Cara Mudah Cek Link Blog yang Sudah Tidak Aktif [Broken link] dan Cara Menghapusnya

Cara Mudah Cek Link Blog yang Sudah Tidak Aktif [Broken link] dan Cara Memperbaikinya_ Blog yang sehat pastinya akan memilihki nilai lebih di mata search engine [mesin pencari] seperti Google, Yahoo dll. Bagi anda yang sedang membangun website salah satu hal yang perlu menjadi bahan perhatian adalah Broken Link atau sering disebut Link mati.

Selain Fokus menulis konten-konten berkualitas sebaiknya anda secara berkala mengecek kondisi link-link artikel yang telah anda posting atau link-link blog lain yang telah memasang content placement di blog anda. Hal tersebut tujuannya untuk memastikan agar tidak ada link mati/broken link.

Bagi anda yang ingin mengecek Link Blog yang Sudah Tidak Aktif [Broken link] namun belum tahu caranya, silahkan anda baca artikel ini sampai selesai. berikut tutorial Cara Mudah Cek Link Blog yang Sudah Tidak Aktif [Broken link];

Cara Mudah Cek Link Blog yang Sudah Tidak Aktif [Broken link] dan Cara Memperbaikinya

1. Kunjungi Situs https://www.brokenlinkcheck.com
Untuk mengecek link mati yang ada di blog anda, pertama-tama silahkan anda kunjungi situs berikut ini: https://www.brokenlinkcheck.com

setelah anda mengklik/mengunjungi situs tersebut maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini:



Setelah muncul tampilan seperti pada gambar di atas, selanjutnya silahkan masukan alamat situs web anda pada kolom yang ditunjukan tanda panah merah nomor 2 pada gambar di atas. Kemudian klik tulisan " Find Broken Links", setelah anda mengklik tulisan Find Broken Links selanjutnya akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini:


1. Masukan alamat situs anda
2. Masukan Kode pengaman
3. Klik/pilih Report at occurenced of each dead link (Laporkan semua kemunculan setiap tautan mati (mungkin lebih lambat)

Setelah itu silahkan anda klik tulisan Find Broken Links", setelah itu akan muncul Link mati/broken link yang ada di website anda. Jika link mati yang ditemukan adalah content placement atau tautan ke website atau blog lain, silahkan anda remove atau hapus link tersebut, jika link yang mati adalah link internal yang ada di blog anda, silahkan hapus melalui fitur google search console
contoh gambar hasil pencarian link mati [broken link]:


Setelah muncul daftar link mati yang ada di blog anda selanjutnya silahkan anda klik "url" untuk menuju ke artikel dimana link mati tersebut berada.



Setelah anda mengetahui link mati yang ada di blog anda, ada baiknya jika link mati tersebut adalah link artikel anda sendiri maka sebaiknya segera di hapus di google webmastertools/google search console, berikut cara menghapus link mati yang ada di blog

Cara Menghapus Link Artikel [Broken Link] di Google Search Console

1. Kunjungi https://www.google.com/webmasters/tools
Pertama-tama untuk Menghapus Link Artikel [Broken Link] di Google Search Console, silahkan kunjungi: https://www.google.com/webmasters/tools, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini kalau tidak salah:


Setelah muncul tampilan seperti di atas, selanjutnya silahkan anda klik tulisan "Indeks Google" seperti yang ditunjukan pada contoh gambar di bawah ini:



Setelah anda mengklik tulisan "Indeks Google" maka akan muncul tulisan "Hapus URL" seperti pada contoh gambar di atas, selanjutnya silahkan anda klik tulisan "Hapus URL" kemudian akan muncul tampilan sepertindi bawah ini:


Silahkan klik tulisan "sembunyikan sementara" seperti yang ditunjukan pada contoh gambar di atas, sampai muncul kolom kecil di bawahnya seperti pada gambar di bawah ini:


Selanjutnya silahkan masukkan link URL yang ada pada blog anda yang ingin anda hapus kemudian klik tulisan "Terus" sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini:


Setelah itu silahkan klik ikon segetiga kecil terbalik sehingga munul beberapa opsi penghapusan, kemudian pilih yang paling bawah kemudian klik tulisan "Kirim Permintaan" .

Demikianlah artikel tentang Cara Mudah Cek Link Blog yang Sudah Tidak Aktif [Broken link] dan Cara Menghapusnya, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

0 Response to "Cara Mudah Cek Link Blog yang Sudah Tidak Aktif [Broken link] dan Cara Menghapusnya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel