Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Ke-3 di Lingkungan Keluarga Sekolah dan Masyarakat

Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Ke-3 di Lingkungan Keluarga Sekolah dan Masyarakat _ Pancasila merupakan dasar Negara Republik Indonesia yang menjadi falsafah hidup. Pancasila memiliki 5 sila yang saling berkaitan satu sama lain, sebagai warga negara indonesia maka patutlah untuk mengamalkan ke-lima sila pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Ke-3 di Lingkungan Keluarga Sekolah dan Masyarakat, seperti yang kita ketahui Sila Ke-3 pancasila adalah "Persatuan Indonesia".

Lantas apa saja Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Ke-3 di Lingkungan Keluarga Sekolah dan Masyarakat ? Berikut Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Ke-3 di Lingkungan Keluarga Sekolah dan Masyarakat 

Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Ke-3 di Lingkungan Keluarga Sekolah dan Masyarakat  

Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Ke-3 di Lingkungan Keluarga

1. Kerja Bakti Bersama Keluarga

Dalam suatu keluarga biasanya terdiri dari orangtua dan anak-anaknya, contoh pengamalan sikap persatuan dalam lingkungan keluarga adalah bekerjasama atau kerja bakti bersama anggota keluarga. Bentuk kerja bakti yang bisa dilakukan bersama keluarga adalah dengan membersihkan rumah, membersihkan pekarangan ruma secara bersama-sama.

Dengan bekerja bakti bersama anggota keluarga temasuk bersama anak, akan melatih anak menjadi pribadi yang pekerja keras dan pandi bekerjasama dalam menyelesaikan suatu masalah dengan begitu nantinya anak akan tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter.

2. Hidup Rukun Bersama Anggota Keluarga

Sebagai anggota keluarga yang baik maka sangat penting untuk menjaga keharmonisan anggota keluarga atau dengan kata lain hidup rukun. Hidup rukun dalam anggota keluarga sendiri merupakan contoh pengamalan sila ke-3 "persatuan indonesia" yang diaplikasikan dalam lingkungan keluarga.

Dalam anggota keluarga sebaiknya orang tua menyayangi anaknya, anak menghormati orangtuanya, kakak menyayangi adiknya dan adik menyayangi kakaknya, dengan begitu keluarga akan menjadi rukun dan harmonis.

Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Ke-3 di Lingkungan Sekolah

1. Memilih Ketua Kelas dan Menghargai Ketua Kelas yang Terpilih

Pastinya dalam suatu kelas terdapat ketua kelas, dalam proses pemilihan ketua kelas biasanya dilakukan dengan cara voting, calon ketua kelas yang mendapat suara terbanyak maka akan terpilih menjadi ketua kelas. 

Setelah terpilih ketua kelas maka sebaiknya semua siswa menghargai dan menghormati ketua kelas baru tersebut dan melakukan aktivitas dengan arahan atau didiskusikan terlebih dahulu dengan ketua kelas yang bersangkutan.

Kekompakan siswa dalam memilih ketua kelas dan menghargai ketua kelas yang terpilih merupakan contoh pengamalan sila ke-3 yakni persatuan indonesia di lingkungan sekolah.

2. Bekerjasama Menyelesaikan Tugas yang Diberikan Guru

Selain belajar dalam kelas, biasanya guru akan memberikan tugas kepada siswanya untuk diselesaikan secara bersama-sama, sebagai siswa yang baik maka sangat penting untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dan dikerjakan bersama teman-teman yang lainnya sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan.

Bekerjasama menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru bersama-sama merupakan bentuk pengamalan sila ke-3 pancasila "Persatuan Indonesia".

3. Membantu Teman yang Kesulitan

Di sekolah terkadang ada siswa yang mengalami kesulitan, misalnya lupa membawa pulpen, atau lupa membawa uang jajan ke sekolah, nagh sebagai sisw yang baik dan menjunjung rasa persatuan maka sebaiknya membantu teman yang kesusahan tersebut sehingga teman tersebut bisa keluar dari masalah yang dihadapinya

4. Berteman dengan Siapa Saja Tanpa Melihat Suku, Ras dan Agama

Sekolah merupakan tempat siswa untuk belajar, di sekolah juga biasanya terdapat siswa dari beragam suku, budaya dan agama. Walaupun demikian sebaiknya harus tetap saling menghargai, menghormati dan hidup saling menyayangi satu sama lainnya.

5. Ikut Perlombaan antar Sekolah dengan Bersungguh-sungguh

Perlombaan antar sekolah adalah hal yang rutin dilakukan antara sekolah-sekolah, jika terpilih menjadi perwakilan sekolah bersama teman yang lain maka sebaiknya bersungguh-sungguh dalam mengikuti perlombaan agar bisa juara dan mengharumkan nama sekolah.

6. Berpartisipasi Menjaga Kebersihan dan Keamanan

Kebersihan dan kemanan sekolah bukan hanya tanggung jawab satpam, guru atau kepala sekolah, namuan menjaga kebersihan dan kemanan sekolah merupakan tanggung jawab bersama termasuk siswa, maka dari itu sangat penting untuk kompak dalam menjaga kebersihan dan keamanan sekolah agar sekolahnya menjadi bersih dan damai.

Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Ke-3 di Lingkungan Masyarakat

1. Meramaikan Perayaan 17 Agustus Secara Kompak dan Mendekorasi Rumah dan Lingkungannya

Perayaan 17 Agusutus identik dengan perlombaan dan berbagai macam desain dekorasi dalam meramaikan kegiatan 17 Agustus. Sebagai warga masyarakat yang baik maka sebaiknya anda ikut Meramaikan Perayaan 17 Agustus Secara Kompak dan Mendekorasi Rumah dan Lingkungan.

2. Ikut Ronda Malam Demi Menjaga Keamanan Linkungan

Ronda atau siskamling dilakukan untuk menjaga lingkungan dari hal yang tidak diinginkan, nagh anda juga bisa ikut berpartisipasi dan kompak/bersatu dengan warga lain untuk menjaga kemanan dan ketertiban lingkungan.

3. Menghargai Perayaan Keagamaan Penganut Agama Lain

Setiap agama memiliki hari raya, sebagai warga masyarakat yang baik maka sangat penting untuk saling Menghargai Perayaan Keagamaan Penganut Agama Lain, saling mengargaiantara sesama pemelu agama merupakan contoh persatuan indonesia


0 Response to "Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Ke-3 di Lingkungan Keluarga Sekolah dan Masyarakat "

Post a comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close