Tuesday, 12 June 2018

9 Cara Agar Tidak Dibully dan Sikap yang Dilakukan Saat Dibully

Tags
Cara Agar Tidak Dibully dan Sikap yang Dilakukan Saat Dibully _ Perilaku bullying adalah hal yang sering dialami oleh seseorang, pelaku bulliny biasanya bisa dilakukan oleh satu orang saja dan terkadang juga dilakukan oleh kelompok. Bentuk bullyng bisa berupa intimidasi, provokasi bahkan bisa berupa k*k*rasan fisik.


Bullying yang dilakukan terhadap seseorang tak lepas dari adanya hal yang kurang berkenan menurut pelaku bullyng. Terkadang bullyng dilakukan kepada seseorang karena orang tersebut memiliki perilaku yang membuat pelaku bully menjadi jengkel. 

Jadi jika anda sering dibully maka hal pertama yang mesti anda lakukan adalah instrosfeksi diri, jangan sampai karena sikap anda yang kelihatan angkuh, kelihatan penakut, apatis atau berteman dengan orang yang angkuh, kelihatan penakut, apatis sehingga anda juga menjadi sasaran bullying.


Jadi bagaimana cara supaya tidak di bully teman, serta sikap apa yang sebaiknya dilakukan saat dibully? Berikut beberapa tips yang bisa anda coba Agar tidak Dibully.

9 Cara Agar Tidak Dibully dan Sikap yang Dilakukan Saat Dibully

1. Bersikap ramah dan sopan
Sikap/perilaku anda menjadi sangat berpengaruh/berkontribusi terhadap perlakuan bullying yang anda dapatkan. Teorinya cukup muda, jika anda ingin diperlakukan baik maka perlakukanlah orang lain dengan baik.

Sehingga, agar oranglain tidak membully anda, maka anda harus menunjukan sikap bersahabat, ramah, sopan santun kepada orang yang ada disekitar anda atau disekolah anda. Orang yang biasanya bersahabat, ramah, sopan santun akan mudah disukai oleh orang lain.

Usahakan untuk menebar senyum persaudaraan baik kepada orang yang kamu suka maupun kepada orang yang tidak kamu kenal maupun orang yang kamu kenal, senyuman akan membuat orang berpikir kalau anda orang yang baik dan bersaudara.

2. Bersikap tegas dengan perilaku bully yang anda dapatkan.
Agar anda tidak terus-terus dibully, maka anda harus memiliki prinsip dan ketegasan dalam bersikap. Jangan menunjukan bahwa anda adalah sosok yang lemah dan mudah diintimidasi. Milikilah prinsip sehingga orang akan menjadi segang untuk membully anda.

Supaya orang yang sering membully anda menjadi jerah untuk membully anda, maka sesekali anda harus bersikap, misalnya saja membrontak/melakukan perlawanan, sehingga muncul efek jerah atau perasaan takut bagi orang tersebut.

3. Tenang saat dibully
Cara bersikap saat dibully adalah dengan bersikap tenang, pertama tunjukan itikad bersahabat, bertutur sapa yang lemah lembut. Merendahlah serendah-rendahnya agar tidak ada lagi yang merendahkanmu.

Jika cara tersebut tidak efektif maka saatnya pakai strategi kedua yakni bersikap tegas. Anda bisa mengatakan, "Saya memang orang yang bersahabat tapi jika perlakuan anda sudah berlebihan saya bisa melakukan hal yang sama". Tapi utamakan untuk menyelesaikan perlakukan bullying yang anda hadapi dengan jalan damai,

4. Berikan pujian atau sanjung orang yang akan membully anda
Agar anda tidak selalu dibully, bisa juga anda lakukan dengan memberikan pujian atau sanjungan pada kelompok /orang yang suka membully anda. Tapi pujiannya yang benar-benar nyata, bukan memberi pujian tapi berisi kebohongan.

Misalnya saja; puji sepatunya, bajumya, tasnya, pakainya atau kepintaran.prestasi dari orang yang selalu membully anda. Setiap orang biasanya cenderug suka dipuji, jadi ndah apa-apa sesekali anda puji pelaku bullying tersebut. Bisa jadi dengan sering memujinya maka kalian justru akan mejadi teman.

5. Hindari lewat di depan orang yang suka membully anda
Terkadang kita tidak tahu alasan kenapa oranglain suka membully anda, jadi sebaiknya cari tahu dulu informasi kenapa kelompok atau seseorang membully anda. Sembari mencari informasi usahakan tidak sering muncul dihadapan tukang bullying, karena terkadang dengan melihat wajah anda saja sudah bisa membuatnya emosi dan jengkel.

6. Melaporkan ke Guru atau pihak berwajib
Jika anda terus menerus menjadi sasaran bullying maka langkah preventif yang bisa anda lakukan adalah dengan melaporkan pelaku bullying kepada anda ke pihak berwajib atau guru anda, dengan begitu pelaku bullying akan diberi hukuman yang akan membuatnya jerah.

7. Mencari lebih banyak teman
Jadilah sosok yang mudah berteman, agar anda memiliki banyak teman. Jika anda memiliki banyak teman, orang yang suka membully anda akan ragu untuk membully anda lagi lantaran anda sudah memiliki banyak teman yang bisa menolong dan membela anda.

8. Sabar menghadapi bully
Orang sabar pasti akan menuai dari hasil kesabarannya,  jadi jangan mudah menyerah, ragu, pesimis jika anda sering dibully. Tetap bersabar, karena pada akhirnya orang yang sabar akan menjadi seorang pemenang.

9. Berdoa
Allah yang membolak-balikkan hati. berdoalah agar tidak dibully, jangan abaikan kekuatan doa. Doa adalah senjata bagi orang yang beriman. Tetap libatkan allah dalam segala urusan anda. Karena setiap masalah akan mudah terselesaikan jika allah sudah bersama anda.

Demikianlah Cara Agar Tidak Dibully dan Sikap yang Dilakukan Saat Dibully, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Doa agar tidak dibully teman cara supaya tidak di bully teman sikap yang dilakukan saat dibully cara menghadapi bullying di sekolah dibully di sekolah agar tidak kena bully cara ngebully orang pengalaman dibully

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon