Friday, 20 October 2017

11 Cara Agar Tidak Stress Menghadapi UN dan UASBN

11 Cara Agar Tidak Stress Menghadapi UN dan UASBN _ Ujian nasional (UN) dan ujian akhir sekolah berstandar nasional adalah salah satu aspek yang menentukan kelulusan siswa, UN dan UASBN sendiri dilaksanakan mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA.



Pelaksanaan UN dan UASBN terkadang memunculkan masalah tersendiri bagi beberapa siswa. Sebagian siswa ada yang merasa deg-degan saat menjelang UN dan tak sedikit pula siswa yang merasa cemas/stress ketika dihadapkan pada istilah ujian nasional.

Baca juga: 17 Cara Agar Sukses Menghadapi UN Dan UASBN

Perasaan cemas atau stress saat menghadapi ujian nasional maupun ujian akhir sekolah berstandar nasional bisa disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya;

Faktor yang bisa menjadi pemicu stress saat hendak menghadapi UN dan UASBN


1. perasaan khawatir jangan sampai tidak sukses/lulus saat mengikuti UN
Bisa dikatakan bahwa sebagian besar siswa kemungkinan akan merasa deg-degan saat akan menghadapi ujian nasional, hal tersebut bisa disebabkan oleh tekanan psikologis yang muncul akibat perasaan takut akan tidak lulus saat mengikuti ujian nasional.

2. Merasa tidak percaya diri dengan kemampuan diri sendiri
Kurangnya rasa percaya diri terhadap kemampuan diri sendiri terkait kesuksesan menghadapi ujian nasional menjadi penyebab lain sehingga terkadang membuat siswa merasa stress saat menjelang ujian nasional.

3. Luasnya materi pelajaran yang harus dikuasai
Dalam ujian nasional (UN dan UASBN) ada beberapa mata pelajaran yang  diujikan, dan materinya meliputi pelajaran dari kelas awal sampai kelas akhir, kebayang bukan betapa luasanya materi yang harus dipelajari siswa. Materi yang begitu luas terkadang memicu munculnya perasaan frustasi dalam diri siswa untuk belajar.

4. Jangka waktu belajar yang tidak maksimal
Waktu belajar yang singkat dan materi pelajaran yang harus dikuasai begitu luas bisa menyebabkan munculnya perasaan stress dalam diri siswa, apalagi jika waktu pelaksanaan UN/UASBN sudah semakin dekat, alhasil siswa bisa merasa acuh tak acuh lagi untuk belajar.

Lantas bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi atau mengatisipasi agar tidak merasa stress menghadapi ujian nasional? Setidaknya ada beberapa cara atau tisp yang harus dipahami oleh siswa agar perasaan cemas/stress menghadapi UN bisa diminimalisir atau dihilangkan. Berikut ulasannya

Cara Agar Tidak Stress Menghadapi UN dan UASBN

1. Memahami prosedur kelulusan dari sekolah
Hal yang pertama yang harus dipahami oleh siswa agar tidak terlanjur stress menghadapi ujian nasional adalah bahwasanya ujian nasional bukannlah 100% penentu kelulusan, jika dulu penentu kelulusan 100% adalah nilai dari ujian nasional maka saat ini penentu kelulusan adalah akumulasi dari nilai ujian nasional dan nilai dari sekolah.

Sehingga meskipun nilai yang didapat saat ujian nasional rendah namun nilai yang diperoleh dari sekolah tinggi tetap memungkinkan siswa untuk lulus, namun dengan memahami prosedur kelulusan bukan berarti anda bisa santai/bermalas-malasan untuk mengahadapi UN akan tetapi tetap berusaha mendapat nila terbaik dalam UN tetap harus menjadi prioritas utama.

2. Melihat ujian nasional sebagai tantangan bukan rintangan

Agar anda bisa bersemangat dalam menghadapi ujian nasional maka persepsi yang harus anda tanamkan dalam pikiran anda yakni dengan menggambarkan bahwa ujian nasional merupakan tantangan untuk menguji seberapa besar kemampuan anda.

Dengan melihat ujian nasional sebagai tantangan untuk meningkatkan kemampuan anda maka perasaan semangat, serius, optimis akan muncul dalam diri anda untuk bisa menaklukan tantangan tersebut.

3. Merangkum materi pelajaran
Seperti yang dijelaskan di atas bahwa luasanya materi pelajaran yang harus dipelajari terkait ujian nasional kadang membuat siswa merasa stress, sehingga sangat tepat dalam menyiasati keluasan materi ujian nasional dengan membuat rangkuman tiap mata pelajaran ujian nasional.

Dengan begitu anda akan lebih mudah mempelajari setiap materi pelajaran dan yang pastinya akan membuat waktu belajar anda menjadi lebih efisien.

4. Belajar individu dan kelompok
Selanjutnya agar tidak merasa stress saat akan ujian nasional yakni melakukan metode pembelajaran yang bervariasi, misalnya belajar mandiri dan belajar kelompok. Belajar mandiri memungkinkan anda untuk bisa fokus dan tenang dalam belajar sedangkan belajar memungkinkan anda menemukan banyak ide dan gagasan dari teman belajar anda sehingga bisa menjadi bekal saat mengikuti ujian nasional

5. Porsir waktu belajar dengan bijak
Terkadang siswa akan mengenjot waktu belajarnya saat pelaksanaan ujian nasional semakin dekat sehingga terkadang waktu belajar yang lama bisa memunculkan perasaan yang stress maka dari itu porsi belajar harus ditentukan dengan bijaksana agar hal yang buruk/negatif bisa dihindari

6. Liburan/refrehsing
Beberapa hari sebelum ujian sdilaksanakan tidak ada salahnya anda menyempatkan diri anda berlibur/refreshing ditempat yang tenang dan indah agar bisa mengembalikan level pikiran anda ketingkat alpha (rileks dan santai) nmuan usahakan pilih saja lokasi/destinasi liburan yang dekat dan tidak berbahaya, hal tersebut untuk mengantisiapasi kemungkinan yang tidak diinginkan.

Setelah anda memahami hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi perasaan gelisah/stress menjelang ujian selanjutnya kita akan sedikit membahas seputar tips agar tidak stress saat sedang ujian nasional; berikut ulasannya

Tips agar tidak stress saat ujian nasional berlangsung

1. Datang secepat mungkin ke lokasi ujian
Langkah antisifatif harus dilakukan agar tidak mengalami stress saat ujian nasional yakni dengan datang beberapa menit/jam dilokasi ujian sebelum ujian nasional, kebayang bukan jika kita terlambat saat ujian dan waktu tinggal sedikti untuk mengerjakan soal-soal UN maka kemungkinan besar akan membuat anda stress.

2. bersikap tenang dan santai 
Saat menjawab soal ujian nasional usahakan bersikap tenang dan santai, kurangi perasaan tegang dan gelisah, angaplah diri anda bisa, mampu, sanggup, yakin bisa menjawab semua soal ujian nasional tersebut dengan benar dan tepat waktu.

3. Mulai dari soal yang paling mudah terlebih dahulu
Usahakan dalam menjawab soal  mulailah dari soal yang paling sederhana dan mudah agar pikiran/otak anda tidak langsung shock, dengan memilih soal yang mudah terlebih dahulu kemudian soal dengan level sedang dan selanjutnya soal dengan level susah membuat kerja otak dapat terstruktur (sistematis)

4. Menghela nafas dan merenggakan tubuh/badan
Disela-sela waktu menjawab soal usahakan merenggakan badan/tubuh anda sembari menghela nafas dengan perlahan agar kondisi pikiran anda yang mulai pusing/kacau bisa kembali tenang

5. Sesekali alihkan padangan ke objek yang jauh
Agar mata anda tidak sakit atau terganggu karena terlalu fokus pada layar komputer, sesekali bisa anda alihkan pandangan ke objek lain atau bisa juga dengan mengedip-ngedipkan mata.

Demikianlah 11 Cara Agar Tidak Stress Menghadapi UN dan UASBN, semoga bisa bermanfaat untuk adik-adik sehingga bisa sukses UN dan UASBN

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon