Sunday, 15 October 2017

7 Tips Sukses Menghadapi UTN PPG (Pendidikan Profesi Guru)

Tags
7 Tips Sukses Menghadapi UTN PPG (Pendidikan Profesi Guru) _ UTN merupakan singkatan dari ujian tulis nasional, UTN sendiri merupakan fase final yang harus dilalui oleh para peserta pendidikan profesi guru (PPG) agar bisa mendapatkan sertifikat pendidik. Mendengar kata UTN mungkin akan membuat peserta pendidikan profesi guru (PPG) menjadi harap-harap cemas, soalnya peserta UTN hanya bisa mengikuti tes UTN maksimal 3X dan jika masih gagal/belum lulus peserta sebenrnya masih bisa ikut pada tes selanjutnya tapi dengan catatan menggunakan dana pribadi.



Hal yang agak lucu dari istilah UTN atau ujian tulis nasional karena pada pelaksanaanya menggunakan sistem komputerisasi, jadi agak janggal jika dikatakan sebagai ujian tulis nasional karena penggunaan alat tulis (pensil dan pulpen) tidak diterapkan. Oleh karena pemerintah diharapkan lebih kreatif dalam membuat istilah agar maknanya tidak menjadi ambigu.

Baca juga: Potensi Dan Keuntungan Mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Menghadapi UTN PPG tidak perlu dijadikan beban pikiran apalagi merasa khawatir tidak lulus UTN, cukup nikmati prosesnya dan berjuang dengan sepenuh hari. Kembali ke tema artikel kita, tentang tips apa saja sih yang bisa dilakukan agar bisa sukses UTN PPG. Berikut beberapa tips yang bisa anda coba aplikasikan dalam rangka menghadapi ujian tulis nasional pendidikan profesi guru (PPG).

7 Tips Sukses Menghadapi UTN PPG (Pendidikan Profesi Guru)

1. Berdoa
Bukan rahasia umum lagi jika dalam setiap melakukan sesuatu harus senantiasa diiringi dengan doa, termasuk dalam rangka menghadapi UTN PPG dan yang paling penting jangan pernah malu meminta kepada orangtua, saudara, kerabat dan teman untuk didoakan karena kita tidak pernah tahu doa dari siapa yang akan allah ijabah agar urusan kita dimudahkan. Sebaliknya perbanyak mendoakan orang-orang disekitar anda agar bisa sukses dalam karir/hidupnya karena kebaikan yang sama akan allah berikan untuk diri kita.

2. Belajar mandiri dan kelompok
Setiap orang memiliki potensi yang berbeda perihal kemampuan menangkap pelajaran, ada yang membutuhkan suasana tenang dan nyaman agar apa yang dia pelajari mampu dipahami dengan baik. Namun adapula yang lelbih mudah memahami sesuatu apabila dilakukan bersama-sama.

Namun pada dasarnya belajar mandiri dan kelompok adalah sebuah metode belaja yang masing-masing memiliki keunggulan tersendiri, belajar kelompok memungkinkan munculnya banyak ide, gagasan, inovasi, solusi dan memicu tumbuhnya semangat belajar. Begitu pula dengan belajar mandiri yang membuat seseorang akan merasa rileks dan enjoy sehingga materi pelajaran  bisa dengan mudah diserap.

3. Membuat rangkuman setiap materi pelajaran
Seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya setiap jurusan/prodi yang mengikuti pendidikan profesi guru (PPG) memiliki jenis soal ujian yang berbeda oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui jenis soal ujian/mata pelajaran yang biasanya diporsir untuk jurusan anda. Setelah mengetahui mata pelajaran yang muncul maka saatnya membuat rangkuman setiap mata pelajaran agar lebih memudahkan anda dalam belajar.Dengan adanya rangkuman setiap mata pelajaran yang biasanya menjadi soal ujian dalam UTN membuat waktu anda lebih efisien dan efektif.

4. Mempelajari Kisi-kisi UTN
Kisi-kisi merupakan gambaran umun tentang tipe soal yang akan muncul dalam ujian tulis nasional, sehingga sangat penting untuk mengetahui kisi-kisi dari soal ujian tulis nasional (UTN) hal tersebut bertujuan agar anda bisa lebih fokus mempelajari soal yang kemungkinan akan muncul saat UTN dengan berpedoman pada kisi-kisi UTN tersebut.

Namun sebagai langkah antisipatif tidak ada salahnya mempelajari materi yang tidak tercantum dalam kisi-kisi UTN tersebut yang kita prediksi akan muncul saat UTN dan jangan lupa memperbanyak memperlajari materi yang jarang anda dapat agar UTN anda bisa sukses.

5. Gunakan analisis Swot
Kelebihan, kelemahan, peluang dan tantangan pada diri anda adalah suatu hal yang bisa anda analisa. Maka dari itu mulailah untuk mengukur/membaca/memetakan apa saja kelebihan, kelemahan, peluang dan tantangan pada diri anda yang terkait dengan UTN. Refleksi diri berguna untuk memperhitungkan segala kemungkinan agar apa yang diharapkan bisa tercapai dengan maksimal.

6. Mengembangkan soal try out
Materi-materi try out yang terkait dengan ujian tulis nasional (UTN) bisa anda perluas atau kembangkan cakupan materinya namun tetap berpedoman pada kisi-kisi UTN agar penguasaan materi anda semakin luas.

7. Jaga kesehatan
Hal yang tidak kalah penting menjelang UTN adalah menjaga kesehatan/performance karena mesikpun pengusaan materi anda sudah sempurna namun kesehatan anda mengalami gangguan maka sedikit banyaknya akan memberi dampak kurang baik bagi anda. Oleh karena itu istirahat yang cukup, mengkomsumsi makanan yang bergizi sangat berperan dalam menjaga daya tahan tubuh anda.
Demikianlah 8 Tips Sukses Menghadapi UTN PPG (Pendidikan Profesi Guru) semoga bermanfaat bagi anda.

Source: A. Wahyuni S.Pd.Gr (peserta PPG UNM angkatan IV)

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon