Thursday, 18 May 2017

Cara Mudah Cek atau Mencari Nomor Ijazah Pada Ijazah

Tags
Cara Cek atau Mencari Nomor Ijazah Pada Ijazah _ Penerapan sistem elektronik dalam dunia pendidikan memungkingkan seorang alumni dari suatu universitas (swasta atau negeri) untuk mengetahui, apakah datanya sudah terdaftar di database dikti atau tidak. caranya  yakni tinggal mengecek melalui sistem verifikasi ijazah online/elektronik (SIVIL). 

Pengecekan keaslian ijazah secara online bisa dilakukan oleh alumni perguruan tinggi negeri dan alumni perguruan tinggi swasta mulai dari tingkat sarjana (S1), Master (S2) dan Doctor (S3). Selain itu dalam beberapa proses pendaftaran, kadang hanya menggunakan nomor ijazah sebagai metode untuk menferivikasi apakah orang yang terkait memang benar alumni dari universitas negeri atau swasta yang dia klaim pernah kuliah di kampus tersebut, dengan memasukkan nomor seri ijazah , orang yang terkait bisa dideteksi bahwa benar-benar adalah orang yang tercantum dalam ijazahnya.

Baca juga: Cara mudah cek keaslian ijazah pada situs resmi dikti

Akan tetapi beberapa alumni kampus tidak mengetahui dimana letak nomor ijazah pada ijazahnya, memang bagi yang sudah paham, menentukan nomor ijazah memang cukup mudah akan tetapi yang masih belum terlalu mengerti kadang kebingungan dalam mencari no ijazahnya.

A. Cara Cek atau Mencari Nomor Ijazah Pada Ijazah

Ok langsung saja kita belajar cara menentukan nomor ijazah dan mengetahui letak nomor ijazah pada ijazah, silahkan perhatikan gambar ijazah di bawah ini:


Cara Cek atau Mencari Nomor Ijazah Pada Ijazah
Cara Cek atau Mencari Nomor Ijazah Pada Ijazah

Pada gambar di atas nomor ijazah berada di dalam lingkaran merah yang ditunjuk dengan tanda panah merah, sengaja saya tutup nomor seri ijazahnya karena hal tersebut bersifat private dan takut disalah gunakan. Letak nomor ijazah biasanya berada dibagian sudut kanan atas pada ijazah. Pada penomoran jazah diawali dengan tulisan NO. kemudian seri angka ijazah, kemudian kode universitas (negeri/swasta), kemudian kode jenis ijazah (S1. S2 atau S3) dan terakhir adalah tahun keluarnya ijazah.


Dalam proses registasi dalam biasanya semua seri diatas dimasukkan mulai dari angka, garis miring (/), kode kampus, jenis ijazah dan tahun ijazah semua dimasukkan/diimput agar data anda bisa terbaca secara online disitus dikti.

Cara Cek Nomor Ijazah di Sivil Ristekdikti
Untuk memastikan bahwa nomor seri yang ada pada ijazah anda adalah nomor ijazah yang sebenarnya maka anda harus mengecek kebenarannya di Sivil Ristekdikti. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Kunjungi Situs Resmi Dikti (https://ijazah.ristekdikti.go.id/)
Silahkan klik link ini (https://ijazah.ristekdikti.go.id/), setelah anda mengklik link tersebut maka akan muncul gambar seperti dibawah ini:


2. Lengkapi Formulir Verifikasi
Untuk memastikan keabsahan ijazah anda, pastikan nomor ijazah anda dapat diverifikasi melalui SIVIL. Pastikan anda mengisi Perguruan Tinggi, Nomor Ijazah dan Angka pengaman dengan benar. Apabila nomor ijazah anda tidak terdaftar, silakan hubungi Perguruan Tinggi yang menerbitkan ijazah untuk memastikan data anda telah dilaporkan melalui PD-DIKT
Pertama: Isi asal perguruan tinggi anda
Kedua: Isi program studi anda
Ketiga: isi nomor ijazah anda
Keempat: masukkan angka verifikasi

Catatan: jika di ijazah anda terdapat beberapa nomor yang diduga nomor ijazah maka silahkan anda coba imput secara bergantian nomor yang anda anggap ijazah tersebut.

Silahkan perhatikan contoh di bawah ini



Setelah anda melengkapi formulir Verifikasi, selanjutnya klik tulisan Verifikasi. 

3. Ijazah yang tidak terdaftar
Setelah di verifikasi dan nomor ijazah anda tidak terdaftar maka akan muncul gambar seperti di bawah ini:



Apabila nomor ijazah anda tidak terdaftar, silakan hubungi Perguruan Tinggi yang menerbitkan ijazah untuk memastikan data anda telah dilaporkan melalui PD-DIKT

Bagaimana, apakah setelah anda membaca artikel ini anda sudah tahu cara menemukan dan menetukan nomor ijzah serta letak nomor ijazah? demikianlah artikel tentang Cara Cek atau Mencari Nomor Ijazah Pada Ijazah semoga bermanfaat.

1 komentar so far

Saya Alumni FKIP Universitas Udayana Bali lulusan 1993, yang di Singaraja.
Ijazah saya hilang, baik yang asli maupun foto copy, mau membuat surat keterangan lulus, menurut rektorat harus mengetahui no ijazah, pertanyaanya
1. Apakah betul harus ada no ijasah kalau mau membuat surat keterangan lulus, padahal kami sudah membawa bukti lain yaitu akte 4 dan transkip nilai ?
2. Bagaiamanakah cara mengetahui no ijazah saya, sementara ijazah saya hilang ?
jika ada yang tahu caranya tolong email ke saya yaitu jokopmdo@gmail.com
Terima kasih
2.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon