Saturday, 11 November 2017

6 Contoh Softkill Yang Harus Dimiliki dan Dikuasai oleh Seorang Guru

Tags
6 Contoh Softkill Yang Harus Dimiliki dan Dikuasai oleh Seorang Guru_ Profesi guru adalah sebuah profesi yang bisa dikatakan memiliki tantangan tersendiri, seorang guru dituntut untuk memiliki multiple intelegenci (kecerdasan jamak), soalnya guru merupakan model, ikon dan contoh untuk anak didiknya, sehingga sangat penting bagi guru selain memiliki kemampuan hard skill juga sebaiknya membekali diri dengan kompetensi softskill.



Berbicara masalah komptensi, seorang guru mestinya mampu mengupdate pemahahan dan pengetahuan yang dimilikinya agar bisa relevan dengan dengan kemajuan dan tuntutan zaman, salah satu aspek yang tidak boleh diabaikan oleh seorang guru agar bisa menjadi guru yang profesional yakni kemampuan dalam menguasai dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai penunjang dalam proses belajar.

Baca juga: 7 Contoh Pembelajaran Yang Menyenangkan

Pengusaan teknologi oleh seorang tenaga pendidik/guru sangat erat kaitannya dengan kemampuan softskill, lantas dalam bidang teknologi serta aspek lainnya, kemampuan softskill apa saja yang sebaiknya dipelajari oleh guru? Berikut ulasannya

6 Contoh Softkill Yang Harus Dimiliki dan Dikuasai oleh Seorang Guru
1. Kemampuan dalam mengoperasikan komputer/laptopTak bisa dipungkiri lagi bahwasanya peranan media (komputer/laptop) dalam pembelajaran sangat besar, selain itu penggunaan media komputer dalam pembelajaran terbilang cukup efektif dan efisien serta bisa membuat situasi pembelajaran menjadi lebih kontekstual.

Namun beberapa guru pada kenyataanya masih ada yang belum terlalu paham dalam menggunakan komputer, hal ini mengisyaratkan perlunya dilakukan pelatihan bagi guru agar lebih expert dalam menggunakan media, terutama komputer.

2. Kemampuan dalam mengakses data yang bersifat onlinePenerapan sistem data yang bersifat database yakni pengelolaan data terpadu membuat guru harus memiliki kemmapuan softskill dalam melakukan akses ke situs-situs pemerintah yang menampung data-data pendidik dan peserta didik, sebut saja dapodik, simpkb dll

Selain itu sumber-sumber belajar dan informasi yang kebanyakan beredar via online menjadi alasan tersendiri tentang pentingnya seorang guru dalam memahami tata cara melakukan browsing di internet agar informasi yang beredar bisa diserap maksimal oleh guru.

3. Kemampuan dalam merancang perangkat pembelajaranMengajar menjadi salah satu tugas utama guru, akan tetapi agar pembelajaran yang direncanakan bisa berjalan baik serta dapat mencapai tujuan pembelajaran yang direncanakan maka seorang guru sebaiknya memiliki komptensi dalam merancang perangkat pembelajaran.

Perangkat pembelajaran sendiri terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), buku siswa dll.

4. Kemampuan dalam menggunakan media komunikasiMembangun komunikasi yang baik dengan relasi/sesama guru dan anak didik adalah hal yang perlu dilakukan oleh guru, media komunikasi yang terus mengalami inovasi diharapkan mampu diikuti perkembanganya oleh para guru.

Jika selama ini komunikasi hanya sebatas melalui SMS dan telepon, maka saat ini komunikasi tidak sebatas itu saja akan tetapi mulai merambah dalam ranah penggunaan aplikasi, sebuat saja WhatsApp, Massenger, BBM, Line dan Telegram. Maka dari itu seorang guru sebaiknya bisa uptodate agar tidak tertinggal dalam hal penggunaan media komunikasi.

5. Kemampuan dalam membina organisasi kesiswaanPramuka, osis, sispala, PMR dll merupan contoh organisasi kesiswaan dan organisasi kesiswaan tersebut tidak bisa berjalan maksimal tanpa peran seorang guru. Kemampuan dalam membina organisasi kesiswaan juga tidak kalah pentingnya untuk dikuasai guru.

Pasalnya lembaga-lembaga kesiswaan bisa memberi efek positif bagi peserta didik dan sangat berperan dalam membentuk karakter peserta didik.

6. Kemampuan berwirausahaJabatan sebagai seorang guru memiliki jangka waktu tertentu, sehingga sangat penting bagi seorang guru untuk mencari pekerjaan/sumber penghasilan yang bisa menjadi alternatif ketika dia nantinya sudah pensiun/tidak mengajar lagi.

Selain itu gaji guru yang terbilang tidak terlalu tinggi bisa menjadi alasan kenapa seorang guru harus belajar berwirausaha.

Demikianlah 6 Contoh Softkill Yang Harus Dimiliki dan Dikuasai oleh Seorang Guru, artikel di atas merupakan buah pemikiran dari penulis, jika ada yang salah/kurang tepat maka mohon diberi masukan/saran

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon