Thursday, 15 June 2017

5 Cara Melatih dan Menumbuhkan Kerjasama Pada Anak

Tags
5 Cara Melatih dan Menumbuhkan Kerjasama Pada Anak  _ Salah satu sikap sosial yang cukup penting untuk diajarkan pada anak atau siswa adalah kebiasan bekerjasama. Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak hal yang bisa dilakukan hanya melalui kerjasama, sehingga sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai kerjasama dalam diri anak dan siswa agar kelak anak tersebut akan terbiasa dalam melakukan kerjasama dengan orang-orang yang ada disekitarnya.

5 Cara Melatih dan Menumbuhkan Kerjasama Anak
source: http://scoutleles.blogspot.co.id/

Kerjasama juga berperan dalma mengikis sikap individualis pada diri siswa atau anak, selain itu melalui kegiatan yang dilakukan dengan bekerjasama, anak-anak juga akan memahmi bahwa setiap orang senantiasa selalu membutuhkan bantuan oranglain dalam menyelesaikan beberapa masalah/kegiatan yang ingin diselesaikan. Tips apa saja yang bisa dilakukan untuk melatih dan menumbuhkan dan melatih sikap kerjasama pada anak ? berikut ulasannya yang sengaja kami rangkum untuk anda.

5 Cara Melatih dan Menumbuhkan Kerjasama Pada Anak 

1. Melalui Kegiatan diskusi atau keja kelompok
Cara pertama yang bis anda lakukan untuk menumbuhkan sikap kerjasama dalam diri siswa dan anak yakni melalui kegiatan diskusi atau kerja kelompok, biasanya dalam kegiatan pembelajaran seorang guru memberikan tugas pada siswa untuk dikerjakan secara berkelompok dan siswa dituntut untuk aktif dalam menyelesaikan/mengerjakan tugas tersebut bersama anggota kelompoknya.

Tujuan kerja kelompok selain melatih dan menumbuhkan kerjasama pada diri anak juga akan melatih anak untuk belajar bersosialisasi dengan teman sejawatnya.

2. Melalui kegiatan pertandingan olahraga
Selanjutnya tips untuk menumbuhkan dan melatih jiwa kerjasama anak yakni bisa melalui kompetisi atau pertandingan olahraga. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa beberapa jenis olahraga hanya bisa dilakukan dengan minimal jumlah tertentu (lebih dari satu orang).

Misalnya saja olahraga voli yang membutuhkan 5-6 orang pemain dalam satu team, takraw membutuhkan 2-3 orang dalam satu team, futsal yang membutuhkan 5 orang dalam satu team dan syarat suatu teamnya agar bisa menang yakni harus bekerjasam dengan anggota team lainnya.

Melalui pertandingan dan kompetisi dalam bidang olahraga secara konsisten dan komtinue lambat laung akan semakin menumbuhkan kerjsama dalam diri anak atau siswa.

3. Rotasi/pertukaran anggota kelompok atau team
Cara lain untuk melatih aspek kerjasama seorang anak yakni dengan melakukan rotasi atau pertukaran dengan anggota kelompok atau team lainnya, karena biasanya seorang anak masih kurang cakap untuk bekerjasama dengan orang baru/teman baru dalam kelompoknya atau teamnya.

Sehingga melalui kegiatan pertukaran anggota kelompok anak akan belajar dan berlatih bekerjasama dengan berbagai orang; misalnya saja anggota team baru dengan katrakter yang masih belum dia pahami.

4. Memperjelas tugas setiap anggota/rekan kelompok atau team
salah satu yang bisa menghambat suatu kerjasama dalam suatu kelompok yakni kurangnya pemahaman beberapa anak dengan tugas yang mesti dia lakukan dalam kelompoknya. sehingga sangat penting untuk mengarahkan atau memberi pemahaman setiap anak dengan tugasnya masing-masing.

5. Analogi atau simulasi
Terkahir, tips untuk melatih dan menumbuhkan sikap kerjasama pada anak yakni dengan melakukan kegiatan simulasi atau analogi; misalnya seorang guru atau orang tua meminta seorang siswa untuk mengangkat meja (meja yang dipastikan tidak bisa diangkat oleh satu anak saja), minta setiap anak untuk bergantian mengangkat meja tersebut sendiri.

Setelah setiap anak tidak bisa mengangkat meja tersebut, kemudian mintalah murid atau anak anda untuk mengangkat meja tersebut secara bersama-sama, setelah mereka berhasil mengangkat meja tersebut, kemudian jelaskan dengan seksama bahwa agar sesuatu bisa mudah diselesaikan harus dilakukan dengan bekerjasama.

Demikianlah 5 Cara Melatih dan Menumbuhkan Kerjasama Pada Anak  yang bisa anda coba aplikasikan untuk menumbuhkan kerjasama pada anak atau siswa anda.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon