10 Contoh Sikap Terpuji dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Sikap Terpuji dalam Kehidupan Sehari-hari_ Perlakukan oranglain sebagaimana engkau ingin diperlakukan, ungkapan tersebut menyiratkan bahwa jika engkau suka jika diperlakukan baik dan tidak senang jika diperlakukan tidak baik maka oranglain pun seperti itu. Dalam pergaulan sehari-hari sangat penting untuk menjunjung nilai-nilai luhur, saling memuliakan antara sesama. Yang muda menghormati yang tua dan tua menyanyangi yang mudah adalah sebuah rumus kehidupan yang akan membawa pada munculnya rasa rukun dimasyrakat.

Namun realita atau kenyataan yang sering ditemukan atau sering terpublish di media sosial adalah perilaku-perilaku yang kurang baik, namun bisa jadi orang-orang yang memperlihatkan perilaku kurang terpuji hanya merupakan oknum dan sebagai orang yang cerdas maka sangat penting untuk tidak langsung menyalahkan kelompok atau golongan tertentu, dengan kata lain sebaiknya harus bijak dalam menilai suatu informasi.

Terlepas dari beberapa hal yang mungkin tidak sesuai dengan jati diri bangsa, maka perlu kalian ketahui bahwa masyarakat indonesia terkenal akan sikap lemah lembut terhadap sesama, gotong royong dan beberapa sikap terpuji lainnya.

Berbicara mengenai sikap terpuji! Tahukah kalian bahwa ada banyak sekali contoh sikap terpuji yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dan senada dengan karakter bangsa, memang sikap terpuji sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang agar muncul rasa persaudaraan di tengah-tengah masyarakat, apa-apa saja Contoh Sikap Terpuji dalam Kehidupan Sehari-hari? Berikut pembahasannya:

Contoh Sikap Terpuji dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Betanggung Jawab

Bertangggung jawab merupakan salah satu contoh perilaku terpuji, Tanggung jawab adalah suatu sikap yang mencerminkan suatu perilaku atau sikap yang ditunjukan oleh seseorang yang masih berbuat dan bertingkah laku sesuai dengan kewajiban yang diembangnya dan menyadari akan perilaku dan sikap yang ditunjukan. Misalnya contoh sikap tanggung jawab adalah melaksanakan Ronda sesuai dengan jadwal yang diberikan

2. Jujur

Jujur adalah suatu sikap atau perilaku yang menyampaikan atau melakukan sesuatu sesuai dengan kenyataan, sesuai dengan amanah yang dipercayakan, lawan dari sikap jujur sendiri adalah dusta/khianat/bohong. Misalnya saja saat ulangan, guru melarang untuk mencontek maka siswa-siswa pun tidak ada yang mencontek atau contoh lain sikap jujur adalah menyampaikan sesuatu berita sesuai dengan kenyataan meskipun hal tersebut bisa jadi merugikan baginya.

3. Amanah

Amanah adalah sikap yang menunjukan seseorang mampu menjaga kepercayaan dan tanggung jawab diberikan kepadanya. Amanah merupakan sikap yang patut dimiliki setiap pemimpin di negeri ini agar kepercayaan dan harapan masyrakat bisa terjaga. Contoh sikap amanah misalnya menjaga atau menjalankan tugas yang dipercayakan kepadanya.

4. Rendah hati

Rendah hati adalah lawan dari kata sombong dan congkak, jika sombong adalah merasa lebih baik dari oranglain maka rendah hati adalah selalu tidak merasa lebih baik dari oranglain padahal sebenarnya dia memang lebih baik. Contoh sikap rendah hati di lingkungan adalah misalnya tetap ikut antri meskipun seorang pejabat.

5. Suka Menolong

Pastinya setiap orang suka atau simpatik dengan orang yang menolong mereka saat mereka sedang ada masalah atau dalam kesulitan, perilaku suka menolong merupakan contoh sikap terpuji yang mesti dimiliki oleh setiap orang. Contoh sikap terpuji adalah membantu orang yang sedang kesusahan sehingga mereka bisa keluar dari kesulitan yang dihadapi.

6. Dermawan

Dermawan adalah sikap atau perilaku yang suka memberi atau berbagi dengan kata lain dia suka bersedekah. Contoh sikap dermawan adalah misalnya bersedekah jika ada orang yang mengalami bencana, membantu orang lain yang kekurangan harta.

7. Berbakti Kepada Orangtua

Pastinya setiap orang memiliki keluarga atau orangtua, tugas seorang anak adalah taat dan berbakti kepada orangtua, contoh perilaku yang menunjukan anak berbakti kepada orangtuanya misalnya membantu orangtua, patuh kepada orangtua dll.

8. Menghargai Perbedaan

Negara Republik Indonesia terdiri dari suku-suku yang tersebar mulai dari sabang sampai marauke, sebagai warga negara yang baik maka sebaiknya kita senantiasa menghargai perbedaan. Contoh menghargai perbedaan misalnya mengecilkan suara radio/TV/HP saat oranglain sedang beribadah sehingga mereka tidak terganggu.

9. Tepat Janji

Jika kita berjanji pastinya harus tepati maka dengan begitu akan dikenal sebagai orang yang tepat janji, perilaku tepat janji harus dimiliki oleh setiap orang agar muncul rasa saling percaya terhadap sesama sehingga tidak ada lagi kebohongan.

10. Tidak Mubadzir

Mubadzir adalah sikap suka membuang buang makanan atau yang lainnya padahal masih bisa dimakan atau dibagikan ke oranglain.

Demikianlah artikel tentang Contoh Sikap Terpuji dalam Kehidupan Sehari-hari, semoga artikel ini bermnafaat untuk anda

0 Response to "10 Contoh Sikap Terpuji dalam Kehidupan Sehari-hari"

Post a comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close