternyata digunakan oleh penipu maupun penyedia tiket pesawat professional. Lalu, apa yang membedakan professional dengan penipu kalau menjual tiket pesawat?

  • Online banking 

Agen perjalanan online professional biasanya terintegrasi dengan beberapa bank besar. Contohnya adalah Mandiri Clickpay maupun BCA Klikpay. Adanya online banking membuktikan agen tersebut memiliki kontrak e-commerce dengan bank secara profesional. Sedangkan penitu tidak memiliki kontrak tersebut. 

  • Transfer bank 

Agen perjalanan melakukan transaksi menggunakan akun virtual atas nama perusahaan. Saat transaksi, kamu dapat melihat nama perusahaan jasa agen perjalanan. 

Demikian cara-cara yang bisa kamu terapkan untuk pesan tiket pesawat online dengan aman. Pesan di aplikasi Traveloka untuk dapatkan promo tiket pesawat,

0 Response to "Tips Aman Memesan Tiket Pesawat Secara Online"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close